GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Advertisements

Komputer di bidang seni
Kategori Desain Grafis
Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Pengolah Animasi -swismax -adobe image ready -Macromedia Flash
Video • Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
Komponen Sistem Teknologi Informasi
Konsep dasar Pengolahan citra digital
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
PERALATAN OUTPUT Peralatan output adalah perangkat keluaran sistem komputer sebagai alat untuk melihat ataupun memperagakan hasil dari proses eksekusi.
Protyping IMK-M5.
  TEORI DASAR GRAFIS MULAI.
} Program Aplikasi Perkembangan Komputer Grafik
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
Teknologi Informasi Multimedia
Visualisasi INFORMASI
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) DAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Aplikasi Komputer.
Mengoperasikan PC Stand Alone
Output Devices.
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Pengenalan Grafika Komputer
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
19 Januari 2011 Grafika komputer.
Komputer dan Masyarakat
Komputer dan Pendidikan
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
Produksi Konten Multimedia
Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer
Pengantar Komputer Grafik
Computer Aided Design Gambar Listrik.
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Pertemuan 1 Introduction
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
KONSEP INTERFACE
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
Pengertian Aplikasi Komputer
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
Aplikasi Komputer.
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Sejarah Grafika Komputer dan Komunikasi 2 D & 3 D
JENIS-JENIS PROGRAM PEMBUAT GRAFIS
Pengantar Grafika Komputer
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
KOMPUTER GRAFIK unindra
Grafika komputer 1.
PERALATAN OUTPUT Peralatan output adalah perangkat keluaran sistem komputer sebagai alat untuk melihat ataupun memperagakan hasil dari proses eksekusi.
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Apakah sebenarnya komputer itu?
Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
Pembangunan Media Pembelajaran Untuk Konsep Struktur Kontrol Pada Algoritma Berbasis Multimedia ALFIN AKBAR
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM BERBAGAI BIDANG
Aplikasi Komputer.
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
Aplikasi Komputer Dr. Mesterjon, S.Kom, M.Kom.
EDITING DAN KOMPUTER GRAFIS Pendahuluan. Komputer Grafis S uatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa.
Transcript presentasi:

GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN DEFIANA ARNALDY, M.Si 0818 0296 4763 deff_arnaldy@yahoo.com

Overview Definisi dan Sejarah Grafika Komputer Peranan dan penggunaan Desain

Definisi grafika komputer Seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan animasi komputer. Merupakan salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan dan manipulasi gambar dengan komputer atau secara digital Dikenal juga dengan istilah visualisasi data

Sejarah grafika komputer Sejarah grafika komputer telah dimulai sejak jaman dahulu kala yaitu ketika bangsa Mesir, Roma dan Yunani berkomunikasi secara grafik. Beberapa lukisan terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik

Perkembangan grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu : Fase Pertama (1950) era grafika komputer interaktif Fase Kedua (1960) Jaman Penelitian/Riset Grafika Komputer Interaktif Fase Ketiga (1970) Fase Keempat (1980-1990)

Fase Pertama (1950) Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung. MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube- CRT). Sudah menggunakan pena cahaya (light pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar dengan pendeteksian cahaya yang datang dari titik-titik pada layar CRT. Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool)

Fase Kedua (1960) Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland Mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah muncul.

Fase Ketiga (1970) Grafika komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.

Fase Keempat (1980-1990) Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasasian pelbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling). Teknologi hibrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.

Peranan dan Penggunaan Grafika Komputer Pada awalnya aplikasi dalam sains dan engineering memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer interaktif.

Pada saat ini grafika komputer digunakan secara rutin dibidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, bisnis, industri, pemerintahan, seni, hiburan, periklanan pendidikan, dan lain sebagainya.

Kegunaan Ilmu Grafika Komputer Pembuatan GUI (Graphical User Interface) Cartography atau pemetaan dan pemanipulasian peta. Sebagai media perencanaan dan pelaksanaan bedah dalam bidang kesehatan. Untuk perancangan objek (Graphic Design) Pembuatan game (Animation) Grafik monitoring Simulasi, dll..

Pembagian Ilmu Grafika Komputer Geometri, mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang Animasi mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan, baik secara otomatis maupun manual. Rendering, mempelajari algoritma untuk membuat dan menampilkan struktur / detail objek. Pencitraan (imaging), mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Desain Pengguna grafika komputer umumnya: Sistem engineering Arsitektur Tools umum yang digunakan Computer Aided Design (CAD) Pembuatan desain Mobil, bangunan, pesawat terbang, kapal, komputer, tekstil, dan lain-lain.

Desain Pada beberapa aplikasi desain, objek ditampilkan dalam bentuk wireframe, dimana diperlihatkan keseluruhan bentuk, dengan bentuk internal dari objek tersebut. Penggunaan wireframe bermanfaat bagi designer untuk melihat isi dari objek tersebut.

Beberapa contoh software yang digunakan AutoCAD 3D Max Maya

Grafik Presentasi Bidang lain yang berhubungan dengan grafika komputer adalah grafik presentasi yang dapat berupa cetakan, slide, dan transparansi. Grafik presentasi biasanya digunakan untuk melengkapi laporan keuangan, sains, data ekonomi, dan lain-lain.

Bentuk grafik presentasi tersebut adalah chart, bar chart, pie chart, dan lain-lain.

Computer Art Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus

Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya

Film Pada pembuatan film layar lebar, komputer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi, dan editing. Misalnya dalam proses special effect, film animasi.

Televisi Grafika komputer dalam tayangan televisi juga dapat berupa iklan, tampilan tiap acara, dan lainnya.

Video musik Produksi video musik tidak terlepas dari grafika komputer, diantaranya Pembuatan promosi, cover atau kemasan video, serta animasi yang mengiringi setiap lagu. Proses editing video dan audio dilakukan dengan menggunakan komputer.

Game Berbagai game dapat dijalankan pada komputer PC, video player dengan monitor TV, dan ada yang menggunakan perangkat keras khusus. Alat input interaktif seperti mouse dan joystick diperlukan untuk aplikasi game.

Pendidikan Komputer sebagai alat bantu pendidikan (Computer Assisted Instruction) sudah cukup dikenal. Komputer juga digunakan pada aplikasi-aplikasi bukan pengajaran untuk menunjang sistem pendidikan, seperti : mengolah data, mencatat kehadiran, dan sebagainya

Aplikasi bidang pengajaran dengan komputer sebagai alat bantunya, diantaranya : Drill and Practice (latih dan praktek) Menggantikan pengajar untuk memberikan latihan kepada siswa. Tutorial (penjelasan) Aistem komputer digunakan untuk menyampaikan materi ajaran. Simulasi digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit pada bidang biologi, transportasi, ekonomi, dan lain-lain.

Aplikasi bidang bukan pengajaran dengan alat bantu komputer, diantaranya : Computer Assisted Testing (Ujian Berbantuan Komputer) komputer digunakan untuk sarana ujian. Computer Assisted Guidance (Pengarahan Berbantuan Komputer) komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan. Computer Managed Instruction komputer digunakan untuk merencanakan pelajaran, evaluasi belajar, serta memantau prestasi siswa

Visualisasi Ilmuwan, ahli kedokteran, analis bisnis, dan lain-lain sering menggunakan banyak informasi suatu masalah dalam mempelajari perilaku proses tertentu. Informasi tersebut berisi ribuan data untuk memberikan gambaran hasil suatu evaluasi. Data tersebut diproses sehingga mendapatkan hasil dalam bentuk visual.

Image Processing Image processing (pengolahan citra) merupakan teknik untuk memodifikasi atau menginterpretasi gambar yang ada, seperti foto dan rangkaian gambar film. Dua macam prinsip pengolahan citra adalah : Meningkatkan kualitas gambar. Memberikan persepsi dari informasi visual, seperti pada robotic

Untuk melakukan pengolahan citra, pertama- tama membuat digitasi dari foto atau membuat foto menjadi file image. Selanjutnya metode digital dapat digunakan untuk memodifikasi gambar sehingga mendapatkan kualitas yang baik.

Perbedaan Ilmu Grafika Komputer & Ilmu Pengolahan Citra Grafika Komputer menghasilkan gambar Materinya berisi teknik teknik menggambar Hasilnya berupa gambar Pengolahan Citra mengolah suatu gambar / photo yang sudah ada Materinya berisi teknik teknik untuk memperbaiki dan menyajikan informasi dari gambar / photo Hasilnya bisa gambar atau informasi di dalam gambar / photo

Perbedaan Gambar & Photo Photo dibuat dari hasil pengambilan (capture) suatu gambar nyata atau gambar yang ada Detail dari setiap objek lengkap. Misalnya jumlah rambut pada manusia tertangkap apa adanya Gambar dibuat dari hasil proses pembuatan atau peniruan Detailnya tidak lengkap. Contohnya pada gambar rambut manusia. Tidak mungkin bisa sama seperti aslinya

Graphical User Interface (GUI) Graphical interface (antarmuka grafik) banyak digunakan dalam setiap aplikasi. Komponen utamanya adalah window manager, dimana pengguna dapat mengatur tampilan dari window. Interface juga menampilkan menu dan icon untuk mempercepat pemilihan yang dilakukan oleh pengguna

Sekian Terima kasih