– Fitri Febriani – Delia Annisa Putri

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Internet.
Advertisements

E-COMMERCE Pertumbuhan penggunaan kartu kredit, Automated Teller Machines dan perbankan via telepon di tahun 1980-an juga merupakan bentuk-bentuk Electronic.
Aplikasi Internet untuk Bisnis
Pengenalan Internet Surfing – Browsing – Searching - – Chatting – SMS – E-card – Download – Servise - Advertising Nanik Triana, M.Kom.
Konsep e-Learning Oleh Dwi Susanto 1 1.
Internet, Intranet, Ekstranet
Teknologi Informasi Komputer SMPN 10 Yogyakarta
TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN
Intranet, Ekstranet dan Internet
E-Commerce.
Sistem Informasi PendukungKolaborasi dalam Perusahaan
Apakah Otomatisasi Kantor ?
KNOWLEDGE TRANSFER IN THE e - WORLD
Komponen E-Learning Musdalifah Dj PTIK-A.
Collaborative Computing Technologies: Group Support Systems (GSS)
Copy Right 2005Bab 2 Hal 1 Sistem Informasi Manajemen Bab 2 Teknologi Informasi Dalam Perdagangan Jaringan Elektronik (E-Commerce)
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
PERANGKAT MANAJEMEN PENGETAHUAN
Konteks Metode Analisis dan Desain Sistem
PEMROGRAMAN WEB DASAR Humisar Hasugian, S.Kom.
Jaringan: Penemuan, Komunikasi, Kolaborasi
Perdagangan Elektronik
PENGELOLAAN INFORMASI DALAM BISNIS
TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN
Telekomunikasi & Jaringan
Otomatisasi Perkantoran
Network : adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi.
Sistem Informasi PendukungKolaborasi dalam Perusahaan
Teknologi Informasi Komputer SMPN 10 Yogyakarta
Konteks Metode Analisis dan Desain Sistem
SISTEM ELECTRONIC BUSINESS.
Telekomunikasi & Jaringan
Perangkat Manajemen Pengetahuan
Sistem e-Commerce.
Aplikasi Web (Bagian I)
SISTEM ELECTRONIC BUSINESS.
Pengenalan Internet Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Sistem Informasi untuk Mendukung Kolaborasi dalam Enterprise
PEMASARAN DALAM E-COMMERCE
SISTEM ELECTRONIC BUSINESS.
Komponen E-Learning
OTOMATISASI KANTOR (oa)
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
Telekomunikasi & Jaringan
JANIS – JENIS PEMBELAJARAN BERBASIS IT
Telekomunikasi & Jaringan
7 SISTEM ELECTRONIC BUSINESS CHAPTER
FIKRI FAUZANAKBAR 9A SERVER.
Sistem Berbasis Web.
Internet, Intranet, Ekstranet
Sistem Informasi Manajemen
E-Learning Fungsi Implementasi Oleh: Izzul Fatawi, M.Pd.I.
Sistem Informasi Manajemen
RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN PERBASIS TIK
Aplikasi Web (Bagian I)
Perencanaan Model Bisnis E-Commerce GENAP 2009/2010
KELOMPOK 2.
Otomatisasi Perkantoran
Teknologi Komputasi Kolaboratif
Apakah Otomatisasi Kantor ?
Network : adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi.
SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET
Apakah Otomatisasi Kantor ?
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
Apakah Otomatisasi Kantor ?
SISTEM ELECTRONIC BUSINESS.
Teknologi dan Perubahan Organisasi
Apakah Otomatisasi Kantor ?
Teknik Aplikasi Multimedia – Marcello Singadji Pertemuan 1 E-Commerce Marcello Singadji, S.Kom, M.T.
Transcript presentasi:

201383004 – Fitri Febriani 201383123 – Delia Annisa Putri Chapter4 1

Network Computing Chapter4 1

Kategori Aplikasi Internet Penemuan: Penemuan melibatkan browsing dan pencarian informasi dan menyediakan pelanggan kemampuan untuk melihat informasi dalam database, download, dan / atau memprosesnya Komunikasi: Internet menyediakan akses yang cepat dan murah melalui saluran komunikasi berupa pesan yang diposting di papan buletin online untuk pertukaran informasi yang kompleks dari banyak organisasi. Kolaborasi: Kolaborasi digunakan untuk meningkatkan komunikasi. kolaborasi dapat terjadi antara individu atau kelompok. Kolaborasi juga dapat terjadi antara organisasi yang semakin bertambah banyak. Chapter4

Infrastruktur Network Computing Intranet : Intranet adalah sebuah jaringan yang dirancang untuk melayani kebutuhan informasi internal perusahaan, dengan menggunakan konsep internet Extranet : extranet menghubungkan intranet dari organisasi yang berbeda yang memungkinkan komunikasi yang aman antara mitra bisnis melalui Internet. Chapter4

Tiga jenis fasilitas pencarian yang tersedia di web: Search engine: Program komputer yang dapat menghubungi sumber daya jaringan lain di Internet, mencari informasi tertentu dengan kata-kata kunci, dan melaporkan hasilnya. Contoh: Google. Soft bots: Robot software yang menjalankan tugas-tugas rutin untuk kepentingan user (pengguna) Directory: Sebuah koleksi hirarki yang terorganisir oleh link ke halaman web, kemudian disusun secara manual. Contoh: yahoo Chapter4

Alat tambahan untuk pencarian di Internet: Metasearch Engine : Sebuah program komputer yang mengintegrasikan temuan dari berbagai mesin pencari untuk menjawab pertanyaan yang diposting oleh user (pengguna). Intelligent agent : Agen software yang menunjukkan pembelajaran dan perilaku yang cerdas Chapter4

Portals Portal : Sebuah personal gateway yang berbasis web yang digunakan untuk informasi dan pengetahuan yang memberikan informasi dari sistem TI dan Internet berbeda dengan menggunakan pencarian yang canggih dan teknik pengindeksan. Komersial Portal: Situs web yang menawarkan berbagai konten yang cukup rutin untuk menawarkan kustomisasi hanya pada user interface. Publishing Portal: Situs web yang ditujukan bagi masyarakat dengan kepentingan tertentu yang menawarkan sedikit kustomisasi konten, tetapi menyediakan pencarian online yang luas dan beberapa kemampuan interaktif. Chapter4

Portals (Lanjutan) Personal Portal: Situs web yang menargetkan informasi yang disaring khusus untuk individu, menawarkan konten yang sempit tapi biasanya dipersonalisasi untuk sati audien. Affinity Portal: Situs web yang menawarkan titik masuk ke seluruh kepentingan afiliasi masyarakat. Mobile Portal: Situs web yang dapat diakses dari perangkat mobile. Voice Portal: Situs web dengan audio interface yang memungkinkan akses oleh telepon standar atau sel dengan menggunakan pengenalan suara dan text-to speech teknologi. Corporate Portal: situs web yang menyediakan titik akses ke informasi bisnis penting yang terletak di dalam dan di luar organisasi. Chapter4

Communication (Komunikasi) Tempat dan waktu dapat digunakan untuk membuat kerangka kerja dan mengklasifikasikan dukungan teknologi komunikasi dan kolaborasi. Asynchronous Communication. Komunikasi di mana pesan yang dikirim pada waktu tertentu kemudian diterima beberapa waktu yang cukup cepat. Contoh: E-mail Synchronous Communication . Komunikasi di mana pesan dikirim pada waktu tertentu dan waktu menerima hampir yang bersamaan. Contoh: telephone, instant messaging online Chapter4

Voice Communication (Komunikasi Suara) Komunikasi suara dapat dilakukan melalui Internet yang menggunakan mikrofon dan kartu suara. Internet teleponi (voice-over IP). Penggunaan internet sebagai media transmisi untuk panggilan telepon. Chapter4

Weblogging (Blogging) Weblog (blog) adalah situs web pribadi, terbuka untuk umum, di mana pemilik situs mengekspresikannya melalui perasaan atau pendapat. Chapter4

Collaboration (Kolaborasi) Collaboration: Usaha bersama yang dilakukan oleh dua atau lebih individu yang melakukan kegiatan dalam rangka untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Work group: Dua atau lebih individu yang bertindak bersama-sama untuk melakukan beberapa tugas secara permanen atau sementara. Virtual group (team): Sebuah workgroup yang anggotanya berada di lokasi yang berbeda dan bertemu secara elektronik Chapter4

Collaboration (Lanjutan..) Flash mob: pengelompokan yang dilakukan dengan tiba-tiba oleh orang-orang yang melakukan beberapa ritual aneh umumnya bersama-sama dan kemudian tiba-tiba seperti mereka muncul lalu bubar. Smart mobs: kelompok yang terkoordinasi oleh orang yang menggunakan teknologi seperti ponsel dan internet untuk mengatur tindakan secara bersamaan. Chapter4

Virtual Collaboration Virtual collaboration: Penggunaan teknologi digital yang memungkinkan organisasi atau individu untuk bersama-sama merencanakan, merancang, mengembangkan, mengelola, dan penelitian dibidang produk jasa, dan aplikasi IT yang inovatif. Collaborative commerce: Kolaborasi antara para mitra bisnis. Chapter4

Alat yang mengaktifkan Kolaborasi Workflow: Pergerakan informasi yang mengalir melalui urutan langkah-langkah yang membentuk prosedur kerja organisasi. Workflow management: Otomatisasi alur kerja. sehingga dokumen, informasi, atau tugas yang dilewatkan dari satu peserta yang lain melalui semua langkah-langkah dalam proses bisnis. Chapter4

Workflow: Workflow Systems Business process: alat otomatisasi sistem yang terkontrol di tempat pengguna departemen. Chapter4

Groupware Produk perangkat lunak yang mendukung kelompok-kelompok orang yang berkolaborasi pada tugas atau sasaran umum dan menyediakan cara bagi kelompok untuk berbagi sumber daya. Chapter4

Groupware (Lanjutan…) Video teleconference: Pertemuan virtual di mana peserta di satu lokasi dapat melihat dan mendengar para peserta di lokasi lain dan dapat berbagi data grafis dengan cara elektronik. Data conferencing: pertemuan virtual di mana data, grafik, dan file komputer dikirimkan secara elektronik yang memungkinkan kelompok geografis untuk bekerja pada proyek yang sama dan berkomunikasi secara bersamaan. Web conferencing: telekonferensi video yang menyimpulkan hanya di Internet (bukan pada saluran telepon). Chapter4

Groupware (Lanjutan…) Screen Sharing Software: Perangkat lunak yang memungkinkan anggota kelompok untuk bekerja pada dokumen yang sama, yang ditampilkan pada layar PC masing-masing peserta. Groupware Suites: Teknologi groupware sering diintegrasikan dengan teknologi berbasis komputer lainnya (beberapa produk yang terintegrasi ke dalam satu sistem). Chapter4

Alat kolaborasi yang real-time Real- time collaboration (RTC): alat membantu perusahaan sebagai jembatan dan ruang untuk membuat keputusan dan untuk berkolaborasi dalam proyek. Alat RTC mendukung komunikasi sinkron informasi grafis dan berbasis teks. Whiteboard (electronic): Sebuah area pada layar komputer di mana beberapa pengguna dapat menulis atau menggambar, beberapa pengguna dapat menggunakan satu dokumen yang disisipkan ke layar. Chapter4

E-Learning, Distance Learning and Telecommuting E-learning: pembelajar yang didukung oleh web, bisa dilakukan di dalam kelas tradisional atau dalam kelas virtual. Distance learning (DL): Situasi di mana pembelajaran antara dosen dengan mahasiswa tidak bertatap muka secara langsung. Chapter4

Manfaat E-Learning Waktu belajar umumnya lebih pendek, dan lebih banyak orang yang dapat dilatih karena waktu pelatihan yang lebih cepat. Biaya pelatihan dapat dikurangi. Chapter4

Kerugian dari E-Learning Instruktur mungkin membutuhkan pelatihan untuk dapat mengajar secara elektronik. tambahan pembelian peralatan multimedia mungkin diperlukan. Chapter4

Virtual Work & Telecommuting Virtual Work Environment: Bekerja dengan lingkungan di mana tim bekerja secara geografis yang didistribusikan dan kadang-kadang tim antar-organisasi. Telecommuting: Pengaturan dimana karyawan bekerja di rumah, di tempat pelanggan, di tempat kerja khusus, atau saat bepergian yang biasanya menggunakan komputer terhubung ke tempat kerja mereka. Chapter4

Chapter4