JAVA FUNDAMENTAL (Object Oriented Programming)
Contoh Menciptakan Objek import javax.swing.*; public class Menyapa { // Kelas Menyapa yang akan dijadikan Objek private String nama="Yuzkin"; public String nama2="Salsabila"; protected String nama3="Eza"; public void Hallo() { String nama=JOptionPane.showInputDialog(“Hallo \n Masukan Nama"); System.out.println("Hallo..."+nama); } public void hai(){ String nama=JOptionPane.showInputDialog(“Hai \n Masukan Nama"); System.out.println("Hai...."+nama); public void hey(){ System.out.println("Hey..."+nama);
Contoh Menciptakan Objek public class TestMenyapa { public static void main(String[] args) { // Menciptakan Objek dari kelas Menyapa Menyapa panggil= new Menyapa(); panggil.hai(); panggil.Hallo(); panggil.hey(); //System.out.println("Apa kabar "+panggil.nama); System.out.println("Apa kabar "+panggil.nama2); System.out.println("Apa kabar "+panggil.nama3); }
Contoh Menciptakan Objek import javax.swing.*; // simpan ganjilgenap.java public class ganjilgenap{ public void hitung(){ int angka=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka = ")); if (angka%2==0) System.out.println("Angka "+angka+"= Genap"); else System.out.println("Angka "+angka+"= Ganjil"); } public class testganjilgenap{ // simpan testganjilgenap.java public static void main(String[] args){ ganjilgenap panggil=new ganjilgenap(); panggil.hitung();
Object Oriented Programming 1. Object Oriented Programming (OOP) merupakan paradigma pemrograman yang menggunakan objek-objek yang saling berinteraksi untuk membentuk suatu aplikasi. Contoh : Jika suatu aplikasi berbentuk sistem window maka objek-objek yang relevan adalah scroll bars, button, dialog boxes, window dan lain-lain. 2. Object Oriented Programming (OOP) adalah konsep pemrograman yang difokuskan pada penciptaan kelas yang merupakan abstraksi / blueprint / prototype dari suatu object. Kelas tersebut harus mengandung sifat (data) dan tingkah laku (Method) umum yang dimiliki oleh objek-objek yang kelak akan dibuat (diinstansiasi). Data dan method merupakan Anggota(member) dari suatu kelas.
Class & Object Objek adalah kesatuan entitas(benda), baik berwujud nyata ataupun hanya suatu sistem atau konsep yang memiliki sifat karakteristik dan fungsi Contoh : Pena, mobil, kue, kucing benda nyata Sistem antrian tiket bioskop, penyimpanan uang di bank sistem atau konsep(Tidak nyata) Dalam Object Oriented Programming Objek merupakan instans (perwujudan) dari kelas. Objek adalah unit terkecil pemrograman yang masih memiliki data (sifat karakteristik) dan fungsi/Method. Contoh: Tombol/Button memiliki data(sifat karakteristik/properties) nama, lebar, tinggi. memiliki fungsi(Method) ketika di Klik mengerjakan suatu perintah tertentu.
Class & Object Kelas adalah wadah yang berisi abstraksi (pemodelan) dari suatu objek, yang mendeskripsikan sifat karakteristik(data) dan tingkah laku (Method) yang dimiliki oleh objek tersebut. Hubungan Antara kelas dan Objek dapat diilustrasikan sebagai resep kue dengan kuenya. Dimana resep kue adalah kelas dan kuenya adalah objek. Dalam resep disebutkan Bahan-bahan yang diperlukan serta fungsi-fungsi bagaimana cara mengolah bahan. Dalam OOP, Anda tidak hanya menggunakan resep kue yang sudah ada tetapi dapat menciptakan resep-resep kue yang baru sesuai selera. Oleh sebab itu yang menjadi fokus dalam OOP adalah bagaimana menciptakan dan mendefinisikan kelas yang kelak menjadi wadah untuk membuat objek.
Latihan 1. Buatlah program untuk menentukan Nilai Akhir dan Index. Komponen Penilaian UTS 50%, UAS 50%. Input : Nim, Nama, UTS, UAS, Output : ====================================================== No Nim Nama UTS UAS Nilai Akhir Index 1 001 Dadan 80 80 80 A 2 002 Didin 75 80 77.5 B 3 003 Deden 60 80 65 C Catatan : Buat Class atau File java 1. HitungNilaiAkhir.java // berisi method Hitung 2.TestNilaiAkhir.java // untuk menciptakan Objek dari kelas HitungNilaiAkhir
TERIMA KASIH