Interaktivitas Katie Salen Unit 1 Chapter 6 PENGANTAR TEORI GAME
Interaktif dan interaktivitas Interaktivitas (interactivity) menunjukkan adanya informasi dua arah antara perangkat (device) dengan pengguna (user). Perangkat memberikan respon terhadap masukan user. Interaktif berarti saling aktif atau mempengaruhi secara timbal balik
Model Interaktivitas Mode 1 : Interaksi kognitif, disebut juga partisipasi interpretif Mode 2 : Interaktsi fungsional, disebut juga partisipasi utilitarian Mode 3 : Interaksi eksplisit, disebut juga partisipasi dengan pilihan dan prosedur tertentu Mode 4 : Interaksi ‘di luar objek’, disebut juga partisipasi dari situasi sebuah objek
Interaksi Kognitif Melibatkan partisipasi psikologis, emosional dan intelektual antara manusia dan sistem Contoh: interaksi pada imajinasi player, bersifat kompleks. Seperti antara single player dengan permainan graphic adventure
Interaksi fungsional Melibatkan interaksi fungsional dan struktural dengan komponen sistem (nyata maupun virtual) Contoh: bagaimana interface game? Seberapa cepat response time? Bagaimana penggunaan kursor? Merupakan bagian dari interaksi yang sesungguhnya
Interaksi eksplisit Interaksi yang terlihat sebenarnya. Interaksi ini melibatkan pilihan, event acak, simulasi dinamis dan prosedur lainnya yang terprogram. Contoh: meng-klik sebuah link, mengoperasikan joystick Interaksi ini yang paling sering kita jalankan
Interaksi ‘di luar objek’ Interaksi ini terjadi di luar rancangan sistem. Yaitu jika partisipan (user) membentuk realitas lain menggunakan sistem itu sendiri Contoh: pembentukan clan, grup, komunitas karakter pada game RPG Online
Anatomy of Choices Anatomi pilihan dalam game merupakan cara bagi developer untuk menciptakan interaktivitas antara game dengan player. Anatomi ini juga dibutuhkan untuk membentuk interaksi yang terancang (sudah ditentukan oleh sistem game) Ada lima hal yang harus didefiniskan terlebih dahulu dalam membentuk anatomy of choices.
Anatomy of Choices (lanj.) Apakah initial state dari game? (progress permainan atau status karakter) Seperti apa pilihan ditampilkan ke pemain? (apakah sebagai button pada layar permainan?) Bagaimana pemain dapat memilih? Apa hasil pilihan tsb dan apa pengaruh terhadap permainan selanjutnya? Bagaimana hasil/pengaruh pilihan tsb ditampilkan kepada pemain?
Contoh Anatomy of Choices
Contoh Anatomy of Choices