ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

KONSEP PENGEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
©Ayi Purbasari, S.T., /2008 Materi 3 Kuliah IT-505 PSBO ©Ayi Purbasari, S.T., /2008.
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak (software requirement analysis)
Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
SOFTWARE ENGINEERING Requirement Analysis. Last Week Scope Functional  Function  Data Non Functional  Performance  Limitation  Avalaibility.
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Pertemuan 8 Proyek Sistem Informasi Viska Armalina, ST., M.Eng
REKAYASA SISTEM.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
BY DR. HERI NUGRAHA. SE.MSi
BAB 4 ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Analisis Model.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK REQUIREMENTS ANALYSIS FUNDAMENTALS
Perangkat Pemodelan Terstruktur
Analisis Kebutuhan dan Spesifikasi Perangkat Lunak
Dasar-dasar Konsep Object & Metode Pengembangan Sistem
Rekayasa Perangkat Lunak
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
PEMODELAN PERANCANGAn
Rekayasa Perangkat Lunak
System Development Life Cycle
Kelompok 5 : Asdin Ines Lestari Neng Susanti Siti Robiahtul Adawiyah Vena Senja Maba SOFTWARE REQUIREMENTS.
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Rekayasa Perangkat Lunak
UML (Unified Modelling Language)
Analisis Kebutuhan Software
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
Analisis Model.
Analisis Perancangan Berbasis Objek
System Development Life Cycle (SDLC)
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK ( PL )
Perancangan Sistem Informasi
Analisa dan Desain Berorientasi Obyek
Object-Oriented Analysis (OOA)
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pemeliharaan Perangkat Lunak
RPL.
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
SIKLUS HIDUP PEMBANGUNAN SOFTWARE
Pengembangan Sistem Pertemuan 3.
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
RPL.
Rekayasa Kebutuhan Software
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 7
Rekayasa Produk (Perangkat Lunak)
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Analisa [Kebutuhan] Sistem
Model Waterfall dan Dokumen SKPL
Analisis Model.
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
Pengantar Objek.
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA KEBUTUHAN PL.
Pengembangan Sistem Kuliah : APSI Oleh : Iwan Abadi, Ir., M.M.
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Rekayasa Perangkat Lunak
Analisis dan Desain Sistem
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
Transcript presentasi:

ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK Pertemuan 5 ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK (software requirements analysis)

Analisis kebutuhan perangkat lunak (software requirement analysis) merupakan aktivitas awal dari siklus hidup pengembangan perangkat lunak. Untuk proyek-proyek perangkat lunak yang besar,analisis kebutuhan dilaksanakan setelah aktivitas Sistem Information Engineering dan Software Project Planning.

Tahapan analisis adalah tahapan pengumpulan kebutuhan-kebutuhan dari semua elemen sistem perangkat lunak yang akan dibangun. Pada tahap ini dibentuk spesifikasi kebutuhan perangkat lunak,fungsi perangkat lunak yang dibutuhkan, performansi perangkat lunak, penjadwalan proyek,identifikasi sumber daya dan taksiran biaya pengembangan perangkat lunak.

Kegunaan analisis adalah untuk memodelkan permasalahan dunia nyata agar dapat dimengerti . Permasalahan dunia nyata harus dimengerti dan dipelajari supaya spesifikasi kebutuhan perangkat lunak dapat diungkapkan. Tujuan aktivitas ini adalah untuk mengetahui ruang lingkup produk dan pemakai yang menggunakannya.

Analisis yang baik akan mengungkapkan hal-hal yang penting dari permasalahan dan mengabaikan yang tidak penting. Setiap metode analisis mempunyai pandangan yang berbeda,tetapi pada dasarnya semua metode analisis memiliki prinsip analisis yang sama yaitu :

Menggambarkan domain informasi masalah. Mendefenisikan fungsi perangkat lunak. Menghasilkan model yang menggambarkan informasi,fungsi dan kelakuan yang dibagi secara rinci pada sebuah model lapisan (hierarkhi) Informasi pokok pada tahap analisis memudahkan tahap implementasi yang lebih rinci.

Tujuan analisis adalah : 1. Menjabarkan kebutuhan pemakai 2. Meletakkan dasar-dasar untuk tahap perancangan perangkat lunak 3. Mendefenisikan semua kebutuhan pemakai sesuai dengan lingkup kontrak yang disepakati.

4.1.Apa Kebutuhan PL Menurut arti kamus,kebutuhan adalah sesuatu yang diminta,sesuatu yang dibutuhkan. Menurut IEEE(Insitute of Electric and Electric Engineers) kebutuhan adalah:

Kondisi atau kemampuan yang diperlukan pemakai untuk menyelesaikan suatu persoalan atau untuk mencapai sebuah objek. Kondisi atau kemampuan yang harus dipenuhi oleh sistem,dalam arti memenuhi kontrak,standard, spesifikasi atau dokumen formal lain yang diinginkan.

Tahap kebutuhan akan perangkat lunak dimulai dengan : 1. Dikenalinya adanya sebuah permasalahan yang membutuhkan sebuah penyelesaian. Identifikasi sebuah permasalahan mungkin dapat dilakukan dengan berorientasi pada aplikasi ,bisnis atau kenaikan produktivitas. 2. Munculnya ide untuk membuat sebuah perangkat lunak baru (sebagai sebuah kemajuan)

Ada 2 jenis kebutuhan : 1. Behavioral Apa yang dilakukan oleh sistem (input & output dari dan ke sistem). Hubungan informasi antara input dan output sehingga menghasilkan sebuah fungsi transformasi.

Non Behavioral. Mendefenisikan atribut sistem yang terkait untuk membentuk pekerjaan tersebut. Termasuk deskripsi lengkap tentang tentang effisiensi, keamanan dan portability.

Mengapa Kebutuhan Penting ?

4.2. Tahap Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak Tahap pekerjaan analisis kebutuhan PL pada dasarnya terdiri dari urutan aktivitas : 1. Menentukan Kebutuhan. Lebih banyak berhubungan dengan user. Hasil belum terstruktur. a. Data atau informasi apa yang akan diproses. b. Fungsi apa yang diinginkan.

c. Kelakuan sistem apa yang diharapkan. d c. Kelakuan sistem apa yang diharapkan. d. Antarmuka apa yang tersedia (user interfaces,hardware inter- faces,software inteface, dan communications interface).

2. Sintesis. Mengubah kebutuhan yang belum terstruktur menjadi model atau gambar dengan memanfaatkan teknik dan metode analisis . 3. Membuat dokumen Software Requirement Spesification (SRS). Sudah merupakan analisis yang lebih rinci sebagai tahap awal disain.

4.3. Metode Analisis Metode atau teknik untuk melakukan analisis kebutuhan perangkat lunak dikelompokkan berdasarkan pendekatan yang diambil pada saat melakukan aktivitas tersebut. 1. Berorientasi Aliran Data (Data Flow Oriented atau Functional Oriented) Sudut pandang analisis pada pendekatan ini difokuskan pada aspek fungsional dan behavioral (perilaku )sistem.

Pengembang harus mengetahui fungsi- fungsi atau proses-proses apa saja yang ada dalam sistem,data apa yang menjadi masukannya,dimana data tersebut disimpan,transformasi apa yang dilakukan terhadap data tersebut dan apa yang menjadi hasil transformasinya.

Selain itu pengembang harus mengetahui keadaan(state), perubahan (transition),kondisi (condition) dan aksi(action) sistem. Salah satu metode yang paling populer untuk pendekatan ini adalah Analisis Terstruktur .

Pada metode ini hasil analisis dan perancangan dimodelkan dengan menggunakan beberapa perangkat permodelan seperti : a. Data Flow Diagram dan Kamus Data untuk menggambarkan fungsi-fungsi dari sistem.

b. Entity Relationship Diagram untuk menggambarkan data yang disimpan b. Entity Relationship Diagram untuk menggambarkan data yang disimpan. c. State Transition Diagram untuk menggambarkan perilaku sistem. d. Structure Chart untuk menggam- barkan struktur program.

2. Berorientasi Struktur Data 2. Berorientasi Struktur Data. Analisis pendekatan ini difokuskn pada struktur data,dimana struktur tersebut dinyatakan secara hierarki dengan meng- gunakan konstruksi sequence, selection dan repetion.

Beberapa Metode berorientasi struktur data ini diantaranya : a. Data Structured System Developtment (DSSD). Metode ini disebut juga Metode Warnier-Orr. Metode ini memakai perangkat Entity Diagram, Assembly Line Diagram dan Warnier-Orr diagram untuk membuat model analisis dan rancangan.

b. Jackson System Development Menggunakan Perangkat Pemo- delan yang disebut Structure Diagram dan System Spesification Diagram.

3. Berorientasi Objek Pendekatan berorientasi objek memandang sistem yang akan dikembangkan sebagai suatu kumpulan objek yang berkorespon- densi dengan objek-objek dunia nyata. Pada pendekatan ini informasi dan proses yang dipunyai objek dienskapsulasi dalam suatu kesatuan

Beberapa metode pengembangan sistem yang berorientasi objek ini diantaranya : 1. Object Oriented Analysis (OAA) dan Object Oriented Desin (OOD) 2. Object Modelling Technique (OMT) 3. Object Oriented Software Engineering (OOSE)

4.4. Analisis Berorientasi Aliran Data Pendekatan dari sisi bisnis (DeMarco, Yourdan dan Senn). Analisis aliran data adalah analisis yang dilakukan untuk mempelajari pemanfaatan data pada setiap aktivitas. Menampilkan hasil pengamatan dalam Data Flow Diagram (DFD).