Membuat Kelas
Konsep Class Kita dapat membuat tipe data sendiri yg disebut class (Abstract Data Type) Data & method disatukan dalam class (encapsulation) Class bertindak sebagai blue print (kita dapat membuat 1 atau lebih obyek berdasarkan suatu class) Menerapkan konsep information/data hiding Komunikasi pada obyek dapat dilakukan dengan cara mengirimkan pesan lewat method
Membuat Class Pendeklarasian class : public class MyClass extends Object { //field, constructor, and method declarations} Atau public class MyClass Catatan : public agar class bisa diakses Dalam class ada variabel : non-static variable instance variable, field Static variable class variable
Access Modifier public, private Variable dan method yang dideklarasikan menjadi public, maka variable dan method tsb dapat diakses di semua bagian program. Variable dan method yg dideklarasikan menjadi private, maka variable dan method tsb hanya dapat diakses oleh method lain pada class tersebut saja. Field/instance variable lebih baik private. Method lebih baik public
Ini adalah pendeklarasian class (Abstract Data Type)
Ini adalah class tempat dibentuknya obyek berbentuk Segitiga (aplikasinya)
Hasil
Perintah ‘this’ Dipakai jika sebuah method memiliki variable lokal (parameter) yang namanya sama dengan field pada class tersebut. Contoh : public void IsiField(int alas, int tinggi) { this.alas = alas; this.tinggi = tinggi; }
Konstruktor Merupakan method yang memiliki nama yg sama dengan nama class Dipakai untuk menginisialisasi field pada obyek Tidak mengembalikan nilai, tidak juga menggunakan void Dapat merupakan ‘overload constructors’ (konstruktor yang dapat menginisialisasi obyek lebih dari 1 cara)
Contoh Program
Hasil
Contoh Soal Buatlah suatu class bernama Nilai dan class yang bernama AplikasiNilai (utk membuat obyek) dengan ketentuan sbb : Class Nilai Memiliki 2 konstruktor, masing-masing untuk inisialisasi dan utk mengisi field/instance variabel dg data yg dikirim. Memiliki 3 method yang masing-masing berfungsi untuk menampilkan nama, menampilkan nilai dan mencari grade
Class AplikasiNilai / fungsi main (utama) -Buatlah obyek bernama Mhs dengan class Nilai dan langsung kirim nama dan nilainya -tampilkan namanya -tampilkan nilainya -tampilkan gradenya Layout : Nama Mahasiswa : Nilai : Grade :
Jawaban
Hasil