Sistem Informasi Berdasar Komputer
Dampak Komputerisasi Dampak terhadap sistem informasi Pada akhir tahun 1940-an dan awal 1950-an sistem informasi yang berorientasi manusia beralih pada sitem didasarkan komputer. Keunggulan-keunggulan komputer : didalam pemrosesan data sangat cepat,dan akurat. Dibandingkan dengan manusia sangat lamban, sering salah dan terbatas.
Keunggulan manusia sebagai pemroses. Manusia mengungguli komputer dalam tiga hal : Fleksibilitas,kecerdasan,dan kepribadian. Komputer dan tugas-tugas yang berkaitan dengan informasi
Dampak atas organisasi Dengan adanya komputer maka manajemen dapat dengan fleksibel dalam memilih dan mengubah struktur organisasi. Baik terpusat maupun terdesentralisasi. Dampak terhadap karyawan Ada yang mau menerima teknologi komputer ada yang menolak. Dan juga dengan adanya komputer dapat merampingkan jumlah karyawan.
Dampak atas pengambilan keputusan manajerial Pengambilan keputusan dan pengendalian dipermudah diberbagai tingkat manajerial dengan adanya komputer. Dampak atas fungsi akunting
KOMPUTER PERTAMA DI DUNIA Evolusi Komputer TAHUN 1946 NAME: ENIAC BOBOT : 3 TON KOMPUTER PERTAMA DI DUNIA
KOMPUTER TAHUN 50’AN
APPLE COMPUTER GENERASI II GENERASI I (1976)
MODERN COMPUTERS
KOMPUTER PERTAMA DENGAN MOUSE DAN GUI (Graphical User Interface) NAME : LISA Product : APPLE KOMPUTER PERTAMA DENGAN MOUSE DAN GUI (Graphical User Interface)
KOMPUTER TAHUN 70’AN KOMPUTER TAHUN 80’AN
KOMPUTER TAHUN 90’AN
KOMPUTER TAHUN 2000’an
THE NEW FACE OF COMPUTERS
Komputer –perangkat keras Fasilitas Hardware komputer dapat dikelompokkan menjadi lima komponen utama yaitu: Central processing unit(CPU) Input equipment Output equipment Computer communication equipment Kombinasi input output
Central Processing Unit(CPU) Ini merupakan pusat komputer, yang mempunyai fungsi untuk melakukan kegiatan-kegiatan aritmetic dan logika dan mengawasi kegiatan seluruh sistem EDP. Untuk menjalankan fungsi CPU ini dibagi menjadi tiga bagian: Main memory section (internal storage unit) Arithmetic-logic section Control section
Main memory section Bagian ini merupakan bagian untuk menyimpan data yang akan diproses, yang sudah diproses dan intruksi-intruksi untuk bagian yang lain dari CPU. Arithmetic-logic section Bagian ini berfungsi untuk melakukan kegiatan-kegiatan perhitungan dan logika. Control section bagian ini berfungsi untuk mengatur semua kegiatan dalam sistem EDP.
Input Equipment Data yang akan diproses dalam komputer harus dimasukkan ke komputer. Mesin pembaca kartu plong Mesin pembaca pita kertas plong Point of sales terminal Automatic tag reader Magnetic Ink Character Recognition Optimal Caharacter recognition Terminal(keyboard) Key entry system Compact Disk Flash Disk, etc
Output Equipmet Alat-alat keluaran adalah alat-alat yang menerima informasi dari computer kedalam bentuk yang dapat dibaca. Mesin plong Mesin plong pita kertas Visual display terminal Printer Plotters
Alat Komunikasi Alat komunikasi dengan komputer merupakan alat yang menghubungkan seseorang langsung dengan CPU atau dengan computer lain yang online.
Kombinasi Input output Atau biasa disebut dengan juga secondary storage device adalah alat-alat yang digunakan untuk menyimpan data input maupun output dari komputer.
Komputer-Perangkat Lunak Perangkat lunak dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu program dan dokumentasi. Program digunakan untuk memerintahkomputer untuk melaksanakan langkah-langkah yang tercantum dalam program itu. Dokumentasi merupakan catatan, dan penjelasan dari program komputer (atau sistem) yang dibuat dengan maksud untuk memudahkan memahami suatu program atau sistem.
Langkah-langkah penyusunan program komputer Untuk menyusun program komputer diperlukan beberapa langkah yaitu : Mendifinisikan masalah Menyusun flowchart Menyusun kode dari jawaban yang diperoleh dari langkah kedua,kodenya adalah program komputer itu sendiri Memeriksa kesalahan dan membetulkannya
System flowchart merupakan gambar yang menunjukkan arus dokumen (data) dalam suatu sistem dan perangkat keras serta file yang digunakan. Program flowchart merupakan gambar yang menunjukkan tahap-tahap dalam suatu program komputer.
Mendifinisikan masalah Langkah pertama dalam menyusun program komputer adalah mendifinisikan masalah yang harus dipecahkan. Dalam langkah ini perlu ditunjukkan Difinisi masalah Penjelasan mengenai bentuk input dan output yang diinginkan. Alat penyimpan (file) yang akan digunakan.
Menyusun Flowchart Flowchart ini disusun dengan menggunakan simbol-simbol,ini merupakan langkah kedua sebagai dasar menyusun program komputer
Menyusun Program Komputer Program ini disusun sesuai dengan bahasa yang digunakan komputer Contoh dari bahasa-bahasa itu adalah Basic,Fortran,Cobol,Pascal dan lain-lain. Contoh suatu program komputer menghitung depresiasi aktiva tetap dengan menggunakan bahasa yang disebut PASCAL
Memeriksa kesalahan Ada beberapa jenis kesalahan yang bisa terdapat dalam suatu program komputer. Jenis kesalahan itu adalah Syntac error adalah kesalahan yang terjadi kerna program yang disusun tidak sesuai dari peraturan-peraturan bahasa yang digunakan. Execution error adalah kesalahan yang terjadi ketika program itu dijalankan. Logic error adalah kesalahan yang terjadi yang menimbulkan output yang salah.
Aplikasi Berorientasi Bisnis Aplikasi Tahap I Program Tidak terintegrasi Informasi yang dihasilkan tidak bisa untuk pengambilan keputusan Aplikasi Tahap II Program Mulai terintegrasi Menghasilkan informasi yang lebih value added dalam pengambilan keputusan pada tingkat yang terbatas
Aplikasi Tahap III Program semakin kompleks dan terintegrasi Support untuk pengembilan keputusan bagi middle dan high management