Pemrograman Berorientasi Objek

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
PERTEMUAN 4 PEMROGRAMAN API OOP Concept mudafiqriyan.com.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Inheritance ImamFahrur Rozi.
Pemrograman Berorientasi Objek
Inheritance (Pewarisan)
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
Advanced Class 2 Pertemuan 11 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Pemrograman Berbasis Obyek
Pertemuan 8 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
- PERTEMUAN 6- INTERFACE
KELAS INNER, KELAS ABSTRACT, DAN INTERFACE
Abstract Class.
Pertemuan : Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan JAVA Interface
Inheritance Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
Kelas Lanjut 2 Oleh Tita Karlita.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Pemrograman Berorientasi Objek
Class & Object Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
Inheritance (Pewarisan)
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Parameter dan Konstruktor
Konsep Pemrograman Berorientasi Obyek
Encapsulation, Inheritance, Polymorphism
Pemrograman Berorientasi Objek
Pewarisan Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Teori *Karakteristik PBO*
Pengorganisasian Class
BAB ENCAPSULATION ( Enkapsulasi )
MODIFIER JAVA.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pengorganisasian Class
PPBO.
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Interface.
1.3 Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek
Interface Pertemuan 2.
Inheritance (Turunan)
Konstruktor -1- Method yang digunakan untuk memberi nilai awal pada saat object diciptakan Dipanggil secara otomatis ketika new digunakan untuk membuat.
Inheritance (Pewarisan)
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB VII - INHERITANCE.
Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding
Pemrograman Berorientasi Objek
STUDI KASUS.
Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding
Subclassing and Inheritance
Pemrograman Berorientasi Object
Pemograman Lanjut M. Failrul Filza, S.Kom
Pemrograman Berorientasi Object
PEWARISAN Kelompok : Alim Mutohidin ( )
Pertemuan 3 Class dan Objek (Lanjutan)
Object-Oriented Programming (OOP)
Pertemuan 5 Inheritance
Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Obyek. kelas Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
- PERTEMUAN 2- CONSTRUCTOR
Pertemuan 4 Praktek Pembuatan Program Class dan Objek (Lanjutan)
Pertemuan 7 Inheritance (lanjutan)
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) Disusun oleh : Khairan Marzuki, M.Kom Fakultas Teknik dan Kesehatan, Universitas Bumigora.
Transcript presentasi:

Pemrograman Berorientasi Objek INHERITANCE Oleh : Sri Herawati, S.Kom D3 MANAJEMEN INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO

Sub Topik Inheritance (Pewarisan) Abstract class Abstract Method Interface

Inheritance Inheritance merupakan salah satu dari 3 konsep dasar OOP. Konsep inheritance ini mengadopsi dunia riil dimana suatu entitas/obyek dapat mempunyai entitas/obyek turunan. Dengan konsep inheritance, sebuah class dapat mempunyai class turunan.

Inheritance Suatu class yang mempunyai class turunan dinamakan parent class atau base class superclass Sedangkan class turunan itu sendiri seringkali disebut subclass atau child class. Suatu subclass dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh parent class. Misal : kelas B adalah kelas anak dari kelas A, maka sifat – sifat dari kelas A otomatis akan dimiliki juga oleh kelas B.

Inheratance Dengan menambahkan kata kunci extends setelah deklarasi nama class, kemudian diikuti dengan nama parent class-nya. Kata kunci extends tersebut memberitahu kompiler Java bahwa kita ingin melakukan perluasan class. Bentuk : class kelasturunan extends kelasparent { tubuhkelas }

Inheritance Kita baru perlu menerapkan inheritance pada saat kita jumpai ada suatu class yang dapat diperluas dari class lain. Konsep inheritance yang ada di Java adalah Java hanya memperkenankan adanya single inheritance. Konsep single inheritance hanya memperbolehkan suatu sublass mempunyai satu parent class.

Contoh : parent class class Alpha{ private int a = 5; public void info(){ System.out.println("a= "+a); System.out.println("Dipanggil pada "+ this.getClass().getName()); } Ket : this.getClass().getName() utk memperoleh nama kelas

Contoh : child class class Bravo extends Alpha { public static void main(String[] args){ Bravo obj= new Bravo(); obj.info(); }

Hasil :

Penentu akses protected protected berguna utk mengatur agar suatu variabel instan atau metode yg terdapat pada sebuah kelas dpt diakses pada kelas itu sendiri dan sub kelas.

Contoh :parent class class Alpha{ private int a = 5; protected int b = 7; public void info(){ System.out.println("Dipanggil pada "+ this.getClass().getName()); System.out.println("a= "+ a); System.out.println("b= "+ b); }

Contoh : child class class Delta extends Alpha { private int c = 9; public void info(){ System.out.println("Dipanggil pada " + this.getClass().getName()); System.out.println("b = " + b); System.out.println("c = " + c); }

Memanggil parent dan child class class PenentuProtect { public static void main(String[] args){ Alpha objx = new Alpha(); objx.info(); Delta objy = new Delta(); objy.info(); }

Metode superkelas Cara untuk memanggil metode superkelas dari subkelas dgn kata kunci super yang berarti superkelas.

Contoh : class Echo extends Alpha { private int c = 9; public void info(){ super.info(); System.out.println("c = " + c); }

class superkelas { public static void main(String[] args) Echo obj = new Echo(); obj.info(); }

Konstruktor Konstruktor adalah metode yg dpt digunakan utk memberikan nilai awal saat objek diciptakan. Sifat kontruktor : namanya sama dgn nama kelas tidak memiliki nilai balik ( tdk boleh ada kata kunci void) Contoh : new Mobil(“Merah”, 2003)

Overloading Overloading adalah suatu mekanisme pembuatan kontruktor yg memiliki bentuk lebih dari satu. Misal: new Mobil(“Merah”,2003) new Mobil()

Contoh : class Mobil{ //variabel instan private String warna; private int tahunproduksi; //konstruktor pertama public Mobil(String warna,int tahunproduksi){ this.warna = warna; this.tahunproduksi=tahunproduksi; } //konstruktor kedua public Mobil(){ //metode public void info(){ System.out.println("Warna : " +this.warna); System.out.println("Tahun : " +this.tahunproduksi); } public class kontruktor{ public static void main(String[] args){ Mobil mobilku = new Mobil("Merah", 2003); mobilku.info(); Mobil mobilmu = new Mobil(); mobilmu.info();

Abstract class & Abstract Method Method abstract adalah suatu metode yg ditentukan dari dalam kelas tetapi tidak disertai dengan definisinya. Class abstract adalah kelas yg tidak disertai definisinya.

Contoh : class dan method abstact public abstract class kendaraan { protected String nama; public abstract void jalankan(); }

Contoh :tesabstrak class Sepeda extends kendaraan{ public Sepeda(String nama){ this.nama = nama; } public void jalankan(){ System.out.println("Duduklah di atas sadel " +this.nama + " dan kayuhlah.."); class Minibus extends kendaraan{ public Minibus(String nama){ public void jalankan(){ System.out.println("Duduklah di atas setir " +this.nama + " dan hidupkan mesin.."); } public class tesabstrak{ public static void main(String[] args){ Sepeda sepedaku = new Sepeda("sepeda ontel"); sepedaku.jalankan(); Minibus mobilku = new Minibus("Minibus Keri"); mobilku.jalankan();

Interface Interface adalah mekanisme yg memungkinkan berbagi konstanta atau menentukan bentuk metode yg dpt digunakan oleh sejumlah kelas. Variabel dlm interface hanya diperkenankan utk menggunakan public static final.

Mendeklarasikan interface Bentuk : public interface namainterface{ //metode tanpa implementasi //definisi konstanta }

Menggunakan interface Sebuah class dpt menggunakan interface melalui kata kunci implements. Bentuk : class namakelas1 [extends namakelas2] implements namainterface1[,namainterface2]{ //tubuh kelas }

Contoh : interface Intlampu{ public static final int keadaan_hidup =1; public static final int keadaan_mati =0; public abstract void hidupkan(); public abstract void matikan(); } //akhir interface interface Intlampupenyuram extends Intlampu{ public static final int posisi_maks =10; public static final int posisi_min =0; public abstract void redupkan(); public abstract void buatlebihterang(); }

Contoh : class lampupenyuram implements Intlampupenyuram{ private int statuslampu = 0; public void hidupkan(){ this.statuslampu = posisi_maks; System.out.print("hidupkan!: "); System.out.print("Lampu hidup. "); System.out.println("Posisi tombol : " + this.statuslampu); } public void matikan() { this.statuslampu = posisi_min; System.out.print("Matikan ! : "); System.out.println("Lampu mati.");

Contoh: public void redupkan(){ if (this.statuslampu != posisi_min); this.statuslampu--; System.out.print("redupkan! : "); if (this.statuslampu ==posisi_min) System.out.println("Lampu mati"); else { System.out.print("Lampu Hidup. "); System.out.println("Posisi tombol : " + this.statuslampu); }

Contoh: public void buatlebihterang(){ if (this.statuslampu != posisi_maks); this.statuslampu++; System.out.print("Buat lebih terang "); System.out.print("Lampu Hidup. "); System.out.println("Posisi tombol : " + this.statuslampu); } } //akhir kelas

Contoh: public class tesinterface{ public static void main(String[] args){ lampupenyuram lampukamar = new lampupenyuram(); lampukamar.hidupkan(); lampukamar.redupkan(); lampukamar.buatlebihterang(); lampukamar.matikan(); }