MATERI PERKULIAHAN KECERDASAN BUATAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengantar Intelijensia Buatan
Advertisements

Agung Toto Wibowo Bourg, David M., dan Seeman, Glenn, ”AI for Game Developers “, O'Reilly, 2004 Russell,
HO-2 KTL401 Kecerdasan Buatan Intelligent Agents
Artificial Intelligence
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengenalan Intelligent Agents
Pengantar kecerdasan buatan
PENDAHULUAN.
Artificial Intelligence
Kuliah Pengantar Intelijensia Buatan
Pertemuan ke-1 Pengantar: Pengertian disain formulir Kegunaan formulir
Problem Space Dr. Kusrini, M.Kom.
Kecerdasan Buatan: 2. Agent Cerdas
Pertemuan 2 Kecerdasan Buatan
Data Mining: Klasifikasi dan Prediksi Naive Bayesian & Bayesian Network . April 13, 2017.
Oleh: Dewi Liliana IT PNJ
1 Pertemuan 26 NEURO FUZZY SYSTEM Matakuliah: H0434/Jaringan Syaraf Tiruan Tahun: 2005 Versi: 1.
INTELIGENT AGENT RASUKO VIDYA P ( ) ALUX PERMANA ( )
Matakuliah : H0134 / Sistem Pengaturan Dasar
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 2.
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 9.
Kecerdasan Buatan Intelligent Agents
PERTEMUAN 10 Diema Hernyka Satyareni, M.Kom
MATERI PERKULIAHAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Interaksi Manusia dan Komputer
Oleh : Yusuf Nurrachman, ST., MMSI
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) dan SISTEM PAKAR
MASALAH DAN RUANG KEADAAN
PRESENTASI TUGAS REVIEW PAPER/JURNAL IMPLEMENTASI TEKNIK ARTIFICIAL INTELLIGENCE Pertemuan 14 dan 15.
MATERI PERKULIAHAN KECERDASAN BUATAN
Artificial Intelligence
Arsitektur Neural Network Pertemuan 2
Artificial Intelligence
Konsep Data Mining Ana Kurniawati.
Konsep Kecerdasan Buatan
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
INTELLIGENT AGENT.
Disiplin Ilmu, Metode Penelitian, Computing Method
MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN I (Remedial)
Learning Theory Artificial Intelligence Teknik Informatika – UNIKOM
Problem solving by Searching
PENgKAJIAN DATA PADA NEONATUS,BAYI BARU LAHIR,BAYI,BALITA DAN ANAK PRA SEKOLAH TIA ELPIKA
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Sejarah & Perkembangan Kecerdasan Buatan
Konsep Kecerdasan Buatan
MATERI PERKULIAHAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Learning Theory Artificial Intelligence Teknik Informatika – UNIKOM
Artificial Intelligence (AI)
Interaksi Manusia dan Komputer
ARTIFICIAL INTELEGENCE
MATERI PERKULIAHAN KECERDASAN BUATAN
MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN I (Remedial)
MATERI PERKULIAHAN KECERDASAN BUATAN
Introduction to Soft computing
MATERI PERKULIAHAN SISTEM OPERASI
Intelligent Agent Kecerdasan Buatan.
Konsep Kecerdasan Buatan
Jaringan Syaraf Tiruan Artificial Neural Networks (ANN)
Pengantar Software Agent: Teori dan Aplikasi
Agen CErdas SENSOR LAMPU OTOMATIS.
Pengantar Intelegensi Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Neural Network 3T Artificial Intelligence Jaringan Saraf Tiruan (Artificial Neural Network)
Konsep Data Mining Ana Kurniawati.
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Algoritma & Pemrograman 1 (Scratch)
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Kecerdasan Buatan Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto. Mengapa Perlu AI? Hampir semua permasalahan dipecahkan dengan bantuan komputer Masalah semakin komplek tidak.
Transcript presentasi:

MATERI PERKULIAHAN KECERDASAN BUATAN INTELLIGENT AGENT 2 Ken Kinanti Purnamasari

Tujuan Memahami konsep Intelligent Agent

Contoh Agent (1. FBI) Daniel Radcliffe – “Imperium” movie (https://teaser-trailer.com/movie/imperium/) “The Mentalist” movie (http://www.ibtimes.co.uk/)

Contoh Agent (2. Penyalur) Agen Beras (http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/15/02/22/nk6fuo-kartel-harga-beras-diduga-libatkan-pedagang-besar) Agen Pulsa (http://pulsaelektrik.co.id/)

P E N G E R T I A N

AGENT An agent is anything that can be viewed as perceiving its environment through sensors and acting upon that environment through actuators.

AGENT

PERCEPT SEQUENCE

AGENT Agere (latin)  doing (melakukan) Agent  sesuatu yang memberi pengaruh “ PELAKU “ dipengaruhi & mempengaruhi.

AGENT AGENT MANUSIA input output suara sentuhan warna . suara sentuhan gerakan . penerima (sensor) perespon (aktuator) mata telinga kulit hidung mulut tangan kaki mulut .

AGENT Agent Function Agent Program

R A S I O N A L I T A S

Agent yang bertindak BENAR. RATIONAL AGENT Agent yang bertindak BENAR.

RATIONAL ≠ OMNISCIENCE RATIONAL AGENT RATIONAL ≠ OMNISCIENCE RATIONAL ≠ PERFECT Maksimum Harapan (expected performance) Maksimum Kenyataan (actual performance)

PERFORMANCE MEASURE Ukuran “ke-benar-an”.

Proses mengumpulkan informasi, untuk memaksimalkan performa INFORMATION GATHERING Proses mengumpulkan informasi, untuk memaksimalkan performa http://blog.authenticjourneys.info/2015/06/how-to-cross-street-in-usa.html

Belajar dari pengetahuan sebelumnya (pengalaman). LEARNING Belajar dari pengetahuan sebelumnya (pengalaman).

AUTONOMY Kemampuan Agent untuk bergerak secara otomatis (independen) berdasarkan pengetahuan awal yang diberikan.

L I N G K U N G A N (environment)

Performance Environment Actuators Sensors TASK ENVIRONMENT Performance Environment Actuators Sensors

Contoh PEAS P E A S NO TIPE AGEN UKURAN PERFORMA LINGKUNGAN AKTUATOR SENSOR 1 Supir Taksi Aman, Cepat, Legal, Nyaman, Laba Jalan, Kendaraan Lain, Pejalan Kaki, Penumpang Setir, Klakson Kamera, Speedometer, GPS 2 Sistem Diagnosa Penyakit Pasien sehat, biaya murah Pasien, Rumah Sakit, Pegawai Rumah Sakit Pertanyaan, Hasil Diagnosa, Rujukan, Daftar Perawatan Form input gejala dan jawaban pasien

Kategori Fully vs Partial Observable Single vs Multi Agent Deterministic vs Stochastic Episodic vs Sequential Static vs Dynamic Discrete vs Continous Known vs Unknown

Kategori

S T R U K T U R A G E N T

Agent = Arsitektur + Program STRUKTUR AGENT Agent = Arsitektur + Program *Arsitektur = Alat Komputasi yang memiliki sensor dan aktuator *Program = implementasi dari fungsi agent

T I P E A G E N T

TIPE AGENT Simple Reflex Agent Model-based Reflex Agent Goal-based Agent Utility-based Agent Learning Agent

Simple Reflex Agent Aksi dipengaruhi oleh keadaan saat ini

Model-based Reflex Agent Aksi dipengaruhi oleh aturan tertentu + keadaan saat ini dan sebelumnya

Goal-based Agent Aksi dipengaruhi oleh tujuan sistem

Utility-based Agent Aksi dipengaruhi oleh kegunaan sistem

Learning Agent Aksi dipengaruhi oleh hasil pembelajaran sistem

Ada Pertanyaan ???

REFERENSI . . . Russell, S., Norvig, P. Artificial Intelligence A Modern Approach (Third Edition). 2010. Pearson Education, USA.

TUGAS PERORANGAN Buatlah contoh PEAS untuk 10 buah agent! P E A S NO TIPE AGEN P UKURAN PERFORMA E LINGKUNGAN A AKTUATOR S SENSOR 1 …. … 2 10 Tuliskan jawaban Anda pada selembar kertas dan kumpulkan paling lambat H-1 pertemuan selanjutnya !

PERSIAPAN TUGAS BESAR (KELOMPOK) 1. Pilihlah salah satu dari tema berikut. Fuzzy Decision Tree Naïve Bayes Neural Network K-Means 2. Buatlah makalah (per kelompok) tentang pengertian dan contoh dari algoritma yang kelompok anda pilih. Kumpulkan paling lambat H-1 pertemuan selanjutnya !