Ishida-san menyatakan, apakah budaya Jepang itu internalisasi?

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ASAL-USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DIKEPULAUAN INDONESIA
Advertisements

Nenek Moyang Bangsa Indonesia
MENJAWAB TANTANGAN PROFESI MELALUI ORGANISASI
RASA INGIN TAHU DAN KEMANDIRIAN
FILOLOGI Ruhaliah JPBD FPBS UPI.
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI INDONESIA
KORELASI ANTROPOLOGI DAN ILMU LAIN
Perubahan Sosial.
ASAL-USUL KOMUNIKASI MASSA
MESIR KUNO TERRY IRENEWATY, M.Hum.
Kebudayaan Jepang ; Suatu Pengantar
BAB 1 KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA
Inkulturasi Aldo.
Peradaban Kuno Asia, Afrika, & Eropa
maulfisr.lecture.ub.ac.id Apresiasi Budaya Jawa maulfisr.lecture.ub.ac.id.
MODERNISASI DAN GLOBALISASI
Kebudayaan Dari kata - Buddhayah (Buddhi) – “budi” atau akal
Kelompok 6, kelas Multimedia C: Nama: RYANSHAH AKBAR RADITYA IKA NUR KHASANAH SULISTIONO
Struktur sosial masyarakat
Anita Sisilia Silitonga Hilda Oktavia Simbolon Febri Firsandi Putra
INKULTURASI & ENKULTURASI
TIDAK MENYUAP MELAINKAN……… MERANGSANG NAFSU MAKAN.
Oleh: Michael Jhon dan Alfiando M
Sejarah indonesia Kelompok 4.
PERSPEKTIF TEORI PERUBAHAN SOSIAL: TEORI SIKLUS
Agustina Yuliyantini ( ).  China  Jepang  Korea Selatan  Korea Utara  Taiwan  Mongolia  Hongkong.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
NAMA KELOMPOK: ADELIA PRATIWI 2.ALVIAN YUAN MILE 3.ANNISA AULIA RAHMA
OLEH : IR. H. ABDUL RAHMAN, MS
Iklim Tropis Asia, Indonesia, Sumatra, Lampung
MODERNISASI DAN GLOBALISASI
ASAL-USUL KOMUNIKASI MASSA
Mata Kuliah. : Komunikasi Internasional Materi
ANTROPOLOGI Sejarah – Pengertian - Cabangnya
PERSEBARAN FLORA DI DUNIA DAN DI INDONESIA
Perahu Prasejarah di Situs Air Sugihan
BAB 1 BIOSFER.
Periodisasi Sejarah Jepang
Sejarah Jepang Ni Made Savitri P., S. S 2013年2月11日.
BAB 12 AKIBAT PENGARUH DARWINISME YANG MENYESATKAN
Potensi dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju
Antropologi.
Mata Kuliah. : Komunikasi Internasional Materi
What is Antropology ? Why Antropology? What for ?
Pemanfaatan Sumber Daya ALAM
Asal usul penyebaran ras nenek moyang Indonesia “proto melayu dan deutro melayu” ANDREAS RAGA D
Struktur sosial masyarakat
ASAL-USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DIKEPULAUAN INDONESIA
Perubahan yang Terjadi pada Masyarakat
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
Perkembangan Pendidikan Jepang Zaman Meiji (lanjutan) Pertemuan ke-10
HISTORY HISTORY ASAL USUL BANGSA INDONESIA JENIS RAS Salam pembuka
BUDIDAYA TANAMAN HIAS Yandriana.wordpress.com.
Pengantar Sejarah Jepang
Sejarah Terbentuknya Kepulauan Indonesia Oleh: Haris Al Farizi ( )
Struktur sosial masyarakat
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA PENJAJAHAN
KEANEKARAGAMAN HAYATI
Sa hyunh.
Summative Assessment Unit 3
TIDAK MENYUAP MELAINKAN……… MERANGSANG NAFSU MAKAN.
B. PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA
PENGARUH KONDISI GEOGRAFIS DALAM PERKEMBANGAN PERADABAN BABYLONIA LAMA
KELAS 6 SEMESTER 1 Disusun oleh Suwari, S.Pd
Interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Budha
Oleh Paulus Wirutomo Sistem Sosial Indonesia (2015)
GEOGRAFI REGIONAL INDONESIA PGO 6230
ANTROPOLOGI.
1. Menunjukkan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa dan menghargai alam ciptaan Tuhan dengan merawat tanaman di lingkungan sekitarnya 2. Menjelaskan.
1. KETERANGAN BERDASARKAN ILMU BAHASA LINGUISTIK Bahasa melayu termasuk rumpun austronesia. Kata Malaya dan Melayu sering dikacaukan dengan kata “mlaya”
Transcript presentasi:

Ishida-san menyatakan, apakah budaya Jepang itu internalisasi? Halaman 7, Paragraf 1 Ishida-san menyatakan, apakah budaya Jepang itu internalisasi? Pada saat membawa hal ini (internalisasi) ke dalam (Jepang), budaya Jepang yang berdasarkan kealamian dapat terealisasi dan hal ini meningkatkan kreasi Jepang yang unik. Apabila dikatakan (dilihat) dari zaman, maka mulai dari heian s.d kamakura merupakan 1 masa pengkreasian di Jepang dan dilanjutkan dengan zaman Edo. Pertanyaannya adalah apakah setelah zaman Meiji menjadi masa yang tanpa kreatifitas?

Egami-san menyatakan bahwa ia pada dasarnya beranggapan demikian, tetapi pada masa setelah Meiji-pun kultural/ hal yang berbudaya Jepang (tetap) ada, yaitu pada masa Taisho yang singkat, menurutnya bukankah hal ini berarti (bahwa budaya Jepang) sedang kuncup. Ishida-san menyatakan bahwa pada masa Meiji, Taisho kreatifitas bangsa Jepang hampir tidak dapat dilihat. Pada semua sisi, meskipun ada yang mengatakan sampai masa setelah perang bukan merupakan masa perealisasian kreatifitas bangsa Jepang sendiri, namun apakah sekarang di Jepang merupakan masa perbincangan kreatifitas atau apakah masih merupakan tahap peniruan? Menurutnya hal itu berdasarkan tiap orang cara pandangnya berbeda-beda.

Kemudian, Ishida-san menyatakan apakah kreatifitas orang Jepang selanjutnya dianggap sebagai masa perealisasian seperti pada zaman Heian, Kamakura dan Edo (?). Untuk selanjutnya mengurung diri didalam (internalisasi) harus dipikirkan(!), karena hal ini juga menjadi salah satu masalah.

Kondisi Alami (Natural) Budaya Jepang –Penjelajahan (penyebaran) Shamanisme Ishida-san, Masalah naturalisme yang diungkapkan oleh Ueyama-san: naturalisme terhadap peradaban, pada budaya Jomon terpancar tradisionalisme yang ada pada (dasar) budaya Jepang, ishida san menyatakan bahwa ia sangat mengerti hal ini, hal ini dapat dilihat dari sistem kekaisaran yang ada pada zaman sekarang dan kepercayaan tradisional yang mengikat, apabila menelusuri masa lalu dari situ menjadi masalah. Yanagita Kunio-sensei sampai dengan detik terakhir menempatkan pertimbangan yang serius pada budidaya padi. Menurut ishida san, bukankah hal tersebut juga akan memunculkan perdebatan.

Ueyama-san, Egami-sensei setelah masa perang berakhir (dalam formasi bangsa dan budaya Asia) membagi Asia menjadi 3 bagian besar, yaitu:(1) Daerah lembab yang menerima pengaruh masoon,(2) Daerah kering,(3) Daerah hutan rimba utara. Apabila mengikuti cara pemisahan ini, misalnya masyarakat penunggang kuda bagaimanapun karena alasan kekeringan segera (pindah) bersambungan, kepercayaan primitif yang ada di Jepang, terutama kegiatan yang digeneralisasikan dengan sikap shamanisme, seperti yang diperkirakan apakah masyarakat penunggang kuda sebagai penyambungnya (penyebarnya), saya kurang lebih merasa bertanya-tanya (tentang hal itu).

_______san, eksistensi wilayah hutan tropis Asia timur pertama kali diusulkan dalam dunia akademis, berdasarkan hal tersebut wilayah hutan (Asia timur) tersebar dari setengah Jepang bagian barat kemudian ke China bagian selatan, terus ke Himalaya. Kaya akan pohon (kayu) yang bermutu tinggi, semak-semak hijau merupakan cirikhas dari wilayah ini. Apabila budaya pada kawasan hutan tropis bersama ini ada dalam budaya Jepang, misalnya dalam wilayah ini ______san sedang meneliti tumbuhan ______ (budaya hutan tropis), disini benar-benar terdapat benda-benda shamanisme dan disini juga ritual mendoakan surga (dunia lain) benar-benar kuat. Masyarakat penunggang kuda di wilayah hutan tropis, meskipun tidak terikat (berpindah-pindah), mungkin dalam keaslian Jepang dapat dilihat terdapat kondisi keaslian pribumi yang muncul.