ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1A

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Suparno Blog : Penterjemahan Data (Compiler – Interpreter) Pengenalan Pengelolahan Data Elektronik.
Advertisements

Pengertian Dasar Logika dan Algoritma
1 MATA KULIAH : “LOGIKA DAN ALGORITMA” PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA DAN PROGRAM CREATED BY: AYU ANGGRIANI H PTIK A 2009 PRODI PENDIDIKAN TEKNIK.
Algoritma dan Pemrograman
Pemograman berorientasi prosedur merupakan bahasa pemrograman yang melibatkan fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur sebagai sub program untuk membentuk.
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
Dosen : Rinci Kembang Hapsari, S.Si
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
Algoritma dan Flowchart
Algoritma Pemograman 1 A
TEORI ALGORITMA.
- PERTEMUAN 1 - DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
All sections to appear here
Pemrograman Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
CARA PENGGUNAAN QBASIC
Algoritma Pemrograman
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Algoritma.
Dasar- Dasar Algoritma
Sejarah Bahasa BASIC Disusun Oleh : Lily W..
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pengantar Algoritma dan pemograman
PENERAPAN KOMPUTER BAGIAN 1. POKOK BAHASAN 1. PENGENALAN KOMPUTER 2. BAHASA BASIC DAN DIAGRAM ALIR 3. VARIABEL DAN KONSTANTA A. STATEMEN MENAMPILKAN DATA.
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
Praktikum Dasar-Dasar Pemrograman
By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan.
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Flowchart
Mahasiswa diharapkan dapat:
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
M1. Konsep dasar algoritma & pemrograman
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Pemrograman Prosedural
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (Pertemuan 01)
Algoritma dan Pemrograman
Pemrograman Visual2 Pendahuluan.
Algoritma & Struktur Data TG22113 Kartika Firdausy - UAD
Algoritma.
PEDOMAN PENYUSUNAN ALGORITMA
Pengenalan QBasic.
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Sejarah Bahasa BASIC.
Pengantar.
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1B* (PP :S1-KA) Pertemuan 1
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Keterampilan komputer 1AB
Pengantar Algoritma dan pemograman
Pertemuan-I ALGORITMA & PEMROGRAMAN-I.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
ALGORITMA DAN FLOWCHART
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
Algoritma & Pemrograman 1
Pendahuluan Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
Algoritma dan Flowchart
Algoritma pemrogaman komputer
Oleh : Pramesthi Handaru
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma. LOGIKA Pertama kali diperkenalkan oleh Aristoteles (384 – 322 SM) Logika berasal dari kata Yunani kuno λόγος (logos)
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG.
Transcript presentasi:

ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1A PENDAHULUAN

TEORI ALGORITMA “Suatu himpunan hingga Intruksi yang secara jelas memperinci langkahlangkah proses pelaksanaan pemecahan suatu masalah. Himpunan intruksi yang dimaksud harus dapat dilaksanakan secara mekanik (dapat dibuat program komputernya). Pembuatan dan perancangan algoritma serta penentuan struktur data yang tepat adalah bagian yang sangat rawan. Merupakan jantung ilmu komputer atau informatika Lebih jauh, terdapat beberapa pengertian dalam masalah Algoritma : PROSEDUR, yaitu Himpunan hingga intruksi yang bersifat diskrit, jelas serta dapat dijalankan secara mekanik. SEMI ALGORITMA, yaitu Prosedur yang mampu menghasilkan solusi, bila solusinya ada dan berhenti. ALGORITMA, yaitu Semi Algoritma yang mampu mendeteksi tidak adanya solusi, bila solusi memang tidak ada dan mampu pula berhenti

Sifat – sifat algoritma yang baik: 1) Banyak langkah hingga 2) Tidak ada keragu-raguan dalam setiap langkahnya. 3) Batasan dari rangkaian proses jelas. 4) Batasan input dan output jelas. 5) Batasan ruang lingkupnya jelas.

ALGORITMA Belajar memprogram ≠ belajar bahasa pemrograman Belajar memprogram : belajar tentang strategi pemecahan masalah, metodologi dan sistematika pemecahan masalah , Menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca, dipahami dan disepakati bersama. Bersifat pemahaman persoalan, analisis dan sintesis Titik berat : designer program

CONTOH ALGORITMA SEDERHANA Algoritma ketika ingin mengirimkan surat kepada teman, yaitu : Tulis surat pada secarik kertas surat Ambil sampul surat Masukkan surat ke dalam sampul Tutup sampul surat menggunakan perekat Tempel perangko pada surat Bawa surat ke kantor pos untuk di poskaan

Hindarilah proses pengujian yang berulang-ulang secara percuma. Contoh: If item = nilai1 Instruksi1 Endif If item = nilai 2 Instruksi2 If item = nilai 3 Instruksi3

X = 1 Y = X+X IF Y = A THEN PRINT X : END. GOTO 30 Jika A = 2 maka ada SOLUSI Jika A= 5 maka tidak ada solusi & Looping Solusi Program di atas : Tambahkan Intruksi Jika Y > A cetak “Tidak Ada Akar “ : End

Produk yang dihasilkan pemrogram Program dengan rancangan yang baik (metodologis, sistematis) Dapat dieksekusi oleh mesin Berfungsi dengan benar Sanggup melayani segala kemungkinan masukan Disertai dokumentasi Belajar Bahasa Pemrograman Belajar memakai suatu bahasa pemrograman, aturan sintaks, tata cara untuk memanfaatkan instruksi yang spesifik untuk setiap bahasa Titik berat : coder

Penyajian Algoritma • Natural Language • Flowchart • Pseudo-code • Diagram blok struktur program • Diagram warnier • Tabel keputusan dan pohon keputusan

Pengenalan Qbasic • Program Instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer agar dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu • Bahasa Pemrograman Bahasa yang digunakan untuk membuat program • Klasifikasi bahasa pemrograman : Bahasa tingkat rendah (Low level language) : bahasa yang berorientasi mesin •Bahasa mesin (machine language) •Bahasa rakitan (assembly language) Bahasa tingkat tinggi (High level language) : bahasa yang berorientasi kepada bahasa manusia •BASIC •Pascal •COBOL

Proses penterjemahan dapat dilakukan oleh : –Interpreter –Compiler Langkah Pemrograman •Menulis program •Menjalankan program untuk menguji kebenaran perogram •Jika ada kesalahan (logika maupun kaidah), program diperbaiki dan kembali ke langkah 2

QBasic •Salah satu versi dari bahasa BASIC (Beginner’s All-Purpose Symbolic Instruction Code) •Dibuat oleh Microsoft Corporation •Merupakan interpreter •Dikemas di dalam DOS (mulai versi 5.0)

Menu pada QBasic File, berisi operasi yg berhubungan dengan file seperti : –Mengosongkan editor –Menyimpan file –Mencetak program ke printer –Keluar dari Qbasic Edit, berhubungan dengan operasi penyuntingan prorgam, seperti : –Copy & paste –Membuat subrutin / fungsi View, di antaranya untuk melihat jendela hasil program Menu pada Qbasic Search, berguna untuk mencari dan mengganti teks Run, untuk menjalankan/mengeksekusi program Debug, untuk melakukan debugging (pencarian kesalahan) Options, untuk mengatur berbagai pilihan, misalnya untuk menentukan lokasi dari file QBASIC.HLP Help, berisi tentang bantuan pemakai yang disediakan QBasic

Menulis Program Menulis program baru : –Pilih menu File – New –Ketikkan baris-baris program, misal PRINT “Selamat belajar” PRINT “QBASIC

Menjalankan Program •Pilih menu Run – Start atau tekan Shift-F5 Menyimpan Program •Pilih menu File – Save •Ketik nama file yang diinginkan \Memanggil Program •Pilih menu File – Open •Ketikkan nama file yang diinginkan