Software Engineering ( Pressman )

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box)
Advertisements

TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
DASAR-DASAR PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi Sistem
Pengujian Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi Sistem
Teknik Pengujian Perangkat Lunak
Pengujian Perangkat Lunak
Testing dan Implementasi Sistem
Pengujian Black-Box.
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TESTING PROGRAM Materi Pertemuan ke-5 & 6.
PERANCANGAN KASUS UJI.
Testing dan Implementasi Sistem
Kriteria Rekayasa Perangkat Lunak (lanjutan)
Pertemuan 5 PENGUJIAN WHITE BOX.
TEKNIK TESTING DAN STRATEGI TESTING
Pertimbangan Praktis Tahap Testing Sistem (Lanjutan I )
Metode Pengujian Perangkat Lunak (Black Box)
Testing dan implemantasi sistem
Tahap Testing Sistem (Lanjutan I )
Agenda Pembahasan Pengertian dan Urgensi Prinsip-prinsip
Tahap Testing Sistem Pertemuan ke-8.
Pertemuan 8, 9, 10 TAHAP TESTING SISTEM.
VALIDASI SOFTWARE (Nelly Sofi).
Testing dan implementasi sistem
Testing & Implementasi Sistem Fungsional Testing
TEKNIK-TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
14. PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan ke-13)
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Metode Pengujian Perangkat Lunak
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan ke-13)
TESTING PROGRAM.
White Box Testing Pembuatan Flowgraph Pembuatan Testcase.
Pengujian Perangkat Lunak
WHITE BOX TESTING PENGUJIAN BASIS PATH
Teknik Pengujian Perangkat Lunak
Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box)
Matriks Grafik Matriks Grafik sangat berguna untuk mengembangkan peranti perangkat lunak yang membantu pengujian basis path Matriks Grafik adalah matriks.
Testing dan Implementasi Sistem teknik testing
Testing & Implementasi Sistem
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-11)
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
TESTING DAN IMPLEMENTASI PERTEMUAN 3
Metode Pengujian Perangkat Lunak (Black Box)
TESTING DAN IMPLEMENTASI PERTEMUAN 4
TESTING & IMPLEMENTASI “WHITE BOX TESTING”
WHITE BOX TESTING DAN BLACK BOX TESTING
Validasi dan Verifikasi Software
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 5 PENGUJIAN WHITE BOX.
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-12)
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi
Pengujian White Box Kustanto 11/16/2018 Pengujian white box.
Pengujian White Box Kustanto 11/27/2018 Pengujian white box.
Teknik-teknik pengujian Perangkat Lunak
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
White Box Testing.
Pengujian Perangkat Lunak
Pengujian Perangkat Lunak
Teknik-teknik pengujian Perangkat Lunak
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box)
WHITE BOX TESTING PENGUJIAN BASIS PATH
Transcript presentasi:

Software Engineering ( Pressman ) Chapter XVI TESTING SOFTWARE TECHNIC 6/4/2018

Sasaran : Eksekusi program untuk menemukan kesalahan. Test case yang baik adalah memiliki kemungkinan tinggi untuk menemukan kesalahan yang belum pernah ditemukan. Sukses  test dapat mengungkap semua kesalahan yang belum pernah ditemukan sebelumnya. 6/4/2018

Prinsip Dapat ditelusuri ke persyaratan pelanggan karena bagi pelanggan cacat yang paling fatal adalah cacat yang berakibat program gagal memenuhi persyaratan. Harus direncanakan lama sebelum pengujian di mulai Prinsip pareto berlaku untuk testing software  80% kesalahan yang ditemukan akan dapat ditelusuri sampai 20% dari semua modul program. Dimulai dari yang kecil sampai besar, modul-modul, cluster modul terintegrasi, sistem Pengujian yang mendalam tidak mungkin karena jumlah jalur permutasi program besar sehingga tidak mungkin mengeksekusi setiap jalur tersebut. Efektif  harus dilakukan oleh pihak ketiga yang independent 6/4/2018

Desain Test Case Black blok  Pada interface software Digunakan untuk memperlihatkan fungsi-fungsi operasional software sehingga input dan ouptput dihasilkan dengan tepat, integrasi file data dapat dipelihara. Untuk menemukan kesalahan dalam kategori Fungsi-fungsi yang tidak benar ./ hilang Kesalahan interface Kesalahan struktur data, akses dbase, kesalahan kinerja, inisialisasi. 6/4/2018

Lanjutan Desain Test Case Pengujian graph – Based  direpresentasikan dengan membuat grafis objek dan hubungan antar objek Partisi ekivalensi  menentukan test case yang mengungkap kelas-kelas kesalahan  merepresentasikan keadaan valid / invalid tentang kondisi input  password Analisis nilai batas  struktur data ( array  100 ) pastikan desain test sesuai Pengujian perbandingan  Perbandingan hasil test dengan metode lain, jika sama implementasinya benar. 6/4/2018

White box  Glass box : Adalah Metode desain test case dengan Struktur Kontrol desain prosedural ( struktur data, kondisi dan loop ) dan logika 6/4/2018

Jenisnya : Pengujian basis path : mengukur kompleksitas logic desain prosedural Notasi diagram alir : digambarkan dengan grafis alir / aliran kontrol logika 6/4/2018

Jenisnya : Kompleksitas siklomatis : pengukuran kuantitatif kompleksitas program. Jumlah region : Kompleksitas siklomatis  4 region V ( G ) = (E – N) + 2 = (11 – 9) + 2 = 4 V ( G ) = P + 1  3 + 1 = 4 2,3 4,5 6 8 7 9 10 2 3 1 6/4/2018

Jenisnya : a d b c f g e Matriks grafik Matriks koneksi 1-1 = 0 Kosong 1 2 3 4 5 1 3 4 2 5 a AA b AA c AA d AA f AA e AA g AA 1-1 = 0 Kosong 2-1=1 2-1=1 + 3+1=4 KS a d b c f g e 1 2 3 4 5 6/4/2018

Pengujian structur kontrol Test kondisi  Logika program ( operator boolean, rekasume, aritmetik ) Test aliran data Test Loop 6/4/2018

Pengujian Spesifikasi ( Khusus ) lain : Pengujian GUI : Windows, menu dan operasi mouse, entry data Test arsitektur C/S Test diokumentasi dan fasilitas Help Test sistem real time 6/4/2018

The End 6/4/2018