TANGIBLE-HARDWARE.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Advertisements

PENJELASAN DIAGRAM PENGEMBANGAN PENGOLAHAN DATA
Teknologi informasi sampai dengan saat ini berkembang sangat pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan.
SOFTWARE AND HARDWARE KELOMPOK : JOEL LUIZ
Jenis dan Ragam TIK Oleh : R. Arri Widyanto.
Peralatan TIK Sistem Komputer
PERTEMUAN KESEPULUH Memory HARDWARE.
Hardware Komputer.
3. Perangkat Jaringan Komputer 1. Pengenalan Jaringan Komputer 3. Perangkat Jaringan Komputer 2. Macam-Macam Jaringan Internet 4. Penggolongan Jaringan.
Hardware Software Brainware
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
Perangkat Keras dan Lunak
BAB III PERALATAN DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
JARINGAN KOMPUTER 2 Juli 2012.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Intangible-Software.
Materi Pertemuan Ke-11 Jaringan komputer.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPUTER.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Tuti Widya Lestari, S.Kom Pertemuan : 2.
TIGA KOMPONEN UTAMA KOMPUTER
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Pengantar Teknologi Informasi
Komputer sebagai alat bantu sistem informasi
Pengertian Teknologi Informasi Komponen Teknologi Informasi
Pengenalan Hardware & Software
Perangkat Keras Komputer (Hardware)
ELEMEN DASAR KOMPUTER.
SUMBER DAYA SISTEM INFORMASI
Informatika Kesehatan
PERTEMUAN I EVOLUSI KOMPUTER P1.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
Bab Jaringan Rifky Kurniawam.
Materi Pertemuan Ke-11 Jaringan komputer.
Pertemuan Minggu ke-3 dan 4 Dosen : Anna Fitria
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PERTEMUAN KESEPULUH Memory HARDWARE.
Desain Sistem Informasi (Kebutuhan Hardware Dan Software
Oleh Lasminiasih, SE,.MM Teknologi komputer.
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
Arsitektur & Organisasi Komputer BAB I Pengantar Arsitektur & Organisasi Komputer Oleh : Bambang Supeno, ST., MT. Feb-18 Arsitektur & Organisasi Komputer.
JARINGAN KOMPUTER Universitas Panca Budi Medan DENNY CHARTER, ST
FUNGSI DAN PROSES KERJA JARINGAN TELEKOMUNIKASI
Dasar Pemrosesan Komputer
JARINGAN komputer DAN KOMUNIKASI DATA
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
DASAR-DASAR PENGGUNAAN INTERNET
KOMPUTER.
Oleh : Devie Rosa Anamisa
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
3 HARDWARE KOMPUTER CHAPTER
PERTEMUAN EVOLUSI KOMPUTER P1.
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
Hardware Komputer.
Pengantar Teknologi InformaTIKA-TANGIBLE
Konsep Jaringan dan Komunikasi
Materi Pertemuan Ke-11 Jaringan komputer.
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA
Komponen Sistem Komputer
Pengertian Komputer Komputer sebagai sebuah sistem yang berhirarki
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
Materi Pertemuan Ke-11 Jaringan komputer.
Konsep Sistem Komputer
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
Transcript presentasi:

TANGIBLE-HARDWARE

KOMPUTER???

Strukture Komputer - Top Level Computer Peripherals Central Processing Unit Main Memory Computer Systems Interconnection Input Output Communication lines

FUNGSI FUNGSI Secara garis besar komputer memiliki 4 fungsi utama : Pengolahan data - Data processing Penyimpanan data - Data storage Pemindahan data - Data movement Kendali - Control

Sejarah Singkat Komputer Generasi pertama : Tabung vakum (1945-1955) Generasi kedua: Transistor (1955-1965) Generasi ketiga: IC (1965-1980) Generasi keempat : VLSI (1980-????)

Generasi pertama : Tabung vakum (1945-1955) ENIAC (Electric Numerical Integrator And Computer) Oleh John Mauchly dan John Presper Eckert di Universitas Pennsylvania. ENIAC: berat 30 ton, bervolume 15.000 kaki peregi, berisi lebih dari 18.000 tabung vakum.

Von Neumann (1946) Ditemukan oleh John Von Neumann ALU Processing Main Memory menyimpan instruksi dan data Control unit merupakan perantara antara ALU dan Main Memory

Arsitektur Von Neumann

Generasi kedua: Transistor (1955-1965) Transistor ditemukan pertama di Bell Labs. Tahun 1947. IBM merupakan vendor yg meluncurkan pertama kali komputer dengan transistor.

Generasi ketiga: IC (1965-1980) IC (integrated Circuits): merupakan penggabungan komponen-komponen elektronika dalam satu paket. IBM System 360 : komputer yang telah menggunakan teknologi IC.

Generasi keempat : VLSI (1980-sekarang) VLSI (Very Large Scale Integration): menampung 10.000 komponen lebih per kepingnya dengan kecepatan operasi mencapai 100juta operasi per detiknya.

Generasi kelima : LSI (sekarang – masa akan datang) LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor.

Komponen Sistem Komputer

Struktur Komputer Input & output Main Memory Central Processing Unit System Interconnection

Input Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data, perintah atau instruksi yang akan diolah kedalam komputer. Digunakan untuk interaksi dengan komputer Prinsip kerja: merubah perintah yang dipahami manusia menjadi perintah yang dipahami komputer (mesin)

Klasifikasi Perangkat Input menurut jenis Inputnya Pengetikan Penunjuk Video Suara Pemindai Pembaca Kartu RFID Sensor

Pengetikan digunakan sebagai cara memasukkan data Ex: keyboard, ATM, POS Jenis keyboard: QWERTY; DVORAK; MALTRON;dll

Input pointer atau penunjuk contohnya: mouse; trackball;pointing stick;touchpad;touchscreen;penstylus;light pen; digitizer

Input pemindai/ scanner adalah alat untuk memindai suatu bentuk ke dalam bentuk digital. Jenis pemindai (kegunaan dan cara kerja): Gambar; barcode;sinar-x;cek;logam;dll

Input video contohnya: webcam, kamera video,cctv

Input suara contohnya: mikropon, automatic speech recignition,touchtone

Input pembaca kartu contohnya: kartu magnetik; smart card

RFID (Radio Frequency Identification) adalah metode indentifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut RFID atau transponder untuk menyimpan data jarak jauh. Label RFID dipasang pasa produk,hewan atau manusia dengan tujuan identifikasi gelombang radio. Label RFID terdiri dari microchip silikon dan antena.

Input sensor adalah piranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan Ex: pengukur suhu tubuh;pengukur kecepatan laju kendaraan ;dll

Output Adalah komponen yang dapat menghasilkan berbagai informasi kepada penggunanya

Klasifikasi output Output device dibagi menjadi: 1.Visual 2.Tercetak 3.Suara

Visual menyampaikan informasi secara visual Display device Terbagi menjadi: LCD (Liquid Crystal Display), Plasma display, CRT (Chatode Ray Tube) Monitor

LCD adalah layar monitor berbentuk tipis,datar dan terbuat dari cairan LCD adalah layar monitor berbentuk tipis,datar dan terbuat dari cairan. (monitor LCD,notebook,smartphone,PDA) Plasma Display adalah layar berbentuk tipis,datar dan menampilkan gambar menggunakan tegangan listrik ke lapisan gas. (layar plasma) CRT adalah layar dilapisi dengan titik titik yang sangat kecil dari materi yang mengandung phosphor. (layar kompt CRT)

Tercetak Adalah suatu peralatan output yang menghasilkan informasi berupa tulisan atau text. (contoh: printer) Printer terdiri dari: Nonimpact Printer : suatu bentuk dimana karakter dan gambar tanpa memukul kertas (disemprotkan) ink jet printer Impact Printer :membentuk karakter dengan mekanisme pukulan yg diterima pita tinta menempel ke kertas

Suara Adalah output device menghasilkan sura,musik,speech dan suara lain.

Memory... Media Penyimpanan (Storage) Primary Storage RAM (Random Access Memory) DRAM (Dynamic RAM) SRAM (Static RAM)

Memory... EDORAM (Extended Data Out RAM ) 72 pin SDRAM 168 pin

Memory... ROM (Read Only Memory) PROM EPROM EEPROM

Memory... Circuit Board SIMM (Single In-line Memory Module) DIMM (Dual In-line Memory Module)

Memory... Cache Memory (Flash RAM) Video Memory (VRAM) Video Memory Stick

Memory... Flash Memory Secondary Storage Magnetic Storage Magnetic tape

Memory... Representasi data dalam memori : binary digit Magnetic Disk Hard Disk Floppy Disk (Diskette) Optical Storage Representasi data dalam memori : binary digit

Memory... Kecepatan Volatility Metode Akses Portability Capacity Karakteristik Media Penyimpanan Kecepatan Volatility Metode Akses Serial Access Random Access Paralell Access Portability Capacity

Memory... Hirarki media penyimpanan memori berdasarkan karakteristiknya :

Memory... Perbandingan Primary Storage dan Secondary Storage : Temporary vs Permanent Hanya dapat menyimpan data jika komputer nyala vs Dapat menyimpan data jika komputer mati Peralatan Input (Input Device) Keyboard

Intangible-Software

Software Software atau perangkat lunak adalah program-program komputer yang berfungsi untuk menjalankan suatu pekerjaan dan program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti komputer.

Jenis-jenis Software Sistem operasi Sistem operasi adalah software yang berfungsi mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehinga dapat saling berinteraksi. Tanpa sistem operasi, komputer tidak dapat berfungsi sama sekali. Contoh: DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Mac OS, dll. Program Utility Program utility adalah software yang berfungsi untuk mengisi kekurangan dari sistem operasi. Contoh: Norton utility, Scandisk, PC Tools, dll.

Jenis-jenis Software (2) Program apllikasi Program aplikasi adalah program yang hanya melakukan pekerjaan tertentu. Biasanya program aplikasi dibuat oleh seorang programmer sesuai permintaan dan kebutuhan seseorang atau lembaga atau perusahaan untuk keperluan intern. Contohnya: Program billing, Database, SIA-SAT, dll.

Jenis-jenis Software (3) Program paket Program paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan. Contoh: Microsoft Office, Adobe Photoshop, Macromedia Studio, Open Office, dll. Bahasa Pemrograman Bahasa pemrograman adalah software khusus yang digunakan untuk membuat program komputer, seperti sistem operasi, program paket, program aplikasi, dll

Language Programming Low Level Language  Bahasa pemrograman ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Middle Level Language  Bahasa pemrograman tingkat menengah ini instruksinya sudah mendekati bahasa sehari-hari, tapi masih sulit untuk dimengerti. Contoh: Assembler, ForTran. High Level Language  Bahasa pemrograman tingkat tinggi menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Contoh: BASIC, Pascal, C, dll.

Sifat-sifat Software Freeware (Dapat digunakan secara bebas) Shareware (Bebas digunakan dalam jangka waktu tertentu, dan jika mau dilanjutkan harus membayar (Demo / Trial)). Commercialware (Harus membayar)

Konsep Jaringan dan Komunikasi Chapter 7 Konsep Jaringan dan Komunikasi The Computer Continuum

Didefinisikan sebagai hubungan suatu Chapter 7 Online Didefinisikan sebagai hubungan suatu komputer pada himpunan beberapa komputer yang terinterkoneksi dalam jaringan. Jaringan (Network) Himpunan dari banyak komputer yang mana terminal display, printer dan perangkat lainnya dihubungkan dengan perangkat lain secara fisik atau wireless. The Computer Continuum

Jaringan Komputer (Computer Networking) Internet: Chapter 7 Jaringan Komputer (Computer Networking) Internet: Koneksi jaringan komputer dengan jutaan jaringan komputer yang lain diseluruh dunia dengan tujuan perubahan data dan komunikasi menggunakan aturan komunikasi yang spesifik. Manusia dari awal membutuhkan komunikasi dengan manusia lainnya sebagai upaya pemenuhan kebutuhannya, seperti : Membuat gambar pada dinding gua. Membuat signal dari api/asap Alexander Graham Bell: Membuat telepon sederhana The Computer Continuum

Jenis koneksi komputer dalam jaringan 1.Koneksi fisik Chapter 7 Jenis koneksi komputer dalam jaringan 1.Koneksi fisik 2.Koneksi nir kabel (wireless) The Computer Continuum

1. Koneksi fisik Secara fisik komputer akan terhubung satu dan lainnya. Menggunakan kabel atau kabel optik Koneksi ini umumnya disebut sebagai network links. Tiga jenis koneksi fisik : Unshield Twisted pair (kabel UTP) Coaxial cable (kabel coax) Fiber-optic cable (kabel fiber optik)

Unshield Twisted pair (kabel UTP) Tersusun atas dua serabut kabel Chapter 7 Unshield Twisted pair (kabel UTP) Tersusun atas dua serabut kabel Perusahaan telepon menggunakan kabel type ini untuk menghubungkan satu pelanggan telepon dan pelanggan lainnya. The Computer Continuum

Ada 2 tipe kabel koaksial : Thick (thicknet) cable Chapter 7 Kabel Coaxial Kabel coaxial berisi kawat tembaga keral (kaku) sebagai intinya, dimana sekelilingnya dilapisi dengan bahan penyekat. Pelapis ini dilapisi lagi dengan konduktor silindris yang bentuknya seperti anyaman. Kemudian konduktor sebelah luar ditutup dengan pelindung plastik yang aman. Ada 2 tipe kabel koaksial : Thick (thicknet) cable Thin (thinnet) cable The Computer Continuum

Data dapat ditransmisikan melalui gelombang ini dalam kabel tersebut. Chapter 7 Kabel Fiber optik Cahaya adalah GEM Data dapat ditransmisikan melalui gelombang ini dalam kabel tersebut. Setiap kabel dapat mengirimkan ratusan sambungan telepon atau komunikasi komputer. The Computer Continuum

Chapter 7 2. Koneksi Wireless Hubungan dibuat menggunakan energi elektromagnetik yang dapat berfungsi sebagaimana kabel. Tiga jenis komunikasi wireless yang umun digunakan dalam jaringan : Infrared (infra merah) Radio frequency (frekuensi radio) Microwave (gelombang mikro) The Computer Continuum

Infrared (Infra merah) Umumnya digunakan dalam remote control pada TV. Chapter 7 Infrared (Infra merah) Umumnya digunakan dalam remote control pada TV. Menggunakan frekuensi inframerah atau radiasi elektromagnetik yang dapat berfungsi sebagaimana cahaya tampak. Harus berada dalam satu garis dengan perangkatnya. Digunakan untuk koneksi keyboards, mice, dan printer The Computer Continuum

Harus berada dalam satu garis dengan sumber gelombang Chapter 7 Gelombang Mikro Umumnya digunakan untuk komunikasi pada lokasi dengan jarak yang sangat jauh. Harus berada dalam satu garis dengan sumber gelombang Komunikasi satelit menggunakan gelombang mikro. The Computer Continuum

Dua bagian interkoneksi komputer dalam jaringan Chapter 7 Dua bagian interkoneksi komputer dalam jaringan Perangkat keras dibutuhkan untuk koneksi komputer pada jaringan. Software dibutuhkan untuk kontrol hardware The Computer Continuum

Kategori Jaringan berdasarkan ukurannya Chapter 7 Kategori Jaringan berdasarkan ukurannya DAN (Desk Area Network) LAN (Local Area Network) MAN (Metropolitan Area Network) WAN (Wide Area Network) The Computer Continuum

DAN (Desk Area Network) Chapter 7 DAN (Desk Area Network) Membuat semua komponen dalam desktop komputer tersedia untuk beberapa komputer dalam jaringan. CPU – Sumberdaya komputer yang tidak digunakan dapat digunakan oleh komputer lainnya yang terhubung ke jaringan Hard Disk – Perangkat penyimpanan yang dapat diakses oleh beberapa komputer dalam jaringan. Video Display - Messages peringatan dikirimkan ke display komputer. Beberapa perangkat terkoneksi pada komputer dibutuhkan oleh beberapa perangkat lainnya dalam jaringan. The Computer Continuum

LAN (Local Area Network) Chapter 7 LAN (Local Area Network) Himpunan node dengan area kecil. Node dihubungkan dalam topologi jaringan bus, ring, star, tree, atau koneksi semua perangkat.. Keuntungan LAN: Sharing sumberdaya perangkat keras, perangkat lunak dan data. Distribusi informasi secara simultan. Komunikasi lebih efisien dari person – person. The Computer Continuum

MAN (Metropolitan Area Network) Chapter 7 MAN (Metropolitan Area Network) Koneksi antara beberapa local area network. Jarak beberapa mile. WAN (Wide Area Network) Koneksi sejumlah komputer dalam jaringan komputer termasuk LAN. Koneksi melalui beberapa jenis konfigurasi jaringan The Computer Continuum

Jarak ( meter ) Type Jaringan 1 Personal Area Network ( PAN ) 10 - 100 Local Area Network ( LAN ) 1000 - 10000 Metropolitan Area Network ( MAN ) 100000 - 1000000 Wide Area Network ( WAN ) > 1000000 Internet

Jenis node penting dalam jaringan Chapter 7 Jenis node penting dalam jaringan Hub Suatu perangkat yang mengulangi atau menyebarkan berkas data dengan metode broadcasts pada jaringan pada node individu dalam bentuk pc Switch Suatu perangkat yang menerima paket data dari koneksi input, melakukan sortir dan melakukan pengiriman kembali melalui jaringan yang ada pada pengalamatan tujuan. Bridge Hubungan antara dua jaringan yang memiliki aturan komunikasi identik Gateway Interkoneksi antara dua jaringan yang berbeda yang memiliki aturan komunikasi yang berbeda. Router Suatu node yang mengirim paket ke jaringan pada satu dari beberapa kemungkinan yang ada untuk alamat tujuan. The Computer Continuum