PROBLEM SOLVING Masalah biasanya disajikan dalam bentu graf

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Course MMS 2901 Departement of Computer Science Gadjah Mada University © Aina Musdholifah & Sri Mulyana.
Advertisements

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)
TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING)
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Searching As’ad Djamalilleil
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Problem Solving Search -- Uninformed Search
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Metode Pencarian/Pelacakan
Pencarian Heuristik.
Pencarian Tanpa Informasi
Hill Climbing Best First Search A*
Problem Space Dr. Kusrini, M.Kom.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 4 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Ruang Keadaan (state space)
Sumber : Slide Materi ITS oleh Prof. Handayani Tjandrasa SEARCHINGSEARCHING.
Pencarian (Searching)
Pertemuan 2 Kecerdasan Buatan
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
Metode Pencarian & Pelacakan
Metode Pencarian/Pelacakan
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
Problem Solving Search -- Informed Search Ref : Artificial Intelligence: A Modern Approach ch. 4 Rabu, 13 Feb 2002.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pencarian Heuristik.
STRATEGI PENCARIAN PERTEMUAN MINGGU KE-4.
Pertemuan 3 Mendefinisikan Masalah dalam Ruang Keadaan
Pencarian Heuristik.
TEKNIK PENCARIAN HEURISTIK
Perbandingan Algoritma Brute Force dan Depth First Search (DFS) dalam Kasus Travelling Salesman Problem (TSP) Ervin Yohannes ( )
Searching (Pencarian)
Teknik Pencarian 1 Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 3.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 9.
Pencarian Buta (Blind Search).
Metode Pencarian dan Pelacakan
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Teknik Pencarian (Searching)
Metode Pencarian/Pelacakan
Metode Pencarian & Pelacakan
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pendekatan Inferensi dalam Sistem Pakar
Bahan Kuliah IF2211 Strategi Algoritma
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
Pendekatan Inferensi dalam Sistem Pakar
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Problem solving by Searching
Search.
As’ad Djamalilleil Searching As’ad Djamalilleil
Artificial Intelegence/ P 3-4
TEKNIK PENCARIAN.
Problem solving by Searching
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Metode Pencarian/Pelacakan
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
Fakultas Ilmu Komputer
Informed (Heuristic) Search
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Tugas Mata Kuliah Kecerdasan Buatan
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 4.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Modul II Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Transcript presentasi:

PROBLEM SOLVING Masalah biasanya disajikan dalam bentu graf Penyelesaian masalah ~ pencarian dalam graf Dua cara penyajian: (1) State space (umumnya graf) (2) graf AND/OR

Masalah “blocks world” Mencari urutan pergerakan robot untuk mengurutkan balok

State space untuk Blocks world Start Goal

State Space State space (ruang masalah) = graf berarah Simpul/Node ~ situasi masalah Panah/Arc ~ aksi, gerakan yang diperbolehkan Masalah = ( State space, Start, Goal condition) Beberapa simpul bisa memenuhi kondisi goal Pemecahan masalah ~ mencari jalur/path Penyelesaian masalah ~ pencarian dalam graf Solusi masalah ~ jalur dari simpul start ke goal

Menyajikan masalah ke dalam state space Contoh masalah: Blocks world planning 8-puzzle 8 queens Travelling salesman dll

8-puzzle

State spaces untuk masalah optimisasi Optimisasi: meminimalkan cost/biaya solusi Contoh pada kasus blocks world, setiap aksi bisa memiliki perbedaan cost Cost terdapat pada panah Cost of solution = cost of solution path

Mekanisme Pencarian Adalas prosedur untuk mengakses basis pengetahuan Setiap teknik representasi pengetahuan berhubungan dengan mekanisme pencarian Rules untuk pencarian pohon merupakan pencarian terhadap jalur yang harus diambil tiap percabangan Semantic networks dicari dengan memelriksa jalur tiap simpul Frames – mencari frame yang relevan, lalu slot yang relevan

Metode Pencarian Uninformed techniques/blind search: systematically search complete graph, unguided Depth-first search Breadth-first search Iterative deepening Informed techniques /heuristic search: Use problem specific information to guide search in promising directions Best-first search Hill climbing, steepest descent Algoritma A* Beam search Algoritma IDA* (Iterative Deepening A*) Algoritma RBFS (Recursive Best First Search)

Arah Pencarian Forward search: dari start ke goal Backward search: dari goal ke start Bidirectional search Dalam sistem pakar: Forward chaining Backward chaining

Depth-first search

Depth-first search, problem of looping

Iterative deepening search

Breadth-first search

Time and space complexity orders

Time and space complexity Breadth-first and iterative deepening solusi terbaik bisa diperoleh Breadth-first: terjadi kompleksitas pada high space Depth-first: terjadi kompleksitas pada low space, tetapi pencarian efektif pada kedalaman solusi Iterative deepening: kinerja bagus baik dalam space apapun