KONSEP TEORITIS AGAMA TENTANG BUDAYA DAN SENI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
“... dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).”
Advertisements

Beberapa Konsep dalam Antropologi Budaya
MASALAH KEBUDAYAAN.
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
Created by : Dewi Mulyasari F, S.Pd NIP
MATERI/BAHAN MATA KULIAH
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA Oleh: ANTON BUDIARTO, S.H., M.H.
KONSEP TEORITIS AGAMA TENTANG BUDAYA DAN SENI
ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
PERBEDAAN PERILAKU MANUSIA DAN HEWAN
ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
KAITAN ANTARA KEBUDAYAAN DAN PENDIDIKAN
SEJARAH, KEBUDAYAAN, IPTEK DAN MASALAH SOSIAL
Pengertian kebudayaan
TEORI ANTROPOLOGI POSITIVISTIK
PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA
MATERI (7) INDIVIDU, KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
1 Manusia dan Kebudayaan Pengertian Perwujudan Kebudayaan
PENGERTIAN KEBUDAYAAN
Kuliah ke-6 Kebudayaan.
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Sosiologi Antropologi Pendidikan
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
Nama Kelompok : 1. IRPAN PANDALA 2. YOGI ZULIANDI 3. MOHAMMAD FARLI 4. DWI SANJAYA 5. RIZAL GUNAWAN 6. MUHAROM HARYANTO 7. ICHSAN MAUALANA.
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
Pengantar Ilmu SOSIAL KEBUDAYAAN PERTEMUAN 5.
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
KONSEP TEKNOLOGI.
MANUSIA & KEBUDAYAAN Psb Aris martiana, m.sI.
Manusia sbg Makhluk BUdaya
MANUSIA KEBUDAYAAN.
Manusia Dan Kebudayaan
ILMU BUDAYA DASAR Yanti Trianita S.I.Kom.
BUDAYA DAN MASYARAKAT.
Kelompok 1 Siti Salamah ( )
Manusia dan Kebudayaan
KEBUDAYAAN.
Komunikasi Lintas Budaya
KEBUDAYAAN Antarin Prasanthi.
Kebudayaan Minggu 4.
Ilmu Sosial Budaya Dasar KEBUDAYAAN, PERADABAN, DAN SISTEM NILAI BUDAYA Oleh: Iswadi, M. Pd Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu.
Melville J Horskovits dan Bronislaw Malinowski
Aspek sosial budaya yang berhubungan dengan kesehatan
Ilmu Sosial Budaya Dasar HAKIKAT MANUSIA
Perkuliahan Minggu 7 Sosiologi Komunikasi
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BERBUDAYA
BAB 5 KEBUDAYAAN.
REFERENSI Herimanto, dkk Elly M setiadi dkk.
Ilmu sosial budaya dasar
Ilmu dan Kebudayaan.
Kebudayaan dan Masyarakat - 1
(IBD) ILMU BUDAYA DASAR Kian Amboro, M.Pd.
TEORI ANTROPOLOGI POSITIVISTIK
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
KONSEP ETIKA DAN ETIKET
1. Latar Belakang Manusia disebut sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan.
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
Matakuliah : O0012 / Pengantar Antropologi Sosial
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
Kebudayaan.
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
4.Rr Rizadian Mayangsari ( )
MANUSIA, KEBUDAYAAN, DAN PERADABAN
IPTEK DAN SENI DALAM ISLAM
Wujud kebudayaan & Unsur kebudayaan
ANTROPOLOGI Afmi Fuad.
BAB 2 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
HUBUNGAN MANUSIA – KEBUDAYAAN
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
KEBUDAYAAN WUJUD DAN UNSUR KEBUDAYAAN
Transcript presentasi:

KONSEP TEORITIS AGAMA TENTANG BUDAYA DAN SENI

MANUSIA KEBUDAYAAN PERADABAN ANIMAL RASIONAL [MAKHLUK BERPIKIR] AL-HAYAWANUN NATHIQ الحيوان الناطق "SIMBOL-SIMBOL" HOMO FABER [MAKHLUK PEKERJA SUBYEK PERADABAN DAN KEBUDAYAAN ا فحسبتم أنما خلقناكم عبثا وأنكم إلينا لا ترجعون MANUSIA إن الله لا يغير ما بقوم حتى يغيروا ما بأنفسهم hubungan SEMUA YG BERASAL DARI HASRAT - GAIRAH YG LEBIH TINGGI - MURNI YG BERADA DI ATAS TUJUAN PRAKTIS DLM HUBUNGAN SOSIAL- MUSIK- AGAMA- FILSAFAT,DLL KEBUDAYAAN MENCAKUP SELURUH ASPEK KEHIDUPAN SOSIAL PENDIDIKAN POLITIK EKONOMI TEKNOLOGI, DLL hubungan PERADABAN

KHALIFAH FIL ARDI MANUSIA KEBUDAYAAN AKAL BUDI KONSEP PRINSIP-PRINSIP MENGUBAH NATURE MENJADI KULTUR CIPTA-RASA-KARSA MANUSIA MAMPU MENCIPTAKAN KEBUDAYAAN MANUSIA HUBUNGAN KEBUDAYAAN KOENTJARANINGRAT : MEMPUNYAI TIGA WUJUD : SEBAGAI SUATU KOMPLEK DARI IDE-IDE, GAGASAN, NILAI-NILAI, NORMA, PERATURAN, DSBG. SUATU KOMPLEKS AKTIVITAS, KELAKUAN BERPOLA BENDA-BENDA HASIL KARYA MANUSIA MANUSIA SBG PENCIPTA SEBAGAI PEMAKAI PEMELIHARA ATAU PERUSAK

KEBUDAYAAN ISLAM ALLAH MANUSIA [KHALIFAH] PIKIR KAJIAN ILMU PERILAKU SPRITUALISME WAHYU INTERAKSI dikembangkan ALAM MANUSIA SEJARAH PIKIR ZIKIR AL-QALB MANUSIA [KHALIFAH] dikembangkan KAJIAN ILMU

KHALIFAH ALLAH DITUNTUT MENCIPTAKAN PIRANTI KEBUDAYAAN ALLAH MEMOTIVASI MANUSIA MEMIKIRKAN: BERBAGAI GEJALA ALAM MERENUNGKAN BERBAGAI CIPTAANNYA MENGGUNAKAN HUKUM ALLAH DI ALAM SEMESTA MANUSIA MENCIPTAKAN PIRANTI KEHIDUPANNYA - KEBUTUHAN ROHANI [ILMU-SENI-BUDAYA-SASTRA] JASMANI-FISIK [SANDANG-PANGAN PERUMAHAN-PERALATAN TEKNOLOGI] SOSIAL [SARANA IBADAH-PENDIDIKAN- PEMBANGUNAN-DLL]

SEBAGAI PENCIPTA PEMAKAI PEMILIHARA - PERUSAK KOENTJARANINGRAT KEBUDAYAAN, MEMPUNYAI 3 WUJUD : SEBAGAI SUATU YG KOMPLEKS DARI IDE-IDE - GAGASAN - NILAI-NILAI NORMA - PERATURAN – DSB KOMPLEKS AKTIVITAS – KEKUATAN BERPOLA DARI MANUSIA DLM MASYARAKAT BENDA-BENDA HASIL KARYA MANUSIA HUBUNGAN MANUSIA – KEBUDAYAAN SEBAGAI PENCIPTA PEMAKAI PEMILIHARA - PERUSAK

KEBUDAYAAN HASIL BUDAYA MANUSIA MANUSIA   MAHLUK HIDUP YG MEMPUNYAI AKAL PIKIRAN YG MEMBEDAKANNYA DGN MAKHLUK LAINNYA KEBUDAYAAN   HASIL BUDAYA MANUSIA HASIL CIPTA – KARSA – DAN RASA MANUSIA YG MENJADI ADAT KEBIASAAN DLM KEHIDUPAN MASYARAKAT KESELURUHAN SISTEM GAGASAN – TINDAKAN – HASIL CIPTA – RASA – KARSA DAN CARA MANUSIA UTKMEMENUHI KEBUTUHAN HIDUPNYA DGN CARA BELAJAR YG SEMUANYA TERSUSUN DLM KEHIDUPAN KESELUHAN AKTIVITAS MANUSIA YG TERKANDUNG PENGETAHUAN DAN KEPERCAYAAN DLM CIPTA – KARSA – RASA GUNA MENGISI KEHIDUPAN BERMASYARAKAT     JASMANI [KEBUDAYAAN FISIK ROHANI [NON-MATERIAL] TDK DIWARISKAN – GENETIK [BIOLOGI] DIPEROLEH MANUSIA SBG ANGGOTA MASYARAKAT

v KERINDUAN MANUSIA UTK MENGINSAFI TTG HAL “SANGKAN CIPTA v        KERINDUAN MANUSIA UTK MENGETAHUI RAHASIA SEGALA HAL YG ADA DLM PENGALAMANNYA – BATIN DAN LAHIR. HASILNYA “BERBAGAI ILMU PENGETAHUAN” KARSA v      KERINDUAN MANUSIA UTK MENGINSAFI TTG HAL “SANGKAN PARAN” – DARI MANA MANUSIA SEBELUM LAHIR = “SANGKAN” KEMANA MANUSIASETELAH MATI = “PARAN” HASILNYA : - NORMA-NORMA KEAGAMAAN - KEPERCAYAAN RASA v      KERINDUAN MANUSIA PADA KEINDAHAN DAN MENIKMATI KEINDAHAN. MENGHASILKAN “BERBAGAI KARYA SENI” KEBUDAYAAN MANUSIA - KELAKUAN DIKUASAI AKALNYA - - BANTUAN PERALATAN SBG HASIL PEKERJAAN AKALNYA - KELAKUAN DIPEROLEH MELALUI BELAJAR - - MEMPUNYAI BAHASA - PENGETAHUAN BERKEMBANG - SISTEM PEMBAGIAN KERJA BERANEKA RAGAM

AHLI Peradaban Koentjaraningrat DeHaan [Antropologi] Sedilot DEFINISI KATA “ADAB” = JAMUAN MAKAN - KESOPANAN – KEHORMATAN - KEHALUSAN – BUDI BAHASA - KEBAIKAN BUDIPEKERTI KEBUDAYAAN - PERADABAN SOAL ISTILAH. ISTILAH “PERADABAN” BIASANYA DIPAKAI UTK UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN YG HALUS DAN INDAH: KESENIAN-ILMU PENGETAHUAN-SOPAN SANTUN DAN SISTEM PERGAULAN ISTILAH “PERADABAN” – DIPAKAI UTK MENYEBUT SUATU “KEBUDAYAAN” YG MEMPUNYAI SISTEM; TEKNOLOGI, SENI BANGUNAN, SENI RUPA, KENEGARAAN, ILMU PENGETAHUAN KESELURUHAN KEHIDUPAN SOSIAL-POLITIK-EKONOMI-TEKNOLOGI DAN SEMUA BIDANG KEHIDUPAN KHASANAH PENGETAHUAN DAN KECAKAPAN TEKNIS YG MENINGKAT DARI ANGKATAN KEANGKATAN DAN SANGGUP BERLANGSUNG TERUS

KESOPANAN-AKHLAK-TATA KRAMA – JUGA SASTRA YG DIATUR SESUAI AHLI DEFINISI Peradaban Islam GLASSER[1996] AL-ROZI PERADABAN ISLAM KESOPANAN-AKHLAK-TATA KRAMA – JUGA SASTRA YG DIATUR SESUAI SYARIAT ISLAM SEJAUHMANA MEMBINA HUBUNGAN SOSIAL MENURUT SUNNAH NABI ANTARA SESAMA MANUSIA BERDASARKAN KEPENTINGAN ALLAH BAGIAN-BAGIAN DARI KEBUDAYAAN ISLAM, MELIPUTI ASPEK MORAL – KESENIAN - ILMU PENGETAHUAN – SERTA KEBUDAYAAN YG MEMPUNYAI SISTEM TEKNOLOGI – SENI BANGUNAN – SENI RUPA – SISTEM KENEGARAAN – DAN ILMU PENGETAHUAN

Definisi Seni Seni (Latin= Ars): mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, mewujudkan kemampuan serta imajinasi penciptaan (benda, suasana atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah), mewujudkan salah satu dari sejumlah pengekspresian yang dikategorikan oleh manfaat yang ditimbulkan atau bentuk yang dihasilkan.

Beberapa pendapat tentang pengertian seni: Ensiklopedia Indonesia : Seni adalah penciptaan benda atau segala hal yang karena keindahan bentuknya, orang senang melihat dan mendengar Aristoteles : seni adalah kemampuan membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu

Klasifikasi Seni Seni secara keseluruhan terbagi menjadi: seni murni: seni yang lebih merujuk kepada estetika/keindahan semata, digunakan dengan suatu cara khusus untuk berbagai aktifitas, seperti; melukis, aransemen musik, membuat sajak, dst. Seni budaya: berkenaan dengan keahlian untuk menghasilkan sesuatu dalam bentuk tulisan, percakapan, dan benda bermanfaat yang indah. Perpaduan estetika dengan kegunaan berfaedah, seperti: benda-benda dari tembikar, hasil kerajinan logam, arsitektur, rancang iklan, dst.

NEXT . . . Ki Hajar Dewantara : seni adalah indah, menurutnya seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dan hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia lainnya Akhdiat K. Mihardja : seni adalah kegiatan manusia yang merefleksikan kenyataan dalam sesuatu karya, yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani si penerimanya Erich Kahler : seni adalah suatu kegiatan manusia yang menjelajahi, menciptakan realitas itu dengan symbol atau kiasan tentang keutuhan “dunia kecil” yang mencerminkan “dunia besar”

Apa Seni Budaya Islam itu? Ekspresi tentang keindahan wujud dari sisi pandangan Islam tentang alam, hidup dan manusia yang mengantar menuju pertemuan sempurna antara kebenaran dan keindahan (sesuai cetusan fitrah) –(M. Quraish Shihab) Seni Budaya Islam adalah keahlian mengekspresikan ide dan pemikiran estetika dalam penciptaan benda, suasana atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah dengan berdasar dan merujuk pada al-Qur`an dan Hadits (Seyyed Hossein Nasr).

DEFINISI BUDAYA Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kebudayaan adalah sebuah sistem yang terdiri atas ide-ide, gagasan, kelakuan sosial dan benda- benda kebudayaan.

EMPAT CIRI KEBUDAYAAN Kebudayaan didasarkan atas simbol Kebudayaan bukan pewarisan biologis Kebudayaan merupakan representasi kolektif Kebudayaan cenderung terintegrasi

Sistem Mata Pencaharian Sistem peralatan hidup Kesenian Sistem Realigi Sistem Mata Pencaharian Sistem peralatan hidup Organisasi Sosial Sistem Pengetahuan Bahasa 7 UNSUR KEBUDAYAAN

Faktor-faktor yang menimbulkan kebudayaan : Faktor geografis (letak daerah dan lingkungan) misal : orang yang tinggal di daerah pantai mempunyai keahlian dalam pelayaran. Faktor bangsa adanya perbedaan bangsa maka berbeda pula atas cara, watak, pembawaan dan adat istiadat Faktor agama misal : agama Islam dengan adanya masjid atau mushola, pesantren

KOMPONEN Berdasarkan wujudnya tersebut, kebudayaan dapat digolongkan atas dua komponen utama: Kebudayaan material Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata, konkret. Termasuk dalam kebudayaan material ini adalah temuan-temuan yang dihasilkan dari suatu penggalian arkeologi: mangkuk tanah liat, perhiasan, senjata Kebudayaan material juga mencakup barang-barang, seperti: Televisi pesawat terbang stadion olahraga Pakaian gedung pencakar langit. Kebudayaan nonmaterial Kebudayaan nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi. berupa dongeng, cerita rakyat, dan lagu atau tarian tradisional.

Secara teoritis, manusia muslim memiliki tiga kemampuan dasar untuk mengembangkan kebudayaan. Pertama : rasa/imajinasi untuk mengembangkan estetika, kagum, terharu, sehingga berperasaan tajam dan berdaya cipta. Kedua : fikiran. Yaitu rasio untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketiga :iman (ucapan dan perbuatan) terhadap Islam. (Pemikiran A.Sadali dari Al-Qur’an Surat Ali Imran : 190-191).

CEKAP SEMANTEN MATUR NUWUN