METODE SUSSI
Method adalah implementasi dari bagaimana bekerjanya sebuah class Method melakukan: Manipulasi data Perhitungan matematika Memonitor kejadian dari suatu event
karakteristik dari method Dapat mengembalikan satu nilai atau tidak sama sekali Dapat diterima beberapa parameter yang dibutuhkan atau tidak ada paramater sama sekali. Parameter bisa juga disebut sebagai argumen fungsi. Setelah method telah selasai dieksekusi, method akan kembali pada method yang memanggilnya
<modifier> <returntype> <name> ( <parameter> <modifier> <returntype> <name> ( <parameter>* ) {<statement>* }
Proferty dan Method Modifier
Method Tipe adalah tipe data yang akan dikembalikan oleh method : void method yang tidak mengembalikan nilai, non void method yang mengembalikan nilai, Apabila method yang kita buat ditujukan untuk mengembalikan suatu nilai tertentu, maka di dalam method tersebut harus terdapat statemen return : return nilai;
Enkapsulasi (encapsulation) konsep menyembunyikan implementasi detail sebuah kelas dan memperbolehkan pengaksesan ke kelas tersebut melalui data field dan metoda yang mempunyai modifier public.
Accesor dan Mutator get untuk mengembalikan nilai data field getter atau accessor set untuk memodifikasi nilai data field setter atau mutator Karena data field dideklarasikan dengan modifier private, maka metode get merupakan satu-satunya cara untuk mengakses nilai data field dan metode set merupakan satu-satunya cara untuk memodifikasi nilai data field
public tipe-nilai-dikembalikan getDataField(); public double getPanjang(); public double getLebar(); public boolean isDataField();
public void setDataField(tipe-data nilai-DataField); public void setPanjang(double nilaiPanjang); public void setLebar(double nilaiLebar);
Latihan 1 Buat class Handphone yang berisi empat method: hidupkan() lakukanPanggilan() kirimSMS() matikan() Isi masing-masing method dengan tampilan status menggunakan System.out.println() Buat class HandphoneBeraksi, dan panggil method-method diatas dalam class tersebut
Latihan 1: Hasil Tampilan Handphone hidup … Kring, kring, kring … panggilan dilakukan Dung, dung … sms berhasil terkirim Handphone mati …
Latihan 2 Buatlah program dengan menggunakan accesor mutator.