Proses Perancangan Komputer Grafis Muhamad Riska B
Proses Perancangan Secara Umum 1 Mencari Informasi Kebutuhan Target, Kriteria, Media, Selera, Studi Banding 2 Membuat Kerangka Kerja Tujuan Spesifik, Jenis Media, Ukuran Media, Batasan Konten, Waktu, Biaya 3 Mencari Ide Kreatif Tema, Slogan, Sketsa Ide, Jalan-jalan 4 Olah Data Koleksi Data, Image, Organisasi 5 Visualisasi Layout, Prototype 6 Prodiksi
Mencari Informasi Kebutuhan Apa kebutuhan klien? Siapa audiens yang akan meilhat? Berapa banyak jenis? Kapan batas waktu? Bagaimana desain yang dibuat sebelumnya
Mencari Informasi Kebutuhan A. Geografi B. Segmentasi Demografi C. Segmentasi Psikografi D. Segmentasi Perilaku
Diskusi kelompok kecil Identifikasi hal-hal/informasi yang perlu dipertimbangkan dalam ke empat segmen tersebut. Bekerjalah secara berkelompok dan diskusikan. Paparkan didepan kelas dan salig sharing antar teman anda.
Membuat Kerangka Kerja Pada tahap ini semua pembicaraan dalam pengumpulan informasi disusun secara tertulis dan formal. Diproses ini anda dapat mengembangkan garis besar isi dan tujuan proyek.
Mencari Ide Kreatif Tahap ini merupakan nilai jual utama. Kadang kita menasehati orang agar lebih kreatif tapi yang dinasehati akan bingung, seperti apa mahluk kreatif itu? Jalan-jalan/Survey/Sudi Banding Cara terbaik untuk kreatif dengan banyak mencari tahu tentang karya dan ide-ide yang usdah ada.
Mencari Ide Kreatif Brainstorming/Tukar Pikiran Membaca Buku Salah satu untuk mendapatkan ide kreatif dengan mengobrol santai dengan tim, klient atau teman dekat. Karena kita tidak tahu siapa yang akan memberikan ide. Membaca Buku Buku ada sumber ilmu yang dipakai dari dulu sampai sekarang Doodle/Menggambar Sketsa Untuk mendapatkan ide, cara lain yaitu dengan curat-coret/doodle sesuka anda. (Presentasi dengan klient, desain beberapa versi dan revisi)
Olah Data Data Berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilah dan seleksi. Apakah data itu penting atau tidak penting untuk ditampilkan. Data bias berupa data informatif atau data estetis. Data informative bias berupa foto atau teks dan judul. Data estetis bias berupa bingkai, gambar, ornament, beckground, efek,atau bidang.
Visualisasi Pemilihan Warna Layout Alternatif dan Revisi Finishing Menentukan warna salah satu hal terpenting dalam desain. Informasi tentang warna yang cocok untuk sebuah desain dari analisa dan strategi yang sudah anda dapatkan. Segmen Usia, Tentukan Background, dan mengambil warna dari warna dominan. Layout Layout adalah usaha untuk menyusun, menata unsur grafis(teks dan gambar) menjadi media komunikatif yang efektif. Alternatif dan Revisi Perlu adanya alternative dan revisi dalam desain anda. Finishing
Produksi Produksi memang menjadi hal yang bias jadi terpisah dari desain, karena yang mengerjakannya bukan desainer melainkan operator mesin, tukang cetak, tukang sablon, dll. Kalau dalam bentuk elektronik yaitu mempublish ke Internet.