10 Prinsip desain multimedia pembelajaran

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI)
OTOMASI PERPUSTAKAAN & MULTIMEDIA
Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
Pengantar Multimedia tidak lain adalah pengolahan dan penyajian informasi secara lebih terstruktur dan mudah dipahami menggunakan lebih dari satu media.
Seminar & Workshop: Pembelajaran Berbasis Multimedia
P ENGANTAR M ULTIMEDIA ASEP DEDEN RAHMAT S., ST..
Materi 5 - Komputer Multimedia
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
PERKEMBANGAN TIK Di susun oleh : Arif Rakhman Hakim A Danang Hari Setiawan A
TIPS Presentasi dengan Power Point
Pemanfaatan teknologi informasi dalam pengembangan media pembelajaran.
PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER Triyanna Widiyaningtyas, S.T, M.T 2010.
Konsep Dasar Multimedia
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Pendekatan dan Prinsip Multimedia Pembelajaran
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
TIPS Membuat Media Presentasi dengan MS PowerPoint
Pengantar Multimedia Nurochman.
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
Himawat Aryadita S.T., M.Sc.
DR. Gusti Kahar Resume Hasil Diklat Metodologi Pembelajaran Pusdiklat Administrasi
Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis ICT
Storyboard.
Produksi Konten Multimedia
Memahami etimologi multimedia
Interaksi Manusia dan Komputer
MULTIMEDIA PERTEMUAN 10 KHAOLA RACHMA ADZIMA PGSD FKIP.
Pembelajaran Online Koesnandar.
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
TEMU BALIK INFORMASI MULTIMEDIA
TOOLBOOK II INSTRUCTOR
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
TIPS Membuat Media Presentasi dengan MS Power Point
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
Pengenalan multimedia
Komponen E-Learning
Sistem Multimedia Pertemuan ke-2.
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
APLIKASI MODUL MATA KULIAH KOMUNIKASI DATA DALAM Agus Dwi Putra
1. Menurut cognitive theory of multimedia learning bahwa ada tiga asumsi utama yang dijadikan acuan dalam merancang suatu multimedia pembelajaran. Jelaskan.
Interaksi Manusia dan Komputer
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
APLIKASI Rosita Vollyana,
PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK IKLAN PERUMAHAN Eka Budi Saptarini
APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK ANAK - ANAK PLAYGROUP Sandy Marino ( )
Memahami etimologi multimedia
Nama for further detail, please visit
Pertanyaan: Seberapa Jauh multimedia Interaktif yang dilakukan dalam pembelajaran (langsung/tidak langsung) (Ghoza) Pak Sidik Ariya Bagaimanakah peranan.
By : ijaa.wordpress.com.
Desain Multimedia Pembelajaran
Memahami Etimologi Multimedia
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
desain multimedia dasar
Pemanfaatan Prangkat lunak Presentasi
PENGEMBANGAN MEDIA ICT
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI PADANG
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
UNIVERSITAS SERANG RAYA
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
Memahami etimologi multimedia
Pengantarmukaan Periferal Komputer
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
PI. Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Aplikasi 7 Keajaiban Dunia dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 for further.
PPG DALAM JABATAN Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF STORYBOARD.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

10 Prinsip desain multimedia pembelajaran Tulisan ini diadaptasi dari Mayer, Richard E. (2001), “Multimedia Learning”, New York: Cambridge University Press.

internet = interconnected-networking #1 #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9 #10 Prinsip Multimedia “Orang belajar lebih baik dari gambar dan kata dari pada sekedar kata-kata saja” internet (interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. internet = interconnected-networking

#1 #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9 #10 Prinsip Kesinambungan Spasial “orang belajar lebih baik ketika kata dan gambar terkait disandingkan berdekatan dibandingkan apabila disandingkan berjauhan atau terpisah.” Sumber gambar dari http://pembelakebetulan.files.wordpress.com/2009/03/monyet_juga_hobi_internetan.jpg ERA DIGITAL ERA DIGITAL

#1 #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9 #10 Prinsip Kesinambungan Waktu “orang belajar lebih baik ketika kata dan gambar terkait disajikan secara simultan dibandingkan apabila disajikan bergantian atau setelahnya.” Sumber gambar dari http://pembelakebetulan.files.wordpress.com/2009/03/monyet_juga_hobi_internetan.jpg ERA DIGITAL ERA DIGITAL

#1 #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9 #10 Prinsip Koherensi “orang belajar lebih baik ketika kata-kata, gambar, suara, video, animasi yang tidak perlu dan tidak relevan tidak digunakan.” Sumber gambar dari http://pembelakebetulan.files.wordpress.com/2009/03/monyet_juga_hobi_internetan.jpg ERA DIGITAL ERA DIGITAL

#1 #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9 #10 Prinsip Modalitas “orang belajar lebih baik dari animasi dan narasi termasuk video), daripada dari animasi plus teks pada layar.”

Cara Kerja Otak Manusia #1 #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9 #10 Prinsip Redudansi “orang belajar lebih baik dari animasi dan narasi termasuk video), daripada dari animasi, narasi plus teks pada layar (redundan).” Otak adalah jaringan yang sanagt lunak terdiri dari beberapa bagian. Otak frontal, otak limbik, ….. Cara Kerja Otak Manusia

#1 #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9 #10 Prinsip Personalisasi “orang belajar lebih baik dari teks atau kata-kata yang bersifat komunikatif (conversational) daripada kalimat yang lebih bersifat formal.” Pernahkan Anda berkorban? Setiap usaha untuk mencapai sesuatu adalah pengorbanan. Setiap pengorbanan dihargai dengan satuan yang dinamakan uang. Maka setiap pengorbanan yang kita beirkan, itulah yang disebut dengan biaya. Biaya adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk proses produksi yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi.

#1 #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9 #10 Prinsip Interaktifitas “orang belajar lebih baik ketika ia dapat mengendalikan sendiri apa yang sedang dipelajarinya (manipulatif: simulasi, game, branching).” KURANG INTERAKTIF LEBIH INTERAKTIF

#1 #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9 #10 Prinsip Sinyal : cue – highlight – penekanan “orang belajar lebih baik ketika kata-kata, diikuti dengan cue, highlight, penekanan yang relevan terhadap apa yang disajikan.” Prinsip Signal: orang belajar lebih baik ketika kata-kata, diikuti dengan cue, highlight, penekanan yang relevan terhadap apa yang disajikan. Prinsip Interaktifitas; orang akan belajar lebih baik …… Prinsip Signal: orang belajar lebih baik ketika kata-kata, diikuti dengan cue, highlight, penekanan yang relevan terhadap apa yang disajikan. Prinsip Interaktifitas; orang akan belajar lebih baik ……

Prinsip Perbedaan Individual #1 #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9 #10 Prinsip Perbedaan Individual 9 prinsip tersebut berpengaruh kuat bagi mereka yang memiliki modalitas visual tinggi, kurang berpengaruh bagi yang sebaliknya. kombinasi teks dan narasi plus visual berpengaruh kuat bagi mereka yang memiliki modalitas auditori tinggi, kurang berpengaruh bagi yang sebaliknya. kombinasi teks, visual dan simulasi berpengaruh kuat bagi mereka yang memiliki modalitas kinestetik tinggi, kurang berpengaruh bagi yang sebaliknya. Kesimpulan: Gunakan multimedia (kombinasi antara teks, gambar, grafik, audio/narasi, animasi, simulasi, video) secara efektif untuk mengakomodir perbedaan modalitas belajar!

Terima kasih Tulisan ini diadaptasi dari Mayer, Richard E. (2001), “Multimedia Learning”, New York: Cambridge University Press.