TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIDKAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Advertisements

PPB Media Pembelajaran & Pengelolaan Sumber Daya
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Multimedia dan Hypermedia
Selamat Datang pada sesi ini
JENIS DAN KARAKTERISTIK
WELCOME TO MYPRESENTATION
SELAMAT DATANG DI PRESENTASI HJ.RENIH WIARSIH
Dra. Istiyati Catharina, M.Pd.
ANAK KELAS 6 SD DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3
Komputer untuk Pendidikan
DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN Suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran.
Simulasi Digital Kelas Maya.
JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN
Media Pembelajaran Matematika
MOODLE DI LINUX. PEMBUATAN E - LEARNING BIOLOGI SMA KELAS 1 MENGGUNAKAN for further detail, please visit
Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni
COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW
E-LEARNING.
E-Learning by : AIRA 2009.
Oleh : DAPIT MELIJANA NIM :
Distance Learning.
Oleh: Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 4
Nama : Deon Opisar H. NIM : Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan.
“Aplikasi E-Learning Fisika untuk Siswa SMA dengan Menggunakan Moodle “ Seno Andriansyah for further detail, please visit
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
Matematika Word Media Pembelajaran Tujuan Materi Refrensi Profil
Akhris Fuadatis Sholikhah (136792)
COMPUTER BASED INSTRUCTION
Pengantar Media Pendidikan
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi
Kelompok 11 Amrullah Nur Lathif Hadi Miftahul Huda Dian Astri Narita
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
1.
MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO DAN VISUAL
Kelompok: Fajar ramadhan Iin kusrinta Lidia kustiana
Blended Learning Versus E-Learning
Pentingnya Pengembangan Media Kesehatan
E-Learning dan Strategi Implementasinya
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PERANCANGAN WEBSITE E-LEARNING DAN FORUM ONLINE UNTUK Erpan Tua Tamba,
PEMBUATAN WEBSITE E-LEARNING IPA & IPS UNTUK TINGKAT
MODELING STUDENTS' INTENTION TO ADOPT E-LEARNING: A CASE FROM EGYPT
Upaya Mengomunikasikan Gagasan dan Konsep Melalui Presentasi Digital
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
Selamat datang pada sesi ini
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
Media Pembelajaran.
PENGEMBANGAN WEBSITE E-LEARNING PEMBELAJARAN BIOLOGI Sary Suryadewi
Oleh: Chloe Tabitha Mutiara S X IIS 2/11
Condong Cibeureum Kota Tasikmalaya
SUMBER BELAJAR.
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
& Pengelolaan Sumber Daya
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
OLEH : SHENI TRESNANING AYU NIM
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Warahmatullahi Wabarakatuh
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
Simulasi Digital Upaya Mengomunikasikan Gagasan dan Konsep Melalui Presentasi Digital.
Pembuatan Website “ Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak” dengan menggunakan Saptari, for further detail, please visit
LATIHAN MEMBUAT PRESENTASI SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL Nama : Dani Cahaya Romadoni Kelas : X AGTER 1 Sekolah : SMK N 1 KALIBAGOR.
MEDIA DISPLAY DAN REALIA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BY : LENNI KHOTIMAH HARAHAP MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2017.
Free Powerpoint Templates Page 1 Free Powerpoint Templates Simulasi Komputer dan Digital (SIMKOMDIG) by Mr. Anggun Efiyanto, S.Kom. SMK BHUMI PHALA PARAKAN.
Kelompok 5 Hasri Novidawati Purba Kristin Nanda Sitorus Marisa Monika Artauli Nainggolan.
Peran Teknologi Menurut Smaldino, S. E., dkk (2015: 7-11) bahwa kegiatan pembelajaran di era digital dapat dilakukan di dalam atau di luar kelas, dimana.
Transcript presentasi:

TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIDKAN Kelompok : ADE SITI NUR ZAINAB (PEMATERI) E1E1 16 0.. SHASY APRILIA (PENJAWAB PERTANYAAN) FISKAR YULIAN (PEMBUAT MATERI AND SLIDE) E1E1 16 010

Teknologi Dalam Bidang Pendidikan Teknologi Untuk Bidang Pembelajaran dan Pendidikan – Di zaman yang modern ini teknologi semakin hari semakin canggih dan bisa dikatakan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia.

Berikut beberapa contoh aplikasi di bidang Pendidikan : Pendidikan beberapa tahun terakhir di Indonesia sudah menggunakan beberapa teknologi yang cukup canggih dan mendukung seperti penggunaan proyektor untuk presentasi, penggunaan komputer dan gadget untuk akses pelajaran, dan juga internet untuk pencarian informasi yang secara spesifik diarahkan untuk pendidikan. Berikut beberapa contoh aplikasi di bidang Pendidikan :

1. VR / Virtual Reality / Realitas Maya Untuk Pembelajaran Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi

Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik. VR adalah teknologi yang sedang ramai-ramainya di tahun 2016 ini, dimanfaatkan dalam berbagai hal termasuk untuk gaming (yang paling populer) dan pendidikan.

Jika digunakan dalam pembelajaran, dengan VR siswa bisa melihat secara langsung lebih jelas tentang pelajaran yang sedang dibahas. Sebagai contoh, untuk materi mengenai perubahan cuaca bisa didemonstrasikan langsung dan dilihat menggunakan VR. Selain lebih jelas, metode ini juga akan lebih menarik minat siswa.

2. 3D Printing Untuk Merealisasikan dan “Mencetak” Ide Siswa 3D Printing adalah proses membuat objek fisik tiga dimensi berdasarkan gambaran dari sebuah file digital. Sama dengan printing biasanya, namun objek yang dihasilkan berwujud 3 dimensi. Dengan menggunakan teknologi 3D Printing, siswa bisa “membawa” bentuk fisik dari ide mereka yang sebelumnya hanya bisa mereka bayangkan berdasarkan informasi di buku atau file digital.

Dengan melihat bentuk fisik ide mereka, siswa akan bisa lebih mengerti Dengan melihat bentuk fisik ide mereka, siswa akan bisa lebih mengerti. Pembelajaran bisa berlangsung lebih menyenangkan dan juga jelas.

3.E-LEARNING Salah satu contoh penerapan Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan yaitu e-learning. E-learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses dimana saja.

MANFAAT E-LEARNING Tidak lagi tergantung pada ruang dan waktu. Artinya tidak ada halangan berarti untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar lintas daerah, bahkan lintas negara misalnya melalui e-learning. 1 2 Dengan adanya e-learning, pengajar dan siswa tidak lagi selalu harus bertatap muka dalam ruang kelas pada waktu bersamaan. Tidak memerlukan biaya mahal. Seorang pelajar di daerah dapat belajar langsung dari pakarnya di pusat melalui fasilitas internet chatting atau mengakomodir suara dan bahkan gambar realtime. 3

MANFAAT E-LEARNING Sekolah-sekolah dapat dengan mudah melakukan kerjasama yang saling menguntungkan.  Sekolah yang lebih maju dapat membantu sekolah yang belum maju sehingga dapat diupayakan adanya pemerataan mutu pendidikan. 4 5 Ketersediaan informasi yang melimpah dari sumber-sumber di seluruh dunia. Dengan menggunakan internet sebagai media pembelajaran akan didapatkan sumber informasi untuk pengayaan materi yang jumlahnya sangat tak terbatas.

Dari pembahasan kami diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan sangat penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.

Sumber materi (https://staff.blog.ui.ac.id/harrybs/2009/04/21/teknologi-informasi-dalam-bidang-pendidikan/)

“TERIMA KASIH”