Introduction to Human Computer Interaction Lecture 1 Introduction to Human Computer Interaction
Syllabus Introduction to HCI Users User Interface Design Human-Computer Dialogue Interaction Devices and Input-Output Interaction Design Support Prototyping Evaluation Usability Concept Web Usability E-Commerce Site Design Information Search and Visualization Multimedia Interface Design Groupware and CSCW
Referensi Preece, J. et-al. 1994, Human-Computer Interaction, Addison-Wesley, Wokingham Dix, A, Finlay, J., Abowd, G. & Beale, R. 2004, Human-Computer Interaction, 3rd ed., Prentice Hall, New York
Latar Belakang HCI Tahun 1950/60 an Tahun 1990/2000 an Harga komputer & kelengkapannya sangat mahal Komputer hanya dioperasikan oleh orang yang berkeahlian Tahun 1990/2000 an Harga komputer & kelengkapannya cukup murah (terjangkau) Komputer dioperasikan oleh semua kalangan
Karena Perkembangan itu, maka: Sangat diperlukan suatu interface dari komputer yang intuitive (mudah ditebak) dan jelas sehingga bisa dipakai oleh segala jenis user. Kenyataannya: banyak sistem komputer yang desainnya kurang memenuhi syarat tersebut, dimana interfacenya rumit, tidak standart, kurang efisien, dan lain- lain. Tantangan: Harus mengikuti perkembangan teknologi komputer dan meningkatkan desain interface dari sistem komputer sehingga bisa memaksimalkan fungsinya bagi user.
HCI Visibility Affordance Ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan sistem yang berbasis komputer 2 prinsip HCI (Norman 1988, 1992): Visibility Affordance
Visibility…………………………..(1) Visibility: ada pemetaan yang baik antara kontrol dan efeknya. Orientasi pada pengoperasian, misalnya 1 tombol digunakan untuk satu fungsi. Handphone, visibilitynya kurang baik karena 1 tombol dipakai untuk banyak fungsi.
Visibility…………………………..(2) Apa yang bisa kita lakukan dengan tombol- tombol ini? Misalkan tombol ini adalah tombol yang ada di dalam lift. Tombol mana yang akan kita tekan apabila kita akan menuju ke lantai 6?
Visibility………………………………..(3) Dengan warna atau gambar yang ada di samping konektor, kita akan dengan mudah menebak apa fungsi konektor (satu untuk disambungkan ke keyboard dan satu untuk disambungkan ke mouse)
Affordance……………………..(1) Affordance: pemilihan komponen yang tepat dengan fungsinya. Orientasi pada hasilnya, supaya user tahu apa yang harus dilakukan. Misal, pembedaan warna untuk text yang bisa di klik.
Affordance……………………..(2) Apa yang ada dalam pikiran kita saat melihat benda-benda ini?
Affordance……………………..(3) Apa yang kita lakukan?
Mana yang lebih baik?
Sejarah HCI 1970 an: User Interface, atau Man- Machine Interface (MMI) Aspek-aspek dari sistem yang bisa menghubungkan mesin dan manusia. Mobil : stir, rem, gas, dan sebagainya Video player: tombol play, stop, dan sebagainya 1990 an : HCI, dengan fokus yang lebih luas Bukan hanya user interface, tapi juga aplikasi, evaluasi, relasi terhadap interaksi manusia dan komputer
Tantangan HCI Harus dapat mengikuti perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi menyebabkan adanya perbedaan kebutuhan dan keahlian. Misal, dulu pesawat telpon hanya bisa untuk dial dan terima panggilan saja, tapi sekarang bisa untuk telekonference, sms, dan sebagainya. Dengan demikian perlu desain pesawat yang sesuai dengan fungsinya. Mempertahankan agar kualitas tetap baik.
Tujuan HCI Meningkatkan usability ( terutama) Meningkatkan produktifitas Misal, dulu 10 report/hari dan sekarang bisa 15 report/hari Meningkatkan keamanan, menjaga kesehatan dan keselamatan user Misal, kebocoran nuklir, listrik mati 1 kota Mengurangi biaya Mudah dipelajari dan dipakai
Untuk Mencapai Tujuan HCI Harus : Mengerti faktor-faktor yang mempengaruhi HCI Mengetahui Teknik dan perkembangan tools Memikirkan keamanan, keefektifan dan keefisienan
HCI diperlukan untuk: Meningkatkan performansi Contoh: Retrieving Information Jumlah waktu yang dibutuhkan adalah: Waktu untuk memformulasikan pencarian Waktu untuk sistem mencari dan menampilkan informasi tersebut Waktu bagi user untuk mengintepretasikan apa yang ditampilkan Dapatkah total waktu tersebut lebih dipersingkat???
Dalam memperlajari HCI, perlu: Mempelajari manusia dan keterbatasannya Mempelajari dialog box Mempelajari evaluasi: apakah desain sudah memenuhi syarat?
Ruang Lingkup HCI Konsep HCI: Desain interface: Topik lanjutan: Human, computer, interaction Desain interface: Usability, proses desain, pemodelan, dialog, teknik evaluasi, dan sebagainya Topik lanjutan: Groupware, CSCW, multimedia
Human Individual user. Sekelompok user yang bekerja dalam suatu team. Sekelompok user dalam suatu organisasi yang saling berkaitan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.
Computer Berbagai jenis komputer mulai dari desktop sampai large scale computer system. Sistem untuk mengontrol suatu proses Embedded system Bagian non-komputer, termasuk orang lain.
Interaction Komunikasi apapun antara seorang user dan komputer. Direct: dialog dengan feedback dan kontrol dalam suatu task. Indirect: background/batch processing
Konsep HCI meningkatkan kualitas interaksi manusia dan komputer. Untuk itu perlu pengetahuan : Tujuan manusia Kemampuan & keterbatasan manusia Kemampuan & keterbatasan komputer Mengerti lingkungan user sosial
Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam HCI User ( terutama) Organizational Environment Health and Safety Comfort User Interface Task Constrains System Functionality Productivity
USER INTERFACE TASK FACTORS ORGANIZATIONAL FACTORS Training, deskripsi pekerjaan, aturan yang berlaku ENVIRONMENT FACTORS Suara, suhu udara, ventilasi dan pencahayaan HEALTH AND SAFETY FACTORS Depresi, sakit kepala Proses cognitive & kemampuan THE USER Motivasi, kepuasan, kemampuan, kepribadian dan level COMFORT FACTORS Tempat duduk, tata letak USER INTERFACE Input devices, output displays, dialogue structures, use of colour, icons, commands, graphics, natural language, 3-D, user support materials, multimedia TASK FACTORS Pengalokasian tugas, pelaksanaan, dan pengawasan proses pengerjaan Monitoring, skills, components CONSTRAINTS Biaya, staff, jadwal penyelesaian, peralatan, struktur bangunan SYSTEM FUNCTIONALITY Perangkat keras, perangkat lunak dan aplikasi PRODUCTIVITY FACTORS Meningkatkan output, kualitas, mengurangi biaya kesalahan Mengurangi peralatan, mengurangi waktu pengerjaan Meningkatkan kreatifitas dan inovasi untuk menghasilkan produk baru yang lebih berkualitas
Disiplin ilmu yang mendukung HCI Computer Science Psychology Software Engineering Ergonomics Cognitive Science Artificial Intelligence Social Science
Mendesain HCI Berorientasi pada user (melibatkan user saat desain) Mengintegrasi pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu Highly Iterative (setelah mendesain, lakukan testing, lalu redesain hingga benar-benar memenuhi kebutuhan user)
Diskusi Carilah 5 alat/komponen dalam suatu aplikasi dalam kegiatan anda sehari-hari Analisalah tentang kegunaan dari alat- alat/komponen tersebut Adakah yang visibility nya rendah? Atau tinggi? Apakah pemilihan komponennya sudah tepat?
Bacaan Preece, chapter 1, 2