Konsep Object Oriented SI _ Semester III …
Konsep Objek Oriented Object-Oriented Programming (OOP) merupakan suatu paradigma pemrograman yang termasuk ke dalam kategori pemrograman imperatif. Pemrograman imperatif sendiri adalah suatu paradigma pemrograman yang mendeskripsikan program sebagai suatu urutan atau alur langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memecahkan suatu masalah
Konsep Objek Oriented Pemograman yang disusun dan dipahami oleh ilmuwan yang memandang dunia sebagai objek. Program yang Berorientasi Objek akan terdiri dari objek-objek. Objek-objek ini seringkali merepresentasikan apa yang ada di dunia nyata.
Konsep Objek Oriented Ide dasar konsep OO adalah kombinasi data dan fungsi untuk mengakses data menjadi sebuah unit kesatuan. Unit tersebut dikenal dengan nama object. Dalam OOP object sebenarnya adalah anggota dari kelas ( class ) Dengan kata lain kelas adalah kumpulan dari beberapa objek yang sama. Object mencerminkan pola kerja manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Konsep Objek Oriented Contoh : Object : Depertemen dalam perusahan : Penjualan personalia dll Fungsi Anggota Data Penjualan Personalia Seandainya anda seorang GM di sebuah perusahan Membutuhkan data personalia … Apakah anda harus datang ke bagian personalia secara Langsung untuk mengecek datanya ???? Tidak, anda cukup mengutus sekertaris untuk menyiapkan datanya. Setiap Data memiliki fungsi keanggotaan untuk mempermudah Proses akses data tersebut.
Konsep Objek Oriented Pada bahasa pemograman yang berorientasi object , data yang melekat dalam suatu objek disebut variabel instans. Pada C++ istilah yang digunakan adalah data atau anggota data. Adapun fungsi yang melekat pada anggota disebut fungsi anggota.
Ilustrasi Cara Bekerja Konsep Object Oriented Sebelum seseorang mengendarai mobil, tentu Anda harus membuat mobil tersebut terlebih dahulu. Di pabrik mobil
Bagaimana cara membuat mobil ? Langkah 1 : Menggambar desain mobil. Langkah 2 : Menambahkan detail mobil tersebut, misal : Desain pedal gas untuk maju Desain rem untuk berhenti Desain setir untuk belok kiri/kanan, dll. Langkah 3 : Proses pembuatan mobil dimulai.
Bagaimana pedal gas bekerja ? Apa yang sebenarnya terjadi di dalam mesin pada saat pedal gas diinjak? Apakah Anda sebagai pengendara perlu tahu, bagaimana cara kerja detail dari pedal gas? Tentu tidak. Yang perlu Anda ketahui hanyalah bahwa kalau pedal gas diinjak akan mempercepat laju mobil! Artinya, detail dan cara kerja pedal disembunyikan dari penggunanya. Anda cukup tahu aturan dan fungsinya saja: Injak pedal gas bagian tengah maka mobil akan melaju
Desain Mobil Objek Mobil Jadi kesimpulannya, sebelum Anda membuat objek mobil, seseorang harus merancang terlebih dahulu. Di dalam rancangan tersebut, semua detail cara kerja mobil disembunyikan dari para penggunanya kelak. Setelah desain mobil dibuat, maka kita dapat mulai membuat berbagai objek mobil yang diinginkan.
Hubungan Ilustrasi Dengan Konsep OO Sama halnya dengan penyembunyian detail PEDAL pada sebuah MOBIL, di OOP kita menyembunyikan detail pemrograman di dalam sebuah METHOD (FUNGSI) METHOD-METHOD ini dibuat dan disimpan bersama-sama di dalam suatu desain yang disebut dengan CLASS. METHOD injak gas, injak rem, belok kiri, belok kanan, dll CLASS rancangan mobil
Class & Object CLASS adalah sesuatu yang membungkus informasi (atribut) dan perilaku(method/operasi) OBJECT adalah sesuatu yang diciptakan dari Class. Rancangan_Mobil Kode Mobil Jumlah roda Jumlah kursi injak gas() injak rem() belok kiri() belok kanan() Nama Class Atribut Method / Fungsi
Karakteristik Pemograman Berorientasi Objek Encapsutalation ( Pengkapsulan ) Inheritance ( Pewarisan ) Polymorphisme ( Polimorfisme ) Pengemasan data dan fungsi dalam wadah bernama object. Contoh : Tidak perlu mengetahui detail cara kerja dari pedal gas. Sifat dalam OOP yang memungkinkan sifat-sifat dari suatu kelas diturunkan ke kelas lain. Contoh : class anjing : memiliki kaki 4, dapat menggonggong jika pinky adalah anjing diapun akan mewarisi sifat induknya. Suatu konsep yang menyatakan sesuatu yang sama dapat memiliki berbagai bentuk dan prilaku yang berbeda. Class gambar ( x,y); (menggambar titik) Class gambar( x1,y1,x2,y2) (menggambar garis)
Pendekatan Prosedural VS Pendekatan Object Oriented Tugas Personal Pendekatan Prosedural VS Pendekatan Object Oriented Deskripsi singkat perbedaan pendekatan prosedural dan Pendekatan Object Oriented. Jelaskan kelebihan dan kelemahan ke 2 pendekatan tersebut. NB : Tugas Diketik rapi Maksimal 3 halaman. Lampirkan kertas jilid agar terlihat rapi TANPA harus menjilid. Cukup gunakan Clip.
Terima Kasih