Grafika komputer 29 Mei 2012.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Advertisements

Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Komputer di bidang seni
Kategori Desain Grafis
Bab 6 Multimedia.
Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Pembelajaran Berbantuan Komputer
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Konsep dasar Pengolahan citra digital
Grafika Komputer 3 sks.
Penerapan komputer di bidang pendididkan oleh : nurul ayni
Komputer untuk Pendidikan
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
Protyping IMK-M5.
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Komputer dan Pendidikan
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
Visualisasi INFORMASI
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
VISION.
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Aplikasi Komputer.
Pengenalan Grafika Komputer
19 Januari 2011 Grafika komputer.
Pengantar Teknologi Informasi
Komputer dan Pendidikan
Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Pengantar Komputer Grafik
Computer Aided Design Gambar Listrik.
Pertemuan 1 Introduction
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
Pengertian Aplikasi Komputer
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
KOMPUTER ADA DIMANA-MANA
Aplikasi Komputer.
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
GRAFIKA KOMPUTER Part 2.
Pengantar Grafika Komputer
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Pemrograman Python dan MySQL Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis E-Learning Menggunakan Bahasa for further detail, please visit
KOMPUTER GRAFIK unindra
Grafika komputer 1.
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Animasi dan Suara Pertemuan 02
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM BERBAGAI BIDANG
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Aplikasi Komputer.
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
Aplikasi Komputer Dr. Mesterjon, S.Kom, M.Kom.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
EDITING DAN KOMPUTER GRAFIS Pendahuluan. Komputer Grafis S uatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa.
Transcript presentasi:

Grafika komputer 29 Mei 2012

Grafika Komputer? Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Grafika komputer pada dasarnya adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan jalan membangkitkan, menyimpan, dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer. Tujuan dari grafika komputer ini adalah untuk memungkinkan manusia berkomunikasi lewat gambar, bagan-bagan, dan diagram.

Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Salah satu bidang grafika komputer yang sangat terkenal adalah Desain Grafis

Definisi grafika komputer Ada beberapa definisi grafika computer sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan dalam grafika tersebut yaitu : Komputer digunakan untuk menampilkan dan memanipulasi informasi dalam format bergambar atau grafis, baik visual-display unit (VDU) atau via printer atau plotter. Manipulasi dan penyajian data bergambar dengan komputer.

Definisi grafika komputer [ dictionary ] Sekumpulan teknologi yang digunakan untuk menciptakan seni (art) dengan komputer. Seni atau desain yang diciptakan menggunakan teknologi. [ science and tecknology encyclopedia ] suatu cabang ilmu komputer yang berhadapan dengan teknik dan teori sintesis gambar (image) komputer. [ Marketing terms ] gambar (pictures) yang diciptakan dan dimanipulasi melalui penggunaan alat komputer. Misalnya printer laser,mengapa disebut alat grafika komputer?sebab printer tesbut mengijinkan komputer mengeluarkan gambar

[ Britannica ] Grafika Komputer adalah penggunaan komputer untuk menghasilkan gambar visual. Pada umumnya, format garfika komputer meliputi GIF, dan JPEG, untuk gambar tunggal, dan MPEG dan Quicktime, untuk gambar multiframe. [ Encyclopedia ] perpindahan data bergambar ke dalam dan ke luar komputer. Penggunaan teknik-teknik konversi analog-to-digitial, berbagai devices curve tracers, digitizers, dan ligth pens-dikoneksikan keterminal grafis komputer ; program computer-aided design, scanner optis adalah untuk menyimpan data bergambar pada komputer digital. [ WordNet ] yaitu manipulasi dan penyajian data bergambar menggunakan komputer. [ Wikipedia ] grafika komputer (CG) adalah bidang dari komputasi visual, dimana penggunaan komputer akan menghasilkan gambar visual secara sintetis dan mengintegritasikan atau mengubah informasi mengenai ruang dan visual yang dicontohkan dari dunia nyata.

Bagian dari Grafika Komputer Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar. Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya

geometri Geometri (dari bahasa Yunani γεωμετρία; geo = bumi, metria = pengukuran) secara harafiah berarti pengukuran tentang bumi, adalah cabang dari matematika yang mempelajari hubungan di dalam ruang.

animasi Atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir- akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

Rendering dapat diartikan pembentukan gambar yang mengandung model geometris, menggunakan warna dan bayang-bayang untuk memberikan tampilan yang realistis. Citra atau gambar atau bayangan atau imaji (dari Bahasa Inggris image, dan Bahasa Latin imago) adalah benda yang dihasilkan atas upaya manusia dalam mereproduksi kemiripan dari suatu obyek— biasanya obyek-obyek fisik/nyata.

Aplikasi grafika komputer Design Grafik presentasi Computer art Pendidikan Hiburan Image processing Graphical User Interface (GUI)

DESAIN/COMPUTER AIDED DESIGN (CAD) Dalam desain grafika komputer digunakan pada Sistem Engineering dan Arsitektur. CAD digunakan untuk pembuatan desain mobil, pesawat terbang, kapal, komputer, tekstil dll. Cth. Program Aplikasi AutoCad, ArchiCad, 3D Studio Max dll.

GRAFIK PRESENTASI Hasil grafik presentasi biasanya digunakan untuk melengkapi laporan keuangan, data sains, data ekonomi dll. Hasilnya dapat berupa, cetakan , slide dan transparansi Cth. Program Aplikasi : Powerpoint, Microsoft Chart dll.

COMPUTER ART A. Commercial Art Desktop Publising, Advertising, Tekstil, Logo, Iklan, Cover Buku dll. B. Fine Art Pembuatan berbagai macam gambar sesuai gagasan atau imajinasi pelukis.

pendidikan Komputer sebagai alat bantu pendidikan, CAI (Computer Assisted Instruction) Komputer sebagai alat bantu belajar, CAL (Computer Aided Learning) Komputer sebagai dasar pendidikan, CBE (Computer Based Instruction / Education) Komputer sebagai pemberi Instruksi, CMI (Computer Managed Instruction)

Aplikasi bidang pengajaran al : Drill and Practice, Tutorial, Simulasi, Game. Aplikasi selain bidang pengajaran al : Computer Assisted Testing (ujian berbantuan komputer), Computer Assisted Guidance (pengarahan berbantuan komputer), Computer Manage Instruction (komputer digunakan untuk merencanakan pelajaran, evaluasi serta secara langsung memantau prestasi siswa)

Hiburan Komputer digunakan untuk menggantikan cara- cara konvensional yang dahulu digunakan dalam bidang bidang berikut ini : Film Televisi Video Musik Games

Image Processing (Pengolahan Citra) Adalah teknik untuk memodifikasi atau menginterpretasi gambar yang ada seperti photo dan rangkaian gambar film. Dua prinsip pengolahan Citra : A. Meningkatkan kualitas Gambar B. Memberi presepsi dari informasi visual, seperti robotic

Graphical User Interface (GUI) Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang mempermudah interaksi manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer. GUI sudah sering kita lihat berupa window-window yang digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, maupun Linux

Apakah Beda Gambar Dan Photo ? Photo merupakan gambar yang dihasilkan dengan proses capture dari kegiatan nyata. Hasilnya setiap detail akan muncul, misalnya jumlah kumis pada kucing sama. Gambar adalah proses pembentukan gambar yang dilakukan dengan meniru kegiatan nyata. Hasilnya ada beberapa detail yang tidak dapat ditampilkan. Siapa yang peduli pada jumlah kumis pada kucing pada saat menggambar?