dr. H. Agus Taufiqurrohman, M.Kes, Sp.S MPK PP MUHAMMADIYAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PRINSIP DASAR DAN METODE
Advertisements

Organisasi Otonom Aisyiyah.
Muqoddimah anggaran dasar muhammadiyah
PEDOMAN HIDUP ISLAMI WARGA MUHAMMADIYAH
MATAN KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
OLEH : 1.JENAL ABIDIN NURFALAH 2.HASBI A.A 3.TRI SUTARNO 4.CIPTA MAULANA SOLEH 5.WIDIYANTO 6.HENDI ARIF. K FAKULTAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (FPAI) UNIVERSITAS.
POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL (POLSTRANAS)
MEMBENTUK ANAK YANG SHALEH
SISTEM POLITIK ISLAM Oleh : MUHAMMAD HAMBALI, SHI, M.E.I
KEMUHAMMADIYAHAN By. Sigit Ariyanto, S.Pd.I.
“MEMPERSATUKAN UMAT MELALUI DAKWAH” Pancasila
SYAHADAT Syahadat merupakan asas dan dasar bagi rukun Islam lainnya. Syahadat merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam. Syahadat sering disebut.
PANDU HIZBUL WATHAN KADER IDEOLOGIS PRAKTIS
Oleh: Komisi II Majlis Diktilitbang PPM
Alvin Toffler, mengatakan bahwa salah satu gejala negatif
PEDOMAN DAN KEBIJAKAN MPK PP AISYIYAH
ideologi Muhammadiyah: dalam Dinamika tajdid dan ijtihad
PENDAHULUAN Muqoddimah AD Muhammadiyah; pokok pikiran yang menjiwai dan melandasi gerakan Muhammadiyah Isi AD/ART Muhammadiyah; aturan umum pengelolaan.
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
IMAN KEPADA RASUL.
IDIEOLOGI MUHAMMADIYAH
KETOKOHAN/KEPEMIMPINAN MUHAMMADIYAH
Pertemuan ke-3.
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
Kepribadian muhammadiyah
ORGANISASI MUHAMMADIYAH
Arah Program Kajian Islam Ahad Pagi Di Masjid “ Daarul Iman “
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
PEDOMAN HIDUP ISLAMI WARGA MUHAMMADIYAH
Materi I AQIDAH Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
Kedahsyatan Dua Kalimah Syahadat
BAB 7 KONSEP KEKELUARGAAN DAN KEMASYARAKATAN
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK Dosen: Sarah Wulan, S.Ag, MPd
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pola Umum Perkaderan HMI (Menurut Pedoman Perkaderan HMI)
ABDUL HALIM Demak, 22 November abdulhalimsolkan.blogspot.comwww.facebook.com/khalimi.solkan.
MATAN KEYAKINAN DAN CITA CITA (MKCH) MUHAMMADIYAH 1.Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan da’wah amar ma’ruf nahi mungkar, beraqidah Islam dan bersumber.
REVITALISASI IDEOLOGI GERAKAN MUHAMMADIYAH
ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB
السلام عليكم ورحمت الله وبركاته
Agama Islam Ke-iman-an dan Dan ke-taqwa-an.
Oleh Drs H. Hadi Rahmat, MA NBM FKIP UM METRO 2015
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
PEMBAHARUAN DALAM ISLAM (TAJDID)
HAKIKAT MANUSIA DALAM ISLAM
Al-Islam dan Kemuhammadiyahan “Sejarah Terbentuknya Muhammadiyah”
AIKA 3 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
AQIDAH (Implementasi Nilai-nilai Aqidah dalam Kehidupan)
3.
Filsafat Kemuhammadiyahan
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
APLIKASI PENGENALAN DASAR RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN BERBASIS MOBILE ANDROID MUNAYA
RUNTUHNYA TEORI EVOLUSI
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
Temu shilaturrahim keluarga besar muhammadiyah labuhan batu selatan
Peran Strategis Perkaderan di AUM
IMPLEMENTASI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH DALAM GERAKAN DAKWAH
Hakikat keimanan dan buahnya
Sejarah & Tamadun Islam
BAB 5 KONSEP KEKELUARGAAN DAN KEMASYARAKATAN
Pengertian Agama Islam
AQIDAH UNIT 1 Kelas Bimbingan Dewasa.
SISTEM POLITIK ISLAM Oleh : JUNI EFENDI SS. M.Si Disampaikan Dalam Kuliah Antropologi Politik II.
AGAMA DAN DUNIA: IMPLIKASI KATEGORISASI BAGI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
apb_mpkppm/ba_pcmhaurgeulis 27-28/04/20191 REVITALISASI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH Asep Purnama Bahtiar Baitul Arqam Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pimpinan.
Transcript presentasi:

dr. H. Agus Taufiqurrohman, M.Kes, Sp.S MPK PP MUHAMMADIYAH MUQADDIMAH ANGGARAN DASAR MUHAMMADIYAH dr. H. Agus Taufiqurrohman, M.Kes, Sp.S MPK PP MUHAMMADIYAH

dr. H Agus Taufiqurrohman, M.Kes, Sp.S Dosen F Kedokteran Uii Dokter RS PKU Muh. Bantul Dosen FKM UAD Istri : dr. Siti Isti’anah, M.Sc. Anak : Alwi Ahsani Taqwim Azhar Maulana Arsyad Ahsan Habiburrahman 0811 258 258, agustaufiq@yahoo.com Jln Babaran Gang Menur 664 A, Yogyakarta

Dirumuskan mulai 1942 sd 1961 di era Ki Bagus Hadikusuma. LATAR BELAKANG Dirumuskan mulai 1942 sd 1961 di era Ki Bagus Hadikusuma. Dirumuskan untuk mensistematisasi langkah dan pemikiran Kyai Dahlan dan Muhammadiyah. Jawaban atas kecenderungan melemahnya ruh Islam di kalangan Muhammadiyah.

Konsep Muqaddimah AD sebagai salah satu rumusan ideologi Muhammadiyah dalam bentuk / berupa PRINSIP-PRINSIP

Ketujuh pokok pikiran yang tersimpul dalam Muqaddimah AD Muhammadiyah terdiri dari tiga kelompok: Kelompok pertama terdiri dari pokok pikiran paragraf I, II, III dan IV (mengenai hal-hal yang bersifat ideologis); Kelompok kedua terdiri dari pokok pikiran paragraf V dan VI (mengenai hal-hal yang berhubungan dengan teori perjuangan); Kelompok ketiga terdiri dari pokok pikiran paragraf VII (mengenai tujuan perjuangan).

POKOK-POKOK PIKIRAN Muqaddimah AD Muhammadiyah 1 Hidup manusia harus berdasar tauhid, ibadah, dan taat kepada Allah

Hidup manusia harus berdasar Tauhid (meng-esa-kan) Allah: bertuhan, beribadah serta tunduk dan taat hanya kepada Allah.

Kepercayaan Tauhid membentuk dua kesadaran: -Percaya akan adanya hari akhir, manusia akan mempertanggungjawabkan hidupnya di dunia; -Sadar bahwa hidup manusia di dunia ini semata-mata untuk beramal saleh. (Q.s. Al-Baqarah: 62)

Paham dan pandangan hidup yang berdasarkan ajaran Islam yang murni, yang pokoknya adalah ajaran Tauhid seperti yang diterangkan di atas, tidak bisa lain daripada membentuk tujuan hidupnya di dunia ini untuk mewujudkan masyarakat yang baik, mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-bernarnya, ialah sebagai ibadahnya dalam rangka menunaikan amanah Allah.

POKOK-POKOK PIKIRAN Muqaddimah AD Muhammadiyah 2 Hidup manusia bermasyarakat

POKOK-POKOK PIKIRAN Muqaddimah AD Muhammadiyah 3 Mematuhi ajaran-ajaran agama Islam dengan keyakinan bahwa ajaran Islam itu satu-satunya landasan kepribadian dan ketertiban bersama untuk kebahagiaan dunia akhirat

POKOK-POKOK PIKIRAN Muqaddimah AD Muhammadiyah 4 BERJUANG Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam dalam masyarakat adalah kewajiban sebagai ibadah kepada Allah dan ihsan kepada kemanusiaan

POKOK-POKOK PIKIRAN Muqaddimah AD Muhammadiyah 5 ‘Ittiba kepada langkah perjuangan Nabi Muhammad S.A.W.

POKOK-POKOK PIKIRAN Muqaddimah AD Muhammadiyah 6 Melancarkan amal-usaha dan perjuangan dengan ketertiban organisasi

ولتكن منكم أمة يدعون إلى الخير ويأمرون بالمعروف وينهون عن المنكر وأولئك هم المفلحون

إن الله يحب الذين يقاتلون في سبيله صفا كأنهم بنيان مرصوص

ا لحق بلا نظا م يغلبه ا لبا طل با لنظا م Ali Bin Abi Tholib ; ا لحق بلا نظا م يغلبه ا لبا طل با لنظا م “ kebenaran yang tidak terorganisir dengan baik akan ditumbangkan oleh kebatilan yang terorganisir dengan baik “

HAKIKAT MUHAMMADIYAH YANG FUNDAMENTAL Muhammadiyah bukan hanya bertauhid, tetapi bermasyarakat dan berkemanusiaan “ Muhammadiyah bukan ingin membangun sistem teosentrisme ”

Muhammadiyah (juga) bukan semata-mata kembali kepada ke masa lampau di masa Nabi SAW tetapi Menjadikan perjuangan Nabi sebagai teladan untuk berbuat di masa kini melalui organisasi

Bukan sekedar alam pikiran, tetapi melalui organisasi

Inspirasi dalam Mengembangkan Sistem Gerakan Melembagakan sistem nilai ideal Memantapkan jam’iyah Memperkokoh imamah Membina jama’ah

MELEMBAGAKAN SISTEM NILAI IDEAL Sosialisasi/internalisasi terus menerus paham Islam dalam Muhammadiyah Pemurnian (tandif) Pembaruan (tajdid) Pemikiran baku/formal yang menjadi pedoman hidup ber-Muhammadiyah paham agama berdimensi integrasi

Memantapkan jam’iyah Dinamisasi dan menghidupkan persyarikatan di Cabang dan Ranting dgn koordinasi yang sinergis Memperkuat disiplin dan kesatuan dalam gerak organisasi Tidak boleh langkah perorangan saja, namun menuju langkah organisasi

Memperkokoh Imamah Imam menjadi teladan dan penggerak persyarikaratan Makmum berkhidmat dan mengikuti gerak persyarikatan Imamah dalam Muhammadiyah kolektif-kolegial

Umat berdaya (penggerak organisasi) Membina Jama’ah Umat awam Inti jama’ah Umat berdaya (penggerak organisasi)

TUJUAN AKHIR Khaira ummah بلدة طيبة ورب غفور

Pokok Pikiran VII: Pokok pikiran-pikiran/prinsip-prinsip/pendirian-pendirian seperti yang diuraikan dan diterangkan di muka itu adalah yang dapat untuk mewujudkan keyakinan dan cita-cita hidupnya terutama untuk mencapai tujuan yang menjadi cita-citanya, ialah terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.