KARAKTERISTIK COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

Sistem Pengajaran dengan Modul. Modul didefinisikan sebagai satu unit program belajar mengajar terkecil yang menggariskan: 1.Tujuan pengajaran yang akan.
MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Materi 5 - Komputer Multimedia
PEMBUATAN MEDIA PRESENTASI DENGAN POWER POINT
Drs. Iwan Wijaya PELATIHAN MEDIA PRESENTASI DENGAN Ms. POWER POINT 2007 SELAMAT DATANG di.
Pembelajaran Berbantuan Komputer
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
ANALISIS BUKU GURU dan SISWA (Mata Pelajaran Program Keahlian SMK)
MEDIA SEDERHANA Oleh : SRI SURYANI.
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Aplikasi Informasi Rambu – Rambu Lalu Lintas. Wisnu Ardityo
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN
MULTIMEDIA INTERAKTIF
BAB VI TES “WHO AM I” DWI ATMAJA, SPd MPsi
PENYAJIAN INFORMASI ILMIAH
PENGERTIAN-PENGERTIAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
Teknik Presentasi Hasil Penelitian Kependudukan
RATIH FAJARWATI, PENGEMBANGAN MEDIA VCD PEMENTASAN DRAMA SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MENGAPRESIASI PEMENTASAN DRAMA UNTUK SISWA SMP.
Latar Belakang Fenomena global warming yang mulai dirasakan.
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
Penentuan Nilai atau Grade
KARAKTERISTIK COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION. Menurut Simonson & Thompson (1994) ada enam aspek yang perlu dipertimbangkan: 1.Balikan 2.Percabangan 3.Penilaian.
PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN
Pembuatan Media Presentasi
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL
COMPUTER BASED INSTRUCTION
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
Pemilihan Media.
Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
PERANCANGAN BAHAN AJAR MODUL
MULTIMEDIA PERTEMUAN 10 KHAOLA RACHMA ADZIMA PGSD FKIP.
LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN RAMBU RAMBU LALU for further detail, please visit
MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN for further detail, please visit
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
PRESENTASI LAPORAN PENELITIAN
Garis-garis Besar Program E-Learning
Petunjuk Teknis Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Tertulis
Pelatihan Multistudio Teknik Penyampaian Materi
ATURAN MAIN DALAM KELAS FISIKARUDY.COM
OLEH : ENNY SUDARYANTI Balai Diklat Keagamaan Denpasar 2016
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF Gatot Kurniawan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN
PROSEDUR UMUM PEMBELAJARAN TERPADU
ATURAN MAIN DALAM KELAS FISIKARUDY.COM
Selamat datang pada sesi ini
HAKIKAT BELAJAR & PEMBELAJARAN
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
MANFAAT HASIL PENILAIAN
PRESENTASI LAPORAN PENELITIAN
Pembangunan Media Pembelajaran Untuk Konsep Struktur Kontrol Pada Algoritma Berbasis Multimedia ALFIN AKBAR
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL
PERANCANGAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
MADRID DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA DIRECTOR MX PROGRAM APLIKASI MULTIMEDIA CLUB SEPAK BOLA REAL for further detail, please visit
Transcript presentasi:

KARAKTERISTIK COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION

Menurut Simonson & Thompson (1994) ada enam aspek yang perlu dipertimbangkan: Balikan Percabangan Penilaian Monitoring dan Kemajuan Petunjuk Tampilan

Balikan Siswa setelah memberi respon harus segera diberi balikan Balikan bisa berupa komentar, pujian peringatan, atau perintah tertentu bahwa respon siswa tersebut benar atau salah. Balikan akan semakin menarik dan menambah motivasi apabila disertai ilustrasi suara, gambar atau video klip.

Balikan Informasi kemajuan belajar juga harus diberikan kepada siswa. Misalnya pemberitahuan jumlah skor yang benar. Program juga perlu memberitahukan materi apa yang telah dikerjakan benar, dan apa saja yang salah

Percabangan Adalah strategi memberikan beberapa alternatif jalan yang perlu ditempuh oleh siswa dalam kegiatan belajarnya melalui program. Program memberika percabangan berdasar respon siswa. Misalnya, siswa yang salah dalam menjawab materi tertentu, maka program merekomendasikan untuk mempelajari bagian tertentu.

Percabangan Model percabangan yang lain adalah bisa dikontrol oleh siswa, yaitu pada saat siswa sedang mempelajari suatu topik, pada bagian teterntu yang dirasakan sulit bisa diberi tanda khusus sehingga bila diinginkan siswa bisa memperoleh informasi lebih lanjut dan kemudian kembali ke topik semula.

Penilaian Program yang baik harus disertai dengan penilaian. Untuk memahami seberapa jauh siswa memahami materi, setiap subtopik perlu diberi tes atau latihan

Monitoring Kemajuan Program akan lebih efektif bila selalu memberi informasi pada bagian mana siswa sedang bekerja dari materi apa yang dipelajari, apa yang akan dipelajari dan yang akan dicapai setelah selesai nantinya. Penyampaian tujuan yang jelas berkorelasi terhadap keberhasilan program. Sebelum mengerjakan suatu materi, siswa diberi ulasan materi sebelumnya. Sebelum mengakhiri suatu materi, siswa diberi ulasan materi yang akan datang.

Petunjuk Program yang efektif adalah program yang bisa memberikan petunjuk kepada siswa ke arah pencapaian jawaban yang benar. Petunjuk juga digunakan oleh siswa agar bisa menggunakan atau mengoperasikan program secara individual dengan mudah tanpa bantuan orang lain. Akan lebih baik lagi jika ada menu “help” yang dapat digunakan oleh siswa ketika mendapat kesulitan.

Tampilan Desain Tampilan Meliputi Jenis Informasi bisa berupa teks, gambar, grafik, suara, animasi atau video klip tingkat abstraksi gambar atau simbol disesuaikan dengan pemakai Ilustrasi warna bisa menarik perhatian, tetapi bila berlebihan akan mengecohkan

Tampilan 2. Komponen Tampilan komponen yang perlu dipertimbangakan yaitu judul, subjudul yang sedang dipelajari, perintah- perintah seperti maju, mundur berhenti dan sebagainya 3. Keterbacaan Keterbacaan tampilan perlu mendapat perhatian. Ukuran huruf hendaknya tidak terlalu kecil serta jenis huruf yang sederhana dan mudah dibaca.