DESAIN GRAFIS SEBAGAI PROBLEM SOLVING Pertemuan 1

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PROSES PERANCANGAN GRAFIS
Advertisements

BAB 4 PENDEKATAN DAN MODEL MONITORING DAN EVALUASI
RISET FORMATIF DAN SUMATIF Pertemuan 4
Gaya Geser Pada Penampang Beton Prategang Pertemuan 12
PENGENALAN ERGONOMI INTERIOR Pertemuan ke -2
Matakuliah : Kalkulus-1
Pengertian Identity Manual Pertemuan 10
Variabel penelitian Pertemuan 6 Matakuliah: O0084/Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Tahun: 2007.
Lingkup Pekerjaan Desainer Interior Pertemuan 3 - 4
UNITY Pertemuan 4 Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
MEDIA KOMUNIKASI Pertemuan 7
PROFILE BOARDS DAN VISUAL APPROACH BOARD Pertemuan 9
REVIEW JURNAL ILMIAH Kartika Nur Fathiyah.
METODE / PROSES DESAIN GRAFIS Pertemuan 5 Matakuliah: Metodologi Desain Tahun:
Matakuliah : K0644-Matematika Bisnis
Pengumpulan data awal Pertemuan 4 Matakuliah: O0084/Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Tahun: 2007.
CLOSURE, SIMILARITY, CONTINUANCE Pertemuan 5
RENCANA PERKULIAHAN ESL 398 METODOLOGI PENELITIAN
Pengantar Professional Image Pertemuan 1
TOPIK DESAIN FISIK BANGUNAN Pertemuan 9
Minggu 4 Estetika Sebagai Media Komunikasi.
Proses Berpikir Kreatif dalam Mendesain Kemasan Pertemuan 4/13
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual III – UO276
PENGENALAN ERGONOMI INTERIOR Pertemuan ke -1
PENGENALAN ERGONOMI INTERIOR Pertemuan ke - 5
Pengertian Identity Manual Pertemuan 9
Peranan Studi Branding dalam Desain Kemasan Pertemuan 9/13
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
DETERMINAN DARI MATRIKS Pertemuan - 4
SIDANG KONSEP Pertemuan 7
KONSEP DESAIN Pertemuan 2
PROGRAM RUANG Pertemuan 4
TEORI PROBLEMA PENUGASAN Pertemuan 5
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Survey Data dan Lokasi Mata Kuliah : W Desain Interior 1
PEMROGRAMAN DINAMIS Pertemuan 7
KRITERIA DESAIN, STANDAR DESAIN, DAN METODE ANALISIS PERTEMUAN 6
<<Soal Desain Interior 3>> W 0186
REVIEW JURNAL ILMIAH.
TEKNIK PENULISAN TESIS
<<Soal Desain Interior 3>> W 0186
Proses Perancangan Dalam Interior Pertemuan 7
PRA SEJARAH ANALISA KARYA masa PRA SEJARAH Pertemuan 1
ANALISA DAN KESIMPULAN Pertemuan 4
REVIEW METODOLOGI PERANCANGAN ARSITEKTUR Pertemuan 1
RHYTHM dan DEPTH Pertemuan 3
Pengenalan Definisi, Manfaat, dan Format Desain Kemasan Pertemuan 1/13
ANATOMI LAYOUT EDITORIAL Pertemuan 8
PRESENTASI DAN EVALUASI Pertemuan 39
Sintaktik.
Bidang Bukaan pada Elemen Pembentuk Ruang Pertemuan 11
KONSEP PENCAHAYAAN Pertemuan 19 – 20
Ordinary Annuity vs. Annuity Due Pertemuan 13
MODEL TRANSPORTASI Pertemuan 10
PROSES DESAIN Pertemuan 9
Pengertian Detail pada Perencanaan Interior Week-7
DESAIN INDUSTRI DIAN MARDI SAFITRI.
ANALISIS GALAT (Error) Pertemuan 2
Soal Desain Interior 3 W 0186 Matakuliah : Desain Interior 3
DESAIN INDUSTRI DIAN MARDI SAFITRI.
STRATEGI DESAIN Pertemuan 8
Tampak Potongan Ruang Week-6
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
( Materi Desain Grafis )
Soal Latihan Pertemuan 1
Matakuliah : Kalkulus-1
RISET KUANTITATIF DAN KUALITATIF Pertemuan 2
Metode Perancangan Desain Komunikasi Visual (desain grafis)
Faktor Pembentuk Brand Pertemuan 4
KREASI KARYA SENI RUPA.
Transcript presentasi:

DESAIN GRAFIS SEBAGAI PROBLEM SOLVING Pertemuan 1 Matakuliah : Metodologi Desain Tahun : 2009-2010 DESAIN GRAFIS SEBAGAI PROBLEM SOLVING Pertemuan 1

Desain Grafis sebagai Problem Solving Semua pelajar desain mengetahui bahwa rupa, struktur dan gaya adalah alat komunikasi visual yang amat potensial. Dikuasainya prinsip-prinsip tentang rupa, tipografi, grid, warna dll adalah syarat bagi pengambilan keputusan estetis. Namun, itu saja belum cukup karena hasil akhir sebuah desain mesti dipertanggung-jawabkan secara profesional. Desain adalah ‘investasi’ bagi klien maka tidak cukup jika desainer hanya memberi visual yang ‘bagus’ atau ‘menarik’. Desain semestinya mampu menjadi solusi bagi masalah komunikasi. Bina Nusantara University

Aspek Mendasar dalam Desain Grafis Desain grafis selalu dapat dilihat dalam dua aspek: >>FORM Aspek-aspek rupa / visual yang tersusun dari elemen, prinsip dan gaya desain. >>FUNCTION Aspek-aspek yang berkaitan dengan fungsi desain sebagai komunikasi visual. Bina Nusantara University

Riset dalam Desain Grafis Desainer akan mampu menghasilkan solusi yang fungsional (berkomunikasi) dengan cara menerapkan riset ke dalam proses desainnya (riset sebagai metode desain). Untuk itu perlu diketahui beberapa kategori riset dasar: >> Berdasarkan jenis data: riset kuantitatif & kualitatif. >> Berdasarkan sumber data: riset primer & sekunder. >> Berdasarkan tahap proses: riset formatif (divergen) & sumatif (konvergen). Bina Nusantara University

Riset dalam Desain Grafis Desain grafis memang tidak melulu keputusan estetis visual namun melibatkan metode dan proses riset. Keseluruhan proses desain sendiri dapat disebut riset formatif dan sumatif. Di dalam proses tersebut, desainer melakukan riset primer maupun sekunder dan bekerja dengan data-data kuantitatif maupun kualitatif sebagai sumber keputusan desain. Dengan proses yang berorientasi riset ini, diharapkan desain akan mampu memecahkan masalah, melampaui sekedar kreasi visual yang ‘bagus’. Bina Nusantara University