Siklus Hidup Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
Pengembangan PL Ahmat Adil.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
BAB I DASAR – DASAR TEKNIK PERANGKAT LUNAK
SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM
Perancangan Perangkat Lunak
SISTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Methods for Software Engineering
SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGETAHUAN PERANGKAT LUNAK & REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Methods for Software Engineering CHAPTER 5 Software Project Planning Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
Mengenal DBMS (Database Management System)
TEKNIK TESTING DAN STRATEGI TESTING
Managing Software Requirement 1
PENGUJIAN DENGAN SIKLUS HIDUP
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
Rekayasa Perangkat Lunak
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
10 documentation.
PENGEMBANGAN APLIKASI
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-1)
Professional documents
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM
ANALISA KINERJA SISTEM
Rekayasa Perangkat Lunak
DESAIN SISTEM Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT TEKNIK ELEKTRO
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Forward Engineering Design - Metode VDI 2221
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Systems Life Cycle.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak
PROSES DESAIN by Dwi S..
SIKLUS HIDUP PEMBANGUNAN SOFTWARE
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
PENGEMBANGAN SISTEM.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Requirement Document.
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Analisa dan Perancangan Sistem
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
PENGEMBANGAN SISTEM.
Rekayasa Produk (Perangkat Lunak)
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
TUGAS REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
Analisis Persyaratan System
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
SISTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 2017.
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
Mengenal DBMS (Database Management System)
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

Siklus Hidup Perangkat Lunak Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Definisi Perangkat Lunak Rekayasa perangkat lunak adalah penetapan dan penggunaan prinsip-prinsip rekayasa yang tangguh/teruji dalam upaya memperoleh perangkat lunak secara ekonomis, handal dan bekerja efisien di mesin nyata, dan berkaitan dengan metode dan kaidah yang diperlukan dalam mengembangkan perangkat lunak untuk computer. [Roger S. Pressman, “S/W Engineering”] Rekayasa Perangkat Lunak merupakan suatu aplikasi yang menerapkan prinsip-prinsip keilmuan untuk (1) Mengubah suatu permasalahan ke dalam solusi permasalahan kerja perangkat lunak, (2) Keberlangsungan perawatan perangkat lunak hingga akhir hidup perangkat lunak [Alan M. Davis, “S/W Requirement”] Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Model Umum Perangkat Lunak Requirements Analisis - Desain Coding Testing Operation Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Requirement Definisi Requirement (Permintaan) Rumusan bahasa : Sesuatu yang diinginkan atau diperlukan IEEE : [1] Kondisi atau kemampuan yang diperlukan oleh seorang user untuk memecahkan suatu permasalahan atau mencapai suatu sasaran, [2] Suatu kondisi atau kemampuan yang harus dicapai atau dikerjakan oleh sistem, untuk memenuhi suatu kontrak, standar, spesifikasi atau dokumen lain secara formal. Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Kegiatan dalam tahapan requirement Menganalisis Masalah Bertukar pikiran tentang permasalahan tersebut, mengidentifikasikan semua kendala yang mungkin ada dalam pemecahan masalah, mencari informasi dan pengetahuan tentang maslah tersebut. Mendeskripsikan perangkat lunak Menyiapkan dokumen yang menjelaskan perilaku dari perangkat lunak yang akan dibuat, mengelola ide, menyelesaikan konflik pendapat, dan mengurangi ketidakkonsistenan dan ambiguitas. Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Analisis dan Design Pada tahap awal desain, yang dilakukan adalah membagi sistem perangkat lunak ke dalam komponen tertentu, secara berulang hingga subkomponen tersebut tidak dapat dipecahkan lagi. Tahapan desain lebih lanjut adalah membuat dokumentasi dari algoritma untuk setiap modul yang akan diperlukan. Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Coding Tahapan Coding merupakan tahapan implementasi untuk membuat/membangun aplikasi dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman yang digunakan, baik untuk DDL (Data Definition Language) maupun DML (Data Manipulation Language) Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Testing Tahapan ini dilakukan setelah selesainya fase coding. Pengujian yang dilakukan dapat menggunakan metode white box dan metode blackbox. Pengujian dapat dilakukan terhadap data maupun kapasitas perangkat. Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT

Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Maintenance Fase maintenance merupakan fase untuk merawat sistem, dengan cara melakukan modifikasi/revisi terhadap perangkat lunak. Perubahan perangkat lunak dapat terjadi karena perubahan kebijaksanaan perusahaan, penggantian perangkat keras, kebutuhan perangkat lunak yang berubah. Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT Rekayasa Perangkat Lunak - Citra N., S.Si, MT