Perancangan Perangkat Lunak – Part 1

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Rekayasa Perangkat Lunak
Advertisements

KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
U M L Unified Modeling Language
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Catur Iswahyudi + Edhy Sutanta
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Unified Modelling Language (UML)
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
Interaction Diagram.
Pertemuan 6 Structural modelling
Pertemuan 3 Pemodelan Bisnis
ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI PENJUALAN & PEMBELIAN Handicraft shop
Architecture dan design
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Sequence dan Collaboration
Pengantar uml Pertemuan 4. Pengenalan UML UML adalah sebuah bahasa yang memberikan vocabulary dan tatanan penulisan kata-kata dalam ‘MS Word’ untuk kegunaan.
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas.
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
Perancangan Berorientasi objek
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Metode Perancangan Program
COMPONENT DIAGRAM.
UML (Unified Modelling Language)
Diagram-diagram UML Pokok Bahasan : Use case diagram Class diagram
RELATIOPNSHIPS IN THE UML
OBJECTORIENTED ANALYSIS
Pengantar UML.
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Perancangan Sistem Dengan menggunakan UML
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Soal Kuis I PSBO.
Analisis Model.
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
Pengantar Object Oriented Analysis and Design
Object-Oriented Analysis (OOA)
Perancangan Sistem Dengan menggunakan UML
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
Pemodelan objek.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Object oriented analyst and design
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
UML mendukung pengembangan aplikasi
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
PEMODELAN PROYEK (UML)
Pengenalan Analisa Desain
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Pemodelan Sistem Bisnis
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Analisis Model.
Unified Modelling Languange (UML)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Rekayasa Perangkat Lunak Part 7
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
PEMODELAN ANALISIS RPL – PERTEMUAN 5&6.
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2
Pemodelan Sistem PL.
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
RPL untuk Pemrograman Berorientasi Obyek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Perancangan Perangkat Lunak – Part 1 Oleh : Devie Rosa Anamisa

Pembahasan Part-1 Fungsi dan pengertian UML Konsep UML Diagram-Diagram UML Langkah-Langkah Desain Diagram Usecase Langkah-Langkah Desain Diagram Activity

UML Sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). Salah satu tool / model untuk merancang pengembangan software yang berbasis object oriented

Konsep UML Building blocks Terdapat 3 macam: Benda/Things : bagian paling statik dari sebuah model, serta menjelaskan elemen-elemen lainnya dari sebuah konsep dan atau fisik. Classes, yang diuraikan sebagai sekelompok dari object yang mempunyai atribute, operasi dan hubungan. Interfaces, merupakan sebuah antar-muka yang menghubungkan dan melayani antar kelas dan atau elemen. Collaboration, yang didefinisikan dengan interaksi dan sebuah kumpulan / kelompok dari kelas-kelas/elemen-elemen yang bekerja secara bersama-sama Use cases, adalah rangkaian/uraian sekelompok yang saling terkait dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau diawasi oleh sebuah aktor. Nodes, merupakan fisik dari elemen-elemen yang ada pada saat dijalankannya sebuah sistem, contohnya adalaha sebuah komputer, umumnya mempunyai sedikitnya memory dan processor.

Hubungan / Relationship Dependency, adalah hubungan antara dua benda/things yang mana sebuah benda berubah mengakibatkan benda satunya akan berubah pula. Umumnya sebuah dependency digambarkan sebuah panah dengan garis terputus-putus. Association, hubungan antar benda struktural yang terhubung diantara obyek.Umumnya assosiation digambarkan dengan sebuah garis yang dilengkapi dengan sebuah label, nama, dan status hubungannya. Generalizations, adalah menggambarkan hubungan khusus dalam obyek anak/child yang menggantikan obyek parent / induk. Digambarkan dengan garis panah. Realizations, merupakan hubungan semantik antara pengelompokkan yang menjamin adanya ikatan diantaranya.

Diagram UML Diagram adalah yang menggambarkan permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model. Use Case Diagram, menggambarkan sekelompok use cases dan aktor yang disertai dengan hubungan diantaranya. Diagram use cases ini menjelaskan dan menerangkan kebutuhan / requirement yang diinginkan/dikehendaki user/pengguna, serta sangat berguna dalam menentukan struktur organisasi dan model dari pada sebuah sistem. Class Diagram, yang memperlihatkan struktur statis dari kelas actual didalam sistem. Object Diagram, yang merupakan varian dari kelas diagram yang memperlihatkan lebih detail banyaknya obyek yang mengintantiasi (instances) kelas.

State Diagram, yang memperliatkan semua keadaan (state) yang dapat dimiliki oleh kelas dan event yang dapat merubah keadaan tersebut. Sequence Diagram, yang memperlihatkan kolaborasi dinamik antara objek-objek dengan suatu urutan pesan (a sequence of message) antar objek tersebut. Collaboration Diagram, yang memperlihatkan kolaborasi dinamik antar objek tanpa memperhatikan aspek waktu. Activity Diagram, yang memperlihatkan aliran urutan aktifitas. Component Diagram, yang memperlihatkan struktur fisik dari source code dalam terminology code components. Komponen berisi informasi tentang logical class dapat berupa komponen source code, komponen biner atau komponen yang dapat dieksekusi. Deployment Diagram, yang memperlihatkan arsitektur fisik dari hardware dan software pada sistem.

Langkah-Langkah Desain Diagram Dalam Jude Community Pilih FILE-NEW, sbb:

Beri nama Desain sistem dengan pilih FILE-SAVE AS, sbb:

Buat sub Folder untuk diagram usecase, dengan klik kanan pada folder sistem, kemudian pilih Create Model – Add Subsystem, dan beri mana usecase.

Untuk mendesain diagram usecase, maka klik kanan pada folder usecase, pilih Create Diagram – add Usecase Diagram

Diagram Use Case menggambarkan apa saja aktifitas yang dilakukan oleh suatu sistem dari sudut pandang pengamatan luar bukan bagaimana melakukannya.

Contoh Dengan Jude

Setelah Diagram Usecase te;ah selesai dibuat maka dilanjutkan dengan mendesain diagram aktivity dengan cara: Buat sub Folder untuk diagram aktivity, dengan klik kanan pada folder sistem, kemudian pilih Create Model – Add Subsystem, dan beri mana activity.

Untuk mendesain diagram usecase, maka klik kanan pada folder usecase, pilih Create Diagram – add Usecase Diagram

Diagram Activity Menggambarkan aliran urutan aktifitas

Contoh Dengan Jude