Mobile Teknologi Pertemuan 3

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
GUI MENGGUNAKAN HANDPHONE BERFASILITAS J2ME
MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME
MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Web Teknologi 3 (MKB721C) Minggu 2 Page 1 MINGGU 2 Web Teknologi 3 (MKB721C) Pokok Bahasan: –Midlet –User Interface Tujuan Instruksional Khusus: Agar.
Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Instalasi JME & Uji Coba As’ad Djamalilleil
Pembuatan Komponen Antar Muka Grafis
Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Form Gambar IDE (Integrated Development Environment) VB6 ToolBar
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Pembuatan Komponen Antarmuka Grafis
Komponen-Komponen dalam J2ME
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) “Skill to do comes of doing. “ (Ralph Waldo Emerson)
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.
H. Risdiandri Iskandar, SKom, MM
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Graphical User Interface
Lingkungan MS Access Pertemuan 2
Pengenalan low level UI Pengenalan tentang Canvas Menggambar dan menampilkan teks, gambar, garis, kotak, dan sudut Menentukan warna, huruf, dan coretan.
MIDP Low Level User Interface
MEET 3 PADA MINGGU KEMAREN KITA SUDAH MEMPELAJARI TENTANG LIST, YANG MANA LIST ITU TERBAGI MENJADI TIGA YAITU IMPLICIT,EXLUSIVE, DAN MULTIPLE Sekarang.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
PERTEMUAN 5 TextField merupakan turunan Item yang bisa menampung teks dan mengedit teks tersebut. TextField mempunyai ukuran maksimum, label dan format.
Pengenalan Visual Basic
Step by step membuat Kalkulator.java menggunakan Java GUI
PENCABANGAN.
Graphical User Interface (GUI)
High Level User Interface
Pemprograman Berorientasi Objek
MIDP High-Level User Interface
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Visual Studio 2008 Merupakan perangkat lunak yang terintegrasi. Di dalamnya terdapat beberapa perangkat lunak untuk pengembang ( Programmer ), antara lain.
C++ static.
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Membangun User Interface
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Class List As’ad Djamalilleil
Membuat Kelas.
MIDlet User Interface (3)
Agung Brastama Putra Pertemuan 11
Instalasi JME & Uji Coba
Mobile Teknologi Pertemuan 2
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
TIPE DATA, KONVERSI TIPE DATA JLABEL, JTEXTFIELD, JBUTTON, JOPTIONPANE
Procedure dan Function
Logika dan Algoritma Agung Brastama Putra.
Pemrograman Berorientasi Objek
Transcript presentasi:

Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra Pertemuan 3

Pembahasan Model antar muka Hirarki class antarmuka Class display

Model antar muka Interaksi antar user dengan aplikasi dilakukan melalui mekanisme yang disebut interface(antarmuka) Aplikasi ini menampilkan sejumlah informasi dalam bentuk teks, gambar maupun objek visual lainnya dan user memberi respon berupa pengetikan data, klik gambar maupun penekanan tombol keypad

Hirarki class Antarmuka Susunan hirarki susunan class di J2ME adalah

Gambar Hirarki

Lanjutan… Class displayable memiliki beberapa method yang berguna untuk memanipulasi objek antarmuka pada class turunannya.

Contoh2 Method2 yang sering digunakan VOID addCommand(Command cmd) Menambah sebuah objek command bernama cmd ke dalam objek Displayable Int getHeight() Memperoleh informasi mengenai tinggi dari objek displayable yang tersedia untuk aplikasi, dinyatakan dalam satuan pixel Ticker getTicker() Memperoleh informasi mengenai objek Ticker yang terpasang pada objek Displayable String getTittle() Memperoleh informasi mengenai judul dari objek Displayable

removeCommand(Command cmd) int getWidth() Memperoleh informasi mengenai lebar dari objek Displayable yang tersedia untuk aplikasi, dinyatakan dalam satuan pixel boolean isShown() Mengembalikan nilai yang menyatakan status kemunculan objek Displayable, tampak di layar atau tidak Void removeCommand(Command cmd) Membuang objek command bernama cmd dari objek Displayable void setCommandListener(CommandListenerl L) Menggunakan interface CommandListener bernama L mengganti interface yang sama sebelumnya

int setTicker(Ticker T) boolean setTittle() Memasang objek Ticker bernama t pada objek Displayable boolean setTittle() Menentukan judul bagi objek Displayable

Class Display Display merupakan class yang disediakan oleh J2ME untuk mengelola tampilan layar, yaitu kegiatan untuk memperoleh informasi mengenai konteks layar yang sedang digunakan dan informasi mengenai objek apa yang sedang berada di layar.

Method getDisplay() Digunakan untuk memperoleh informasi spesifik mengenai layar yang bisa digunakan oleh sebuah MIDlet.

Contoh… Class contoh1 extends MIDlet{ Private Display dis; Public contoh1(){ dis = Display.getDisplay(this); }

Method setCurrent() Digunakan untuk menentukan objek antarmuka tertentu sebagai visual page

Contoh.. Class contoh1 extends MIDlet{ Private Display dis; Private Form f1; Public contoh1(){ dis = Display.getDisplay(this); f1 = new Form(“method setCurrent”); } public void startApp(){ dis.setCurrent(f1);

Gambar Form

Lanjutan… Method setCurrent(Alert a, Displayeble d) digunakan untuk menjadikan objek d yang bertipe Displayable sebagai visual page setelah objek a yang bertipe Alert selesai ditampilkan Void setCurrent(Alert a, Displayable d) a – objek alert d – objek antarmuka yang akan dijadikan sebagai visual page.

Iseng…. Buatlah source code ttg alert dari pembahasan barusan

Method getCurrent() Digunakan untuk memperoleh informasi mengenai objek antarmuka yang sedang menjadi active-page. dis.getCurrent(); Variable dis digunakan untuk mengambil page yang sedang aktif.

Gambar Alert