KOMPUTER SEBAGAI PERALATAN PEMECAHAN MASALAH Oleh Ari Eko Wardoyo, ST KOMPUTER SEBAGAI PERALATAN PEMECAHAN MASALAH
DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
Definisi Komputer Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.
Sistem Komputer Sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer Brainware (SDM)
Perangkat keras komputer Secara garis besar perangkat keras komputer terdiri atas tiga komponen utama, yaitu Processor Memory Input/Output Device (I/O)
PROCESSOR Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit.
Kecepatan Processor Kecepatan prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Contoh : jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya adalah : T = 1/f = 1/(350 x 106 Hz), = 0,286 x 10-8 detik.
Memory Berdasarkan fungsinya Memory dibagi menjadi dua yaitu : Primary Memory Secondary Memory
Primary Memory Dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dan program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karaktenstik dan memon primer adalah : Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang) kecepatan tinggi akses random (acak)
Secondary Memory Dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah : Non volatil atau persisten Kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer) Akses random atau sekuensial
Contoh Memori Sekunder Floppy Disk, Harddisk, Magnetic tape, Optical disk (CD, DVD, Blue Ray) Dll Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape
Input-Output (I/O) Device Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. I/O dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu : Input Device (Piranti Masukan) Output Device (Piranti Keluaran)
Input Device (Piranti Masukan) Berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dan luar. Beberapa contoh piranti masukan : keyboard mouse touch screen scanner camera modem network card Fingger print Barcode Reader
Output Device (Piranti Keluaran) Berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti masukan : Monitor Printer Speaker Plotter Modem network card LCD Projector, dsb
Perangkat Lunak Perangkat lunak dapat diklasiflkasikan sebagai berikut : Sistem Operasi. Program Utilitas. Program Aplikasi Program Paket Bahasa Pemerograman.
Sistem Operasi Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna.
Contoh Sistem Operasi MS DOS (Versi 1.0 – 7.0), MS Windows (3.10, 3.11, 95, 97, 98, NT, 2000, Xp, 2003, Long Horn, Vista), Macintosh/MacOs, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), Xenix (dengan berbagai versi), LINUX (RedHat, Sushe, Mandrake, Blankon, dll), NetWare, BeOs, dsb.
Program Utilitas Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti : anti virus (PC MAV, McAfee, AVG, dll), partisi hardisk (Partition Magic, FDisk, dll), manajemen hardisk (Defrag Disk, Explorer), Penyelamat Data (Norton Ghost, IOLO Recovery), dll
Program Aplikasi Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesiflk. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
Perangkat Lunak Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti : pengolah kata /editor naskah ( Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll). pengolah angka / lembar kerja (Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll) presentasi (MS PowerPoint, dll). desain grafis (CorelDraw, PhotoShop), dll
Bahasa Pemerograman Bahasa Pemerograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa Pemerograman dapat di definisikan menjadi Empat Generasi: Generasi Pertama Generasi Kedua Generasi Ketiga Generasi Keempat
Bahasa Pemerograman Generasi Pertama Bahasa Pemerograman generasi pertama adalah bahasa pemrograman yang mula-mula digunakan untuk memprogram komputer. Pada generasi pertama ini bahasa yang digunakan adalah bahasa mesin (bahasa yang berisi kode angka 0 dan 1)
Bahasa Pemerograman Generasi Kedua Bahasa Pemerograman generasi kedua adalah bahasa pemrograman yang mula-mula digunakan untuk menerjemahkan bahasa mesin menjadi kode- kode program. Pada generasi pertama ini bahasa yang digunakan adalah bahasa assembly. Kelemahan bahasa ini adalah setiap generasi komputer memiliki kode assembley yang berbeda.
Bahasa Pemrograman Generasi Ketiga Bahasa Pemerograman generasi ketiga adalah Pemrograman Compiler dan Interpreter. Bahasa pemrograman generasi ketiga ini adalah bahasa pemrograman hasil pengembangan generasi kedua, yaitu dengan membuat kode-kode programnya mendekati bahasa manusia dan kode yang harus di tuliskan menjadi lebih sedikit.
Contoh Bahasa Pemrograman Generasi Ketiga Cobol Fortran C Basic Gambas dll
Bahasa Pemrograman Generasi Keempat Bahasa Pemerograman generasi keempat adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan programer menginstruksikan komputer mengenai apa yang harus dilakukan dari pada bagaimana cara melakukan (non prosedural language).
Contoh Bahasa Pemrograman Generasi Ketiga Database Query Language (SQL) Modeling Language(DYNAMO, SLAM) Very Hight Level Language Graph Generator(Crystal Report) Report Writer (RPG, Crystal Report) Aplication Generator (Mantis, MarkV)