Grafika komputer 1.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perbedaan vector dan bitmap
Advertisements

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Kategori Desain Grafis
BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI
Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan.
Bab 6 Multimedia.
Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Video • Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
PERBEDAAN PIXEL DAN VEKTOR
TEKNOLOGI INFORMASI DANKOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Bitmap Vs Vector Iwan Sonjaya, ST.MMT.MT.
DIANA KUSUMA WIDYASTUTIK FKIP Sejarah
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
Pengenalan Grafis Berbasis Vektor
Elemen Multimedia R.M. Mahrus H. Efendi.
Teknologi Informasi Multimedia
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS Pengolahan Citra.
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS
MATA PELAJARAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI) Semester 5 Pokok Bahasan is Program Grafis and Multimedia for class twelve By. H. JEpanG.
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Pengenalan Grafika Komputer
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
Pengolahan Citra Pertemuan 14.
PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
Image Raden Budiarto.
19 Januari 2011 Grafika komputer.
MENGENAL GRAFIS DAN PROGRAM APLIKASINYA
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Pengantar Komputer Grafik
DASAR DESAIN GRAFIS.
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
GRAPHIC APpLICATION PROGRAM
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
MENGENAL GAMBAR DIGITAL
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Pengantar Design Grafis
KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA #rahmatSetiawan rhOne15.wordpress.com.
JENIS-JENIS PROGRAM PEMBUAT GRAFIS
Vektor dan Raster Grafika Komputer 9.
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Format file gambar 24 Januari 2011.
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
KOMPUTER GRAFIK unindra
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
PRAKARYA MULTIMEDIA KELAS X SEMESTER /2016.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL. URAIAN MATERI PCD Pemberian Evek Pada Gambar Vektor dan Bitmap Penggabungan Teks & Citra Bitmap Penggabungan Teks & Citra Vektor.
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Di susun oleh: Edy Purwanto Smkn 1 Pacitan. TUJUAN PEMBELAJARAN : 1.Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan konsep citra vektor.
Transcript presentasi:

Grafika komputer 1

Pendahuluan Def 1: Grafika komputer adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membangun grafik (gambar) baik 2D maupun 3D yang kelihatan nyata menggunakan komputer. Def 2 : adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari cara-cara pembuatan dan manipulasi gambar secara digital, sehingga dapat memudahkan komunikasi antara manusia dan komputer, atau manusia dengan manusia melalui gambar, bagan, tabel, dan lain-lain. Salah satu bidang grafika komputer yang sangat terkenal adalah Desain grafis.

Aplikasi Hiburan : Saat ini grafika komputer banyak digunakan untuk menunjang pembuatan film, video musik, tayangan televisi, animasi, dan game (permainan).

Visualisasi : teknik-teknik dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk mengkomunikasikan suatu informasi. Merupakan cara efektif mengkomunikasikan data atau ide Banyak dipakai untuk keperluan ilmu pengetahuan, rekayasa, visualisasi disain produk, pendidikan, multimedia interaktif, kedokteran, dan lain-lain.

CAD : Grafika komputer digunakan dalam proses analisis dan desain, khususnya untuk sistem arsitektural dan engineering dalam bentuk aplikasi CAD (Computer-Aided Design). CAD banyak digunakan untuk mendesain bangunan, mobil, pesawat terbang, dan sebagainya.

CASE (Computer Aided Software Engineering) : CASE digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE biasanya digunakan untuk pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh perangkat lunak: Rational Rose, SyBase Power Designer dan lain-lain.

Cakupan VR sendiri cukup luas, yaitu untuk simulasi: Virtual Reality (VR): lingkungan virtual yang seakan-akan sama seperti lingkungan nyata. Pada lingkungan ini user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam lingkungan 3-D. Cakupan VR sendiri cukup luas, yaitu untuk simulasi: Perang, Flight simulator/pilot trainer (Truck Simulator), Simulasi medis Bengkel

Visualisasi Arsitektur, peninggalan bersejarah, dll. VR – komputer dengan kemampuan pemrosesan yang tinggi karena harus mampu melakukan rendering secara real time. VR jadul – menggunakan video dan gambar ruangan (mis. Masuk ruangan pertama ditampilkan video pertama, dst).

Special FX Ledakan (dulu ledakan betulan) Hujan Atmosfer

Iklan Game

Pendidikan Pelatihan Komputer digunakan sebagai alat bantu pendidikan dan pelatihan, misalnya untuk membuat model-model proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi untuk memudahkan sesorang untuk memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem.

Gambar dan Foto Photo merupakan gambar yang dihasilkan dengan proses capture dari kegiatan nyata. Hasilnya setiap detail akan muncul, misalnya jumlah kumis pada kucing. Gambar adalah proses pembentukan yang dilakukan dengan meniru kegiatan nyata. Hasilnya ada beberapa detail yang tidak dapat ditampilkan.

Jenis Grafik Vektor : menggunakan bentuk geometri seperti titik, garis, dan kurva (dihasilkan dari penghitungan matematika) untuk membuat gambar. Warna – flat. Raster : menggunakan pixel (tiap pixel memiliki warna tertentu).

Image Type : Vector AI (Format file yang dikembangkan oleh Adobe System untuk file berbasis vektor, dan merupakan format default pada software Adobe Illustrator) CDR (Format file yang dikembangkan oleh Corel Corporation untuk file berbasis vektor. Merupakan format default dari software Corel Draw) SVG (Scalable Vector Graphics), merupakan format file baru untuk menampilkan grafik dalam pengembangan web yang berbasis XML (eXtensible Markup Language) WMF(Windows Meta File), merupakan format file berbasis vektor pada Microsoft Windows yang dikembangkan mulai 1990an. Di Windows format file ini digunakan untuk gambar Clipart pada program Ms. Office

Image Type : Raster BMP : Didukung oleh hampir semua aplikasi gambar pengolah gambar tidak ada gambar yang hilang tetapi Ukuran File besar. JPEG : Ukuran gambar kecil, Jumlah warna sampai 32 bit tetapi ada data yang hilang jika dikompresi tingkat tinggi. GIF : Mendukung gambar animasi, Tidak ada data yang hilang dan Mendukung transparansi tetapi Jumlah warna hanya sampai 8 bit. PNG : Tidak ada data yang hilang, Jumlah warna sampai 64 bit dan Mendukung transparansi tetapi tidak mendukung animasi. TIFF : Mendukung gambar vektor, Tidak ada data yang hilang, Jumlah warna sampai 32 bit dan Mendukung transparansi tetapi Tidak mendukung animasi.

Sejarah Perkembangan Tahun 1950-an : menggunakan teletypes, lineprinter, dan layar cathode ray tube (CRT). Mereproduksi gambar menggunakan karakter gelap dan terang.

Tahun 1960-an : Munculnya grafik interaktif modern, grafik vektor (game Spacewar) menggunakan komputer pertama di dunia : Digital Equipment PDP-1. Tahun 1970-an : Layar komputer sudah cukup berkembang dengan kemampuan menampilkan garis tipis dan tebal Layar warna pertama (Apple II) Game Video Arcade Teknik Specular Highlight.

Tahun 1980-an: Gambar bitmap dan pixel -> grafik raster Harga PC semakin turun Pertama kali digunakan trackball lalu mouse.

Tahun 1990-an: Layar VGA (IBM, 1987; 320 x 240p; 640 x 480 p; 256k) dan SVGA (1024 x 768p; sebagian 16M) Kemampuan PC sudah cukup baik dan mampu menampilkan gambar photorealistic dan juga merender objek-objek 3D sehingga memicu perkembangan dunia perfilman 3D Toy Story (1995) film animasi pertama di dunia. Tahun 2003: Graphic engine pertama dengan kemampuan rendering 3D real time yg baik (ID Software – DOOM Engine) Kebangkitan industri game 3D

- Sekarang Processor dan Graphic Engine mengalami perkembangan sangat pesat. Komputasi 64 bit Render Farm Photorealistic 3D model (humanoid)