Model Waterfall dan Dokumen SKPL

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Candra Irawan Dimas Bhirawa Fahrizky Syahrial Andri Daisy Rahmad
Advertisements

PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN)
Proses-proses Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Perencanaan Perangkat Lunak
DESAIN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Software Requirement Specification
Pertemuan 8 Proyek Sistem Informasi Viska Armalina, ST., M.Eng
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Pengembangan PL Ahmat Adil.
Software Requirements Spefication (SRS)
SKPL Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak STMIK AMIKOM PURWOKERTO.
BAB 5 SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perancangan sistem ( berbasis objek )
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
Analisa dan Desain dalam Penelitian
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
TEKNIK TESTING DAN STRATEGI TESTING
Testing dan Implementasi Sistem
TALKY TWITTER FOR ANDROID….
PENGUJIAN DENGAN SIKLUS HIDUP
Pemodelan Analisis (Part 1) Pertemuan 5 Rekayasa Perangkat Lunak
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
Analisis Kebutuhan Software
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Spesifikasi Perangkat Lunak
Perangkat Lunak 1.
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK ( PL )
Tim Asisten RPL 09/10 Summary of DESIGN Phase.
Anna dara andriana., M.kom
Software Requirement Specifications (SRS)
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Persyaratan Perangkat Lunak
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Analisis Perancangan Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak
SIKLUS HIDUP PEMBANGUNAN SOFTWARE
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Analisa dan Perancangan Sistem
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Rekayasa Kebutuhan Software
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 7
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
PERTEMUAN 1 Konsep Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-7)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Analisa [Kebutuhan] Sistem
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA KEBUTUHAN PL.
PERANCANGAN BASIS DATA
Pemrograman Terstruktur
Rekayasa Perangkat Lunak
Analisis dan Desain Sistem
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
Transcript presentasi:

Model Waterfall dan Dokumen SKPL _________________________________ Tim Asisten Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak 09/10

Model Waterfall Salah satu model pengembangan perangkat lunak. Bersifat sekuensial Proyek diproses melalui fase-fase yang sekuensial. Fase-fasenya yaitu: analisis, desain, implementasi, dan pengujian.

Model Waterfall

Fase Analisis Menentukan kebutuhan fungsional dan kebutuhan performa, kebutuhan kualifikasi, keamanan, dan user- documentation untuk software.

Fase Desain Kebutuhan software ditransformasi menjadi arsitektur dan desain yang mendetail untuk setiap komponen software. Desain termasuk desain database dan antarmuka.

Fase Implementasi Mengimplementasikan desain proyek menjadi kode program (tahap coding). Termasuk pengimplementasian desain database dan representasi lainnya.

Fase Pengujian Meliputi pengujian software, pengintegrasian software/sistem, dan pengujian kualifikasi software/sistem.

SKPL Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak

Apa itu SKPL? Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak. Software Requirement Specification. Tuangkan dalam SKPL: Fungsi-fungsi Karakteristik Batasan-batasan sistem Analisis kebutuhan Antarmuka eksternal

Tujuan SKPL Mendokumentasikan rancangan perangkat lunak yang diinginkan dan disepakati pengguna/client. Mendokumentasikan kebutuhan sistem sebelum diimplementasikan oleh pengembang. Memberikan informasi berupa batasan- batasan sistem.

Karakteristik SKPL yang Baik Sesuai dengan kebutuhan PL. Tidak ambigu. Mencakup seluruh kebutuhan PL. Sistematis. Dapat diverifikasi. Dapat dimodifikasi. Dapat ditelusuri. Dapat dipahami dengan baik oleh pengembang.

Format SKPL 1. Pendahuluan 2. Deskripsi Umum Perangkat Lunak 3. Deskripsi Rinci Kebutuhan

1. Pendahuluan 1.1 Tujuan 1.2 Lingkup Masalah 1.3 Definisi dan Singkatan 1.4 Referensi 1.5 Deskripsi Umum Dokumen

2. Deskripsi Umum Perangkat Lunak 2.1 Deskripsi Umum Sistem 2.2 Fungsi Produk 2.3 Karakteristik Pengguna 2.4 Batasan-Batasan 2.5 Lingkungan Operasi

2. Deskripsi Rinci Kebutuhan 2.1 Kebutuhan Antarmuka Eksternal 2.2 Kebutuhan Fungsional 2.3 Deskripsi Data 2.4 Kebutuhan Nonfungsional 2.5 Atribut Kualitas Perancangan Perangkat Lunak 2.6 Keterunutan 2.7 Batasan Perancangan

Tugas: kumpulkan selesai praktikum Tiap kelompok : Nama kelompok Nama-nama anggota (+posisi) Deskripsi, tujuan, dan fungsi sistem Karakteristik pengguna, batasan-batasan, dan lingkungan operasi sistem.

Tugas Take Home Kelompok : Perorangan : Ulangi tentang pembuatan ERD Gantt Chart pengembangan perangkat lunak. BAB 1 dan BAB 2 SKPL Dari halaman depan (cover) – BAB 2 Mengikuti format standar. Perorangan : Ulangi tentang pembuatan ERD Baca referensi pembuatan DFD

Format Pengumpulan Format pengumpulan TUGAS KELOMPOK Nama file : [namakelompok]_01.rar/zip Subject : RPL02_[namakelompok] Paling lambat : Sabtu, 12 September 2009 Pk. 23:59 Kirim ke : rpl0910@gmail.com

Tugas Take Home Kelompok : Perorangan : Ulangi tentang pembuatan ERD Gantt Chart pengembangan perangkat lunak. BAB 1 dan BAB 2 SKPL Dari halaman depan (cover) – BAB 2 Mengikuti format standar. Perorangan : Ulangi tentang pembuatan ERD Baca referensi pembuatan DFD