Depth Limited Search (DLS)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penyelesaian Masalah Dengan AI
Advertisements

TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelligent
Depth First Search (DFS)
Lecture 3 State Space Search 2 Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Searching As’ad Djamalilleil
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Mendefinisikan masalah dalam ruang sistem informasi berbasis kecerdasan buatan Pertemuan 2 Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Problem Solving Search -- Uninformed Search
SISTEM INTELEGENSIA BUATAN
Pencarian Tanpa Informasi
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian. What is AI ? Sistem yang berpikir seperti manusia Thinking humanly Sistem yang berpikir secara rasional Thinking.
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Breadth First Search (BFS)
Uniform-Cost Search (UCS)
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
Pertemuan 2 Kecerdasan Buatan
Metode Pencarian/Pelacakan
Problem Solving Search -- Informed Search Ref : Artificial Intelligence: A Modern Approach ch. 4 Rabu, 13 Feb 2002.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 3 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 2.
Pertemuan 3 Mendefinisikan Masalah dalam Ruang Keadaan
Teknik Pencarian 1 Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 3.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
Pencarian Buta (Blind Search).
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Pemecahan Masalah dengan Pencarian
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
MASALAH DAN RUANG KEADAAN
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pengantar Kecerdasan Buatan
Review : Sistem yang menggunakan AI
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 2 Diema HS, M. Kom
Pertemuan 2 Diema HS, M. Kom
Search.
Breadth First Search (BFS)
As’ad Djamalilleil Searching As’ad Djamalilleil
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelegence/ P 3-4
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Uniform-Cost Search (UCS)
Penyelesaian Masalah Berdasarkan Teknik AI.
Ruang Masalah di Kecerdasan Buatan
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
Fakultas Ilmu Komputer
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pertemuan 6 Metode Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
MASALAH & RUANG MASALAH
Modul II Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Ini Kosongan. Kosong Kosong kosong kosong Kosong Kosong kosong kosong.
Transcript presentasi:

Depth Limited Search (DLS) As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com

Depth Limited Search (DLS) DLS dapat diartikan sebagai “pencarian mendalam terbatas” Cara kerja dari DLS sama dengan DFS, hanya saja pada DLS jumlah level dibatasi sampai pada kedalaman tertentu saja Apabila level yang ditentukan telah tercapai dan belum ditemukan solusi, maka pencarian akan dikembalikan ke level sebelumnya

Contoh Kasus Ember Air Ruang Masalah Initial State  (0,0) x = 1, 2, 3 atau 4 y = 1, 2 atau 3 Initial State  (0,0) Goal State  (n,2) Depth  dibatasi sampai level 5

1 if(x < 4) (x,y)  (4,y) Isi penuh ember 4 galon 2 if(y < 3) (x,y)  (x,3) Isi penuh ember 3 galon 3 if(x > 0) (x,y)  (x-d,y) Buang sebagian air dari ember 4 galon 4 if(y > 0) (x,y)  (x,y-d) Buang sebagian air dari ember 3 galon 5 (x,y)  (0,y) Kosongkan ember 4 galon 6 (x,y)  (x,0) Kosongkan ember 3 galon

7 if(x+y >= 4 and y > 0) (x,y)  (4,y-(4-x)) Tuangkan air dari ember 3 galon ke ember 4 galon sampai ember 4 galon penuh 8 if(x+y >= 3 and x > 0) (x,y)  (x-(3-y),3) Tuangkan air dari ember 4 galon ke ember 3 galon sampai ember 3 galon penuh 9 if(x+y <= 4 and y > 0 (x,y)  (x+y,0) Tuangkan seluruh air dari ember 3 galon ke ember 4 galon

10 if(x+y <= 3 and x > 0) (x,y)  (0,x+y) Tuangkan seluruh air dari ember 4 galon ke ember 3 galon 11 (0,2)  (2,0) Tuangkan 2 galon air dari ember 3 galon ke ember 4 galon 12 (2,y)  (0,y) Buang 2 galon air dalam ember 4 galon sampai habis

0,0 Initial State  Level 1

0,0 Initial State  Level 1 4,0 Level 2 Aturan 1

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 Aturan 2

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,3 Aturan 5 Level 4

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,3 Aturan 1 Level 4 4,3

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,3 Aturan 6 Level 4 4,3 0,0

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,3 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0 Aturan 9 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,3 0,0 Level 4 Level 5 4,3 0,0 Aturan 6 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,0 0,3 0,0 Level 4 Level 5 4,3 Aturan 5 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,0 1,3 0,3 0,0 Level 4 Level 5 Aturan 8 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,0 1,3 0,3 0,0 4,3 Level 4 Aturan 1 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,0 1,3 0,3 0,0 4,3 0,3 Level 4 Aturan 5 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,0 1,3 0,3 0,0 4,3 0,3 1,0 Aturan 6 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,0 1,3 0,3 0,0 4,3 0,3 1,0 Aturan 1 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0 4,0

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,0 1,3 0,3 0,0 4,3 0,3 1,0 Aturan 2 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0 4,0 1,3

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,0 1,3 0,3 0,0 4,3 0,3 1,0 Aturan 5 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0 4,0 1,3 0,0

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,0 1,3 0,3 0,0 4,3 0,3 1,0 Aturan 10 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0 4,0 1,3 0,0 0,1

0,0 Level 1 4,0 Level 2 Level 3 4,3 0,0 1,3 0,3 0,0 4,3 0,3 1,0 4,0 Aturan 7 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0 4,0 1,3 0,0 0,1

0,0 Level 1 4,0 0,3 Level 2 Level 3 4,3 0,0 1,3 0,3 0,0 4,3 0,3 1,0 4,0 Aturan 2 Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0 4,0 1,3 0,0 0,1

Solusi tidak ditemukan ! 0,0 Level 1 4,0 0,3 Level 2 Level 3 4,3 0,0 1,3 Solusi tidak ditemukan ! 0,3 0,0 4,3 0,3 1,0 4,0 Solusi tidak ditemukan Level 4 Level 5 4,3 0,0 3,0 4,0 1,3 0,0 0,1

Solusi tidak ditemukan Apabila kita salah menentukan batasan pada level solusi, maka solusi bisa saja tidak pernah ditemukan