Praktikum 02 konstruksi class Tim Asisten Praktikum PSBO 08/09
Unified Modelling Language Notasi grafis yang digunakan untuk membantu dalam mendeskripsikan dan mendesain software yang bersifat Object Oriented (OO)
Class Diagram Mendeskripsikan object dan behaviournya Class name Karakteristik dari class memiliki tipe, visibilitas, dan nilai Fungsi /method yang dapat dilakukan oleh class tsb terhadap atribut yang dimilikinya
Class Adalah struktur dasar dari OOP Digunakan untuk mengenkapsulasi data dan method Class Car
Attributes menunjuk pada elemen data dari sebuah object. Atribut menyimpan informasi tentang object. Terdiri dari : member data, variabel instance, properti atau sebuah field data. jumRoda, warna, velg
Attributes Visibility: + public - private visibility name: type=default value Visibility: + public - private Type : int, double, String, dst Default value : boleh ada, boleh tidak Biasanya diawali dengan huruf kecil
Method Adalah behaviour dari sebuah object. Dikenal juga sebagai fungsi atau prosedur. berjalan, mengerem
Method Visibility: + public - private visibility name (parameter-list): return-type {property-string} Visibility: + public - private Parameter-List : parameter yang diterima oleh method tsb Return-Type : void, int, String, dst Biasanya juga diawali dengan huruf kecil
Wajib ada … Konstruktor adalah sebuah tipe khusus dari method yang digunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah object baru. Ingat bahwa konstruktor bukan member(yaitu atribut atau method dari sebuah object). Getter n Setter adalah method yang wajib dipunya setiap attribute untuk mengakses attribute tersebut
Class Car Car + jumRoda : int + warna : String + velg : String + Car() + getJumRoda() : int + setJumRoda() : int + berjalan() + mengerem()
Java Library
Latihan Labwork SBO-2