MATERI IPS KELAS XI SMK N 3 PACITAN SEMESTER GANJIL

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMBELAJARAN INOVATIF
Advertisements

MATERI IPS KELAS XI SEMESTER GANJIL
MODEL PENDEKATAN BERNUANSA KONSTRUKTIF
PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Cooperative Learning Prof. Dr. Ir. Suhardjono, MPd., Dipl. HE
CONTOH DAPAT DARI KASUS/GAMBAR YANG RELEVAN DENGAN KD
PEMBELAJARAN ALTERNATIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF dalam PKn
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAI
Pengampu Mata Kuliah : Dra. Elyusra, M.Pd.
Model Pembelajaran Inovatif
KERANGKA MODEL PEMBELAJARAN
MODEL - MODEL PEMBELAJARAN.
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF Departemen Pendidikan Nasional.
PEMBELAJARAN INOVATIF
Exemple: Model Pembelajaran
PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
PEMBELAJARAN ALTERNATIF
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
PEMBELAJARAN INOVATIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
PEMBELAJARAN ALTERNATIF
Metode Pembelajaran Forum Debat
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Kurikulum Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan.
PEMBELAJARAN INOVATIF
MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF
PEMBELAJARAN INOVATIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
Model Pembelajaran Kooperatif
PEMBELAJARAN INOVATIF
06 MODEL - MODEL PEMBELAJARAN.
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
PEMBELAJARAN INOVATIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE (COOPERATIVE LEARNING)
PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
MODEL - MODEL PEMBELAJARAN.
MODEL - MODEL PEMBELAJARAN.
MODEL - MODEL PEMBELAJARAN.
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF Departemen Pendidikan Nasional.
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN IPS
PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
PEMBELAJARAN ALTERNATIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF
PEMBELAJARAN INTERAKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
MATERI IPS KELAS XI SMK KYAI AGENG GIRI SEMESTER GANJIL.
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF Departemen Pendidikan Nasional.
Transcript presentasi:

MATERI IPS KELAS XI SMK N 3 PACITAN SEMESTER GANJIL

UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN 1. Sistem Peralatan dan Perlengkapan hidup. 2. Sistem Mata Pencaharian. 3. Sistem Kemasyarakatan. 4. Bahasa. 5. Kesenian. 6. Sistem Pengetahuan. 7. Religi.

WUJUD KEBUDAYAAN ADA 3 1. SISTEM BUDAYA ATAU TATA KELAKUAN 2. SISTEM SOSIAL ATAU KELAKUAN 3. HASIL KEBUDAYAAN FISIK

KATA KEBUDAYAAN 1. BERASAL DARI BAHASA SANSEKERTA YAITU BUDDHAYAH ATAU BUDHI YANG BERARTI AKAL ATAU BUDI. 2. DALAM BHS INGGRIS “ CULTURE” 3. DLM BHS BELANDA “ CULTUUR” 4. “DLM BHS LATIN “ COLERE”

Pendapat Ahli Tentang Kebudayaan Melville J. Herkovits memandang kebudayaan sbg suatu yang superorganic, karena kebudayaan yang turun temurun dari generasi ke generasi tetap hidup terus walaupun orang-orang yang menjadi anggota masyarakat senantiasa silih berganti.

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi Merumuskan kebudayaan sbg semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. a. Dengan karya, manusia menghasilkan kebudayaan kebendaan/ teknologi. b. Dengan rasa, manusia kaidah, nilai, norma, dll c. Dengan cipta, manusia menghasilkan ilmu pengetahuan dan filsafat.

Koentjaraningrat Merumuskan kebudayaan sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

PROBLEM BASED INTRODUCTION (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) Langkah 1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. 2. Guru membantu siswa dalam mengorganisir tugas belajar (menetpkan topik, tugas , jadwal dst.) 3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan info, melakukan eksperimen, pengumpulan data, pemecahan masalah dst.) 4. Evaluasi thd penyelidikan mereka.

MIND MAPPING LANGKAH 1. Guru menyampaikan kompetensi 2. Guru mengemukakan permasalahan yg akan ditanggapi siswa. 3. membentuk kelompok dg anggota 2-3 orang. 4. Tiap kelompok mencari alternatif jawaban. 5. Tiap kelompok (dapat acak) mempresentasikan hasil diskusi. 6. Menyusun kesimpulan.

MAKE A MATCH LANGKAH 1. Guru menyiapkan kartu. Kartu konsep dan kartu jawaban. 2. Setiap siswa mendapat 1 buah kartu. 3. Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok. 4. siswa yg dapat menemukan pasangan kartunya sebelum batas waktu di beri point. 5. Kartu di kocok, proses pembagian kartu di ulangi lagi agar siswa memperoleh kartu baru. 6. Kesimpulan.

THINK PAIR AND SHARE LANGKAH 1. Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai 2. Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/pemasalahan yang disampaikan guru 3. Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (dalam kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing 4. Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya 5. Berawal dari kegiatan tersebut mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa 6. Guru memberi kesimpulan 7. Penutup

DEBATE Langkah 1.Guru membagi dua kelompok pesrta debat yang satu pro dan lainnya kontra 2. Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas 3. Setelah selesai membaca materi, guru menunjukkan salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya 4. Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi 5. Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap 6. Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai

ROLE PLAYING Langkah 1. Guru menyusun/menyiapkan scenario yang akan ditampilkan 2. Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM 3. Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang 4. Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran 5. Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan 6. Masing-masing siswa duduk dkelompoknya masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperagakan 7. Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas 8. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya 9. Guru memberikan kesimpulan secara umum 10. Evaluasi 11. Penutup

GROUP INVESTIGATION Langkah 1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen 2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas keompok 3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain 4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan 5. Setelah selesai diskusi. Lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok 6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan 7. Kesimpulan 8. Penutup

TALKING STICK Langkah 1. Guru menyiapkan sebuah tongkat 2. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya 3. Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya 4. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru 5. Guru memberikan kesimpulan 6. Evaluasi 7. Penutup

BERTUKAR PASANGAN Langkah 1. Setiap siswa mendapat satu pasangan ( guru biasa menunjukkan pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya) 2. Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas bersama pasangannya 3. Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain 4. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing-masing pasanga yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka 5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula

SNOWBALL THROWING Langkah 1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan 2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi 3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya 4. Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok 5. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama 5 menit 6. Setelah siswa dapat satu bola/ satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertuis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian 7. Guru memberikan kesimpulan 8. Evaluasi 9. Penutup

COOPERATIF INTEGRATED READINGABD COPOSITION (CIRC) Langkah 1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen 2. Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran 3. Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas 4. Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok 5. Guru membuat kesimpulan bersama 6. Penutup

INSIDE-OUTSIDE-CICLE Langkah-langkah 1. Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar 2. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap kedalam 3. Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalm waktu yang bersamaan 4. Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam. Sehingga masing-masing siswa mendapat pasangan baru 5. Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya

TEBAK KATA Media 1. Buat kartu ukuran 10x10cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban/Istilah pada kartu yang ingin ditebak 2. Buat kartu ukuran 5x2cm untuk menulis kata/istilah yang mau ditebak (kartu ini dilipat dan ditempel pada dahi/ diselipkan di telinga) Langkah-langkah 1. Jelaskan materi sekitar 45 menit 2. Suruhlah siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan 3. Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10x10cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa lainnya diberi kartu berukuran 5x2cm yang isinya tidak boleh dibaca kemudian ditenpelkan di dahi atau disisipkan di telinga 4. Sementara siswa membawa kartu 10x10cm membacakan kata-kata yang ditulis di dalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud pada kartu 10x10cm. Jawaban yang tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempel di dahi 5. Apabila jawabannya tepat (sesuai pada yang tertulis di kartu) maka pasangan tersebut boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya 6. Dan seterusnya

KARTU ARISAN Media 1. Buat kartu 10x10cm sejumlah siswa untuk menulis jawaban dan kartu/kertas ukuran 5x5cm untuk menulis soal 2. Gelas/apa saja Langkah-langkah 1. Bentuk kelompok 4 orang secara heterogen 2. Kertas jawaban bagikan pada siswa masing-masing 1 lembar/kartu soal digulung dan dimasukkan di dalam gelas 3. Gelas yang berisi gulungan soal dikocok, kemudian salah satu yang jatuh, dibacakan agar dijawab oleh siswa yang memegang kartu jawaban 4. Apabila jawaban benar maka siswa dipersilahkan tepuk tangan atau yel-yel lainnya 5. Setiap jawaban yang benar diberi poin 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan penjumlahan pon dari para anggotanya 6. Dan seterusnya

WOD SQUARE Media 1. Buat kotak sesuai keperluan 2. Buat soal sesuai dengan materi Langkah-langkah 1. Sampaikan materi sesuai kompetensi 2. Bagikan lembar kegiatan sesuai contoh 3. Siswa disuruh menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotok sesuai jawaban 4. Berikan poin setiap jawaban dalam kotak

SCRAMBLE MEDIA 1. Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan materi 2. Buat jawaban yang diacak hurufnya Langkah-langkah 1. Guru menyajikan materi sesuai TPK 2. Membagikan lembar kerja sesuai contoh

TAKE AND GIVE Media 1. Kartu ukuran 10x15cm sejumlah peserta, tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda dengan kartu lainnya, materi sesuai dengan TPK) 2. Kartu kontrol sejumlah siswa Langkah-langkah 1. Siapkan kelas sebagamana mestinya 2. Jelaskan materi sesuai TPK 3.Untuk memantapkan penguasaan peserta, tiap siswa sdiberi masing-masing 1 kartu untuk dipelajari lebih kurang 5 menit 4. Semua siswa disruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu masing-masing. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu kontrol 5. Demikian seterusnya hingga tiap siswa dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing 6. Untuk mengevaluasikan keberhasilan, berikan siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya (kartu orang lain) 7. Strategi ini dapat dimodifikasikan sesuai keadaan 8. Kesimpulan

CONSEPT SENTENSE Langkah-langkah 1. Guru menyampaikan tujuan 2. Guru menyajikan materi secukupnya 3. Guru membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen 4. Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi/TPK yang disajikan 5. Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat 6. Hasil diskusi kelompok, didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu guru 7. Kesimpulan