Pengantar Sistem Komputer Perangkat Lunak
Pengetahuan Dasar SOFTWARE O/ S HARDWARE GAMES PROGRAMMING BRAINWARE PROGRAMMING O/ S GAMES APPLICATIONS
Pengetahuan Dasar Abstraksi
Pengetahuan Dasar Aljabar-Boolean Bentuk paling primitif dari perangkat-lunak. Direpresentasikan sebagai binary-digit (bit), 1 (on) atau 0 (off). Bit dikelompokkan menjadi nibble(4bit), byte(8bit), word(16bit), double- word(32bit), dst. Kelompok-kelompok bit disusun dalam struktur instruksi Penyimpanan, Transfer, Operasi-Aritmatika, Operasi-Logika. Bentuk bit ini diprogram menggunakan Bahasa-Rakitan/Assembly- Language. Bahasa-Rakitan diterjemahkan menjadi Bahasa Mesin. Bahasa Mesin adalah pola bit-bit yang merupakan kode operasi mesin. Kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat-tinggi yang serupa bahasa manusia (bahasa Inggris).
Pengelompokan Perangkat-Lunak Bahasa-Pemrograman & Compiler/Interpreter Low Level Language (LLL) Intermediate Level Language (ILL) High Level Language (HLL) Perangkat-Lunak Sistem (System Software): Sistem Operasi (Operating System) Utility Perangkat-Lunak Aplikasi (Application Software): Office Multimedia Internet Khusus
Bahasa-Pemrograman/ Programming Language • Low Level Language (LLL) – Programnya rumit dan sulit dibuat. – Hanya dimengerti oleh mesin. – Contoh: Machine-language. • Intermediate Level Language (ILL) – Programnya agak sulit dipahami dan dibuat. – Hanya dimengerti oleh manusia. – Contoh: Assembler. • High Level Language (HLL) – Programnya mudah dipahami dan dibuat. – Contoh: BASIC, FORTRAN, Pascal, C, Java.
PROGRAMMING HISTORY
LANGUAGE GENERATION 1ST GENERATION ASSEMBLER 2ND GENERATION FORTRAN, C, PASCAL, BASIC 3RD GENERATION DELPHI, JAVA, VISUAL BASIC 4TH GENERATION SQL (STRUCTURED QUERY LANGUAGE)
program Contoh; begin ClrScr; Writeln; Write('Tekan Enter...'); Readln; end.
Contoh Perintah Biner misalnya: Komputer menyalin isi register 7 ke register 3 Dalam perintah suatu bahasa Assembly: MOV REG3,REG7 Dalam bentuk heksadesimal: 1837h Dalam bentuk biner: 0001100000110111b
Bahasa-Mesin
ALGORITHM Adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau problem. Contoh: Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap. Algoritmanya: Bagi bilangan dengan bilangan 2. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 1. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
FLOWCHART BIASA DISEBUT DENGAN DIAGRAM ALIR. SALAH SATU METODE UNTUK MEREPRESENTASIKAN ALGORITMA SELAIN PSEUDOCODE DAN URUT- URUTAN LANGKAH. MENGGUNAKAN SIMBOL-SIMBOL BANGUN DATAR BESERTA ANAK PANAH SEBAGAI PENUNJUK ARAH PROSES.
Permulaan/ akhir program SIMBOL NAMA FUNGSI TERMINATOR Permulaan/ akhir program GARIS ALIR (FLOW LINE) Arah aliran program PREPARATION Proses inisialisasi/ pemberian harga awal PROSES Proses perhitungan/ proses pengolahan data
Proses input/ output data, parameter, informasi PREDEFINED PROCESS (SUB PROGRAM) Permulaan sub program/ proses menjalankan sub program DECISION Perbandingan pernyataan, penyeleksian data yang memberikan pilihan untuk langkah selanjutnya ON PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada satu halaman OFF PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda
Hitung sisa bagi antara bilangan dengan angka 2 Contoh: Flowchart untuk menentukan bilangan genap atau ganjil Y T Start Baca Bilangan Hitung sisa bagi antara bilangan dengan angka 2 A Apakah Sisa = 0 Cetak Genap Cetak Ganjil End
PROGRAMMING FRAMEWORK FILE APLIKASI COMPILING RUNNING SOURCE CODE MEMORI/ RAM OPERATING CODING USER PROGRAMMER
Compiler/Interpreter Komputer merupakan peralatan elektronik yg bekerja berdasar sinyal-sinyal listrik (0 sd 5V). Sinyal listrik hanya memiliki 2 kondisi, yaitu ON (ada arus listrik) & OFF (tidak ada arus). Kondisi ON & OFF diterjemahkan dalam angka 1 & 0.
Compiler/Interpreter Compiler/interpreter diibaratkan sebagai suatu kamus Menterjemahkan bahasa-pemrograman menjadi bahasa-mesin. Bahasa-mesin merupakan bahasa yang dikenal oleh komputer
Programming-Language & Compiler/Interpreter Kode
Compiler/Interpreter > Menjalankan program secara keseluruhan. > Kesalahan baru diketahui setelah seluruh kode ditulis. > Menghasilkan Executable-Program (EXE). Interpreter > Menjalankan program per-baris. > Kesalahan bisa langsung diketahui. > Tidak menghasilkan Executable-Program (EXE).
Bahasa-Pemrograman - IDE - API -
Operating System Fungsi mengatur: Hardware, yaitu: CPU, memory, storage, dsb. Software yang berupa program.
Operating System Contoh: Unix. DOS. Windows. Mac OS. Solaris. Linux. dst.
Operating System Definisi: Software yang mengendalikan pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta berbagai bentuk layanan yang terkait. (berdasar ANSI = American National Standard Institute)
Utility Memperbaiki/merawat sistem komputer. Defrag, Norton Utility, Partition Magic, dll.
Office Mempermudah pekerjaan kantoran. Ms.Office:Word, Excel, PowerPoint, Access, .
Multimedia Editing: MovieMaker, MM-Flash, dkk. Player: WindowsMediaPlayer, Winamp, PowerDVD, dkk.
Internet Browser: Internet-Explorer, Netscape, Opera, dkk. Email: Outlook-Express, Eudora, dst.
Khusus • Akuntansi: DAC-Easy, Platinum, dsj. • Engineering: Autocad, CAD/CAM, dsj. • Scientific: Matlab, ChemCAD, dsj. • Game: … • Virus&Antivirus: …