Sosial networking & handphone

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Advertisements

Komunikasi Data Jaringan Komputer.
BAB V DISTRIBUSI LAYANAN/JASA MELALUI SALURAN FISIK & ELEKTRONIK
DAMPAK INTERNET Alia Sugeng Rahayu Aline Arum Suryani
FUNGSI DAN LAYANAN INTERNET
Tugas Presentasi PTIK Kelas 13
Tugas PTI Judul : Telepon Genggam Dosen Pengampu : Hari Agung B, M.Kom Di Susun Oleh : Nama : Nudia Trizefa Marindira NIM : Kelas : 1P51 Kelompok.
Kelompok 7 • Erza Handi Satyawan ( ) • Ahdiyat Darda ( ) • Fajar Bayu Laksana ( ) • Rizki Nur Fajri ( ) • Muhammad.
TREND GADGET.
Satria – (Mencari Sumber Materi Makalah) Dwi Utami – (Membuat Bahan Presetansi) Syamsuddin – (Mencari.
JEJARING SOSIAL (FACEBOOK)
Manfaat dan Penyalahgunaan Jejaring Sosial Pada Generasi Muda
Komputer dan masyarakat
PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN MASYARAKAT
Phoneblocks adalah salah satu jenis smartphone yang sedang banyak di bicarakan saat ini, smartphone itu sendiri adalah perangkat keras yang memiliki.
CARA PEMBUATAN WEBSITE PRODUK HAND-PHONE DENGAN Havidz Kusuma Jati
Lovebbi Michael Setiawan Eva Deanida Kenan Rahuel Vania Utami Monica Bagas
MENGIDENTIFIKASI PERALATAN
Tips Mengembangkan Bisnis Online & Tips Belanja Online
KASKUS SEBAGAI FORUM DALAM MEDIA INTERNET
GADGET Januar Kholik ( ) Umi Naziroh ( )
Persaingan Smartphone Dunia
SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA GERAI PONSEL BERBASIS WEB DI CENDANA CELL FAHMI JUNIZAR
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11.
PENGENALAN INTERNET.
TREND TIK.
Bab 1 : Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
INTERNET.
The E-commerce Kelompok 1 Anik Fatul Rofiah ( )
BAB 1 PENGENALAN INTERNET
Pengantar Ilmu Komunikasi
Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi
Teknologi Social Media
Penyalahgunaan Facebook pada Remaja
BAB II PEMBAHASAN Pengertian Internet
PENGENALAN INTERNET NUR CAHYO WIOBOWO, SKOM, MKOM
Pengenalan Internet Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
PENGENALAN INTERNET.
Blank.
TREND CYBER CRIME IN INDONESIA
KOMUNIKASI MASSA CYBER COMMUNICATION.
BUKU SAKU PELAYANAN KESEHATAN IBU
WebBlog dan Microblogging
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
Media Pembelajaran Berbasis Web Interaktif
Bayu Pratama Nugroho, S.Kom, MT
ALAT KOMUNIKASI KANTOR
SAINS & TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN SEJARAH
Stimulus Perkembangan Remaja
TUGAS ETIKAPROFESI ATURAN PRIVASI.
NETWORKING By Pakar TIK Gandusari.
PENGENALAN INTERNET.
PERTEMUAN 2 ETIKA BERMEDIA SOSIAL.
Modified by Ifrina Nuritha
Teknologi Social Media
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HANDPHONE TERKINI
DAVID A P E RAHAWARIN, S.Kom
Internet Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara.
FACEBOOK PENGERTIAN FACEBOOK SEJARAH FACEBOOK FITUR MENARIK FACEBOOK
MEDIA – MEDIA ECOMMERCE
Salam Sejahtera Utk Kita Semua
Komputer Dan Masyarakat Ferry Marlianto, S.Kom., M.Pd
Dampak Playstation Terhadap Anak-Anak
Social Information Cated BY : LiNGGA WENNY.
Disusun oleh: Kelompok 4 Teuku hermilan Siti zahara Salbiah
Created Sejarah Internet Created
Dalam Seminar BEM FTI - Universitas Teknologi Sumbawa
Apa Itu Internet ? Internet sendiri berasal dari kata International Networking, yang maksudnya adalah dua komputer atau lebih yang saling berhubungan kemudian.
JUDUL PENELITIAN Pengaruh Penggunaan Hp terhadap Konsentrasi Siswa SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016.
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
Transcript presentasi:

Sosial networking & handphone DISUSUN OLEH: Setyo Adi Nugroho (4107100024)

Social Networking atau dalam bahasa kita dikenal dengan Jejaring Sosial, memang sudah menjadi sesuatu hal yang umum. Tidak hanya dikalangan anak muda, bahkan para pelaku dunia bisnis pun mulai merambah ke arah yang biasa dikenal dengan “dunia maya” ini. Fungsi utamanya adalah mempermudah penggunanya dalam bersosialisasi dan berbagi dengan sesama, tanpa memperhatikan aspek jarak dan waktu. Namun, semakin lama jejaring sosial semakin mengalami perkembangan yang pesat. Besarnya minat dan tanggapan positif dari masyarakat pada “dunia maya”, membuat para pengembang jejaring sosial terus mengembangkannya hingga mencakup segala aspek kehidupan. Kini, jejaring sosial hadir dalam berbagai macam wajah yang tentunya setiap wajah memiliki keistimewaan masing-masing.Berikut ini beberapa contoh sosial networking beserta ulasannya

KASKUS

What is KASKUS? Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald, dan Budi, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Anggotanya, yang berjumlah lebih dari 1.620.000 member, tidak hanya berdomisili dari Indonesia namun tersebar juga hingga negara lainnya. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa. Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 600 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga saat ini Kaskus sudah mempunyai lebih dari 100 juta posting.

Siapa pendiri KASKUS (Who) Kaskus diciptakan oleh tiga mahasiswa asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald, dan Budi, di Seattle, Amerika Serikat. Kaskus awalnya bertujuan sebagai forum informal mahasiswa Indonesia di luar negeri. Nama “Kaskus” sendiri merupakan singkatan dari kata “kasak-kusuk”.

Kapan KASKUS diciptakan? Kaskus diciptakan tanggal 6 November 1999

Dimana kaskus diciptakan? di Seattle, Amerika Serikat

Untuk apa KASKUS diciptakan? Kaskus bermula dari sekedar hobi saja lalu berkembang menjadi komunitas terbesar di indonesia yang didalamnya terdapat sarana jual beli,lounge atau postingan thread,atau media pertemanan yang di lengkapi fasilitas chatting.

Bagaimanakah kaskus itu? Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006. Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus masuk dalam target penyerangan. Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah 2 server baru untuk meningkatkan performance situs Kaskus (Dell Server). Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah 16 server. 

Serangan DDOS Penyerangan mengakibatkan thread-thread yang telah dibuat terpaksa dikunci (lock). Pada tanggal 16—17 Mei 2008, Kaskus diserang menggunakan teknik DDoS (Distributed Denial of Service) oleh oknum yang diduga berasal dari komunitas YogyaFree. Serangan ini menyebabkan database Kaskus corrupt sehingga administrator terpaksa mengunci thread-thread yang ada. Penyerangan tersebut diduga terkait dengan peristiwa perusakan (deface) situs YogyaFree beberapa hari sebelumnya. Penyerang yang mengklaim dirinya sebagai salah satu anggota Kaskus juga melontarkan celaan yang bernada mengejek di salah satu bagian forum YogyaFree. Hal tersebut membuat beberapa anggota YogyaFree berang, dan kemudian balik menyerang Kaskus dengan DDoS. Akibatnya, administrator Kaskus terpaksa mematikan server Kaskus. Perang cyber antara kedua komunitas ini akhirnya selesai ketika kedua pengelola situs menandatangani memorandum online untuk menyudahkan pertikaian di antara keduanya. Pesan tersebut dipampang selama beberapa minggu di halaman situs masing-masing. Meskipun kerusakan yang ditimbulkan oleh serangan ini cukup berat, administrator Kaskus menjanjikan bahwa Kaskus akan kembali normal pada bulan Juli 2008, seiring dengan diluncurkannya server baru Kaskus di gedung Cyber, Jakarta. Namun, ia juga mengatakan bahwa data-data yang akan dimunculkan kembali adalah data yang dimuat sebelum tahun 2008, sementara data yang dibuat selama tahun 2008 tidak dapat dimunculkan kembali.

UU ITE Kaskus sebelum mengganti tampilan. Sebelum UU ITE diberlakukan, Kaskus memiliki dua forum kontroversial, BB17 dan Fight Club. BB17 (kependekan dari buka-bukaan 17 tahun) adalah sebuah forum khusus dewasa dimana pengguna dapat berbagi baik gambar maupun cerita dewasa. Sementara itu, Fight Club adalah forum yang dikhususkan sebagai tempat berdebat yang benar-benar bebas tanpa dikontrol. Seringkali masalah yang diperdebatkan berkaitan dengan SARA. Penghinaan terhadap suku dan agama lazim terjadi. Setelah diberlakukannya UU ITE, Kaskus segera menutup BB17 karena bertentangan dengan UU ITE tentang penyebaran materi pornografi. Fight Club diubah namanya menjadi Debate Club. Fight Club dan Debate Club pada dasarnya memiliki fungsi yang sama sebagai tempat untuk berdebat, hanya saja kontrol di Debate Club diperketat. Setiap thread baru yang dibuat user terlebih dahulu disensor oleh moderator. Bila dianggap tidak layak dan membahas SARA, maka thread itu akan dihapus. Untuk menghapus citra negatif Kaskus sebagai media underground dan situs porno, Kaskus mengubah tampilannya pada tanggal 17 Agustus 2008. Tampilan baru kaskus dibuat penuh warna. Selain itu, Kaskus juga menambahkan fitur-fitur baru seperti blog dan Kaskus WAP.

Handphone (HP) Handphone atau biasa disebut Telepon Genggam atau yang sering dikenal dengan nama Ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel, wireless).

Sejarah di temukannya Handphone Sejarah telepon seluler atau yang kita kenal HP, ternyata sudah ada dari jaman penjajahan, yaitu kira-kira tahun 1947 di Amerika dan Eropa. Pada tahun 1910 adalah cikal bakal telepon seluler yang ditemukan oleh Lars Magnus Ericsson, yang merupakan pendiri bisnis telekomunikasi yang kelak kita kenal dengan Ericsson (kini Sony Ericsson). Pada tahun 1921 pertama kalinya Departemen Kepolisian Detroit Michigan menggunakan telepon mobile yang terpasang di semua mobil polisi dengan menggunakan frekuensi 2 MHz. Pada tahun 1960, di Finlandia sebuah perusahaan bernama Fennis Cable Works yang semula berbisnis dibidang kabel, melakukan ekspensi dengan mendirikan perusahaan elektronik yang bernama Nokia sebagai handset telepon seluler. Tahun 1970-an perkembangan telepon mobile menjadi pesat dengan di dominasi oleh 3 perusahaan besar yaitu di Eropa dengan perusahaan Nokia dan perusahaan Motorola-nya.

Pada tahun 1969, sistem telekomunikasi seluler dikomersialkan Pada tahun 1969, sistem telekomunikasi seluler dikomersialkan. Setelah tahun 1970, telekomunikasi seluler semakin sering dibicarakan orang. Motorola mengenalkan telepon genggam tiga tahun kemudian. Ukurannya memang cukup besar dengan antena pendek. Ada pula ponsel dengan ukuran sekoper. Dr Cooper yang menjadi manajer proyek inovasi Motorola itu memasang base station di New York. Untuk proyek ini Motorola bekerja dengan Bell Labs. Penemuan ini sekaligus diklaim sebagai penemuan ponsel pertama. Di suatu pagi 3 April 1973, Cooper, saat itu menjabat sebagai general manager pada Divisi Communication Systems Motorola mempertunjukkan cara berkomunikasi aneh dari terminal telepon portable. Dia mencoba ponsel ‘raksasanya’ sambil berjalan–jalan di berbagai lokasi di New York. Itulah saat pertama ponsel ditampilkan dan digunakan di depan publik. Dalam pertunjukan itu, Cooper menggunakan ponsel seberat 30 ounce sekitar (800 gram) atau sepuluh kali lipat dibandingkan rata – rata ponsel yang beredar saat ini.

Dampak Positif Handphone Mempermudah komunikasi terutama dalam jarak jauh. Misalnya saja ketika orang tua atau pihak keluarga akan menjemput anak ketika pulang sekolah/selesai melakukan kegiatan diluar rumah. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi di masa kini. Karena bagaimanapun teknologi ini sudah merambah hingga kepelosok-pelosok desa. Memperluas jaringan persahabatan.   Semakin berkembangnya bisnis teknologi ponsel.

Dampak Negatif Handphone Mengganggu Perkembangan Anak. Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu pelajar dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan/ujian. Bermain HP saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi. Efek radiasi. Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya pelajar lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen. Rawan terhadap tindak kejahatan. Ingat, pelajar merupakan salah satu target utama dari pada penjahat. Apalagi HP merupakan perangkat yang mudah dijual, sehingga, anak-anak yang menenteng HP "high end" bisa-bisa dikuntit maling yang mengincar HPnya.  Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku pelajar. Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur pornografi.  Pemborosan. Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan yang saja.

Sekian & Terima Kasih