DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah .
KOMPUTER Komputer adalah mesin yang menerima instruksi dan memberikan hasil sesudah melakukan tugas yang diperintahkan. Komputer menerima instruksi dalam berbagai bentuk. Instruksi pertama diberikan dengan merakit bermacam-macam bagian perangkat keras software engineer menggunakan informasi tersebut untuk memberikan serangkaian instruksi kedua Instruksi ketiga diberikan kepada komputer oleh pemrogram dengan menggunakan satu atau lebih bahasa yang dapat dimengerti oleh sistem operasi yang digunakan
Eksekusi Bahasa Pemrograman Interpreter Suatu instruksi diterjemahkan kedalam kode mesin baris demi baris. Bahasa pemrogram seperti BASIC merupakan jenis interpreter. Umumnya bahasa jenis ini lebih lambat waktu eksekusinya. Kompiler Seluruh program diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam kode mesin sebelum dijalankan. Contoh bahasa pemrograman jenis ini adalah C, Pascal, Java.
Program Kumpulan langkah-langkah instruksi yang mengatur komputer untuk mengerjakan tugas yang diinginkan dan menghasilkan hasil yang diinginkan. Bahasa pemrograman adalah sekumpulan aturan untuk memberitahu komputer, operasi apa yang harus dilakukan.
Program Sebuah hanya program dapat memberi instruksi pada komputer untuk: Membaca masukan. Mengerjakan pekerjaan secara berurutan. Melakukan perhitungan. Menyimpan data. Melakukan perbandingan dan percabangan perintah. Iterasi atau perulangan. Menuliskan hasil.
Aliran instruksi dalam program Sekuensial Eksekusi program dilakukan secara urut dari awal sampai akhir, tidak ada instruksi yang melompat atau berulang. Kondisional/Pengambilan Keputusan Instruksi pengambilan keputusan dilakukan ketika terdapat pilihan apakah suatu operasi akan dikerjakan atau tidak, Iterasi/Pengulangan Sebuah pernyataan dapat dieksekusi berkali-kali sampai ditemukan situasi yang mengharuskan keluar dari iterasi.
Langkah-langkah Proses Pembuatan Program Start Desain Algoritma & Flowchart Menulis program Test Kebenaran Program Dokumentasi Arsip
Sarana yang dapat digunakan ALGORITMA Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau problem. Sarana yang dapat digunakan Logic Flowchart Menggambarkan aliran logika dalam program dan membantu pemrogram melihat desain program. Stucture Chart Menggambarkan struktur program dengan menunjukkan langkah-langkah hirarki secara independen. Program dibagi dalam informasi-informasi yang lebih kecil. Pseudocode Merupakan garis besar program dan lebih mengutamakan pada logika program.
FLOWCHART
Contoh Konversi dari mile ke km. Data & rumus yang diperlukan : Flowchart: Data & rumus yang diperlukan : Input : mil Output : km Rumus: 1mil = 1,609 km Desain: Algoritma: Input Jarak dalam mil Konversikan ke km Menampilkan jarak dalam km Start Input mil Km=mil*1.609 Cetak Km End
Latihan Buat algoritma dan flowchart untuk menghitung luas lingkaran Buat algoritma dan flowchart untuk memasukkan dua buah bilangan bulat dan mengeluarkan hasil penjumlahan kedua bilangan tersebut.
TUGAS Buat algoritma dan flowchart untuk menghitung luas bangun berikut:
Struktur Sederhana Flowchart (Sekuensial) Start Input mil Km=mil*1.609 Cetak Km End
Struktur Kondisi Ketika terdapat suatu kondisi yang mempunyai dua pilihan operasi. Benar Salah Proses A Proses A Benar Salah Proses 1 Proses 1 Proses B Proses A Benar Salah Proses 1
Struktur Berulang ketika terdapat kondisi tertentu maka perlu dilakukan pengulangan terhadap suatu operasi. proses proses