KONFIGURASI DAN ELEMEN KOMPUTER.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SISTEM KOMPUTER.
Advertisements

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPUTER HARDWARE.
LOGO “ Add your company slogan ” Siswo Wardoyo, S.T., M.Eng. Siswo WardoyoJurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA2011/2012- Genap
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
PENGENALAN KOMPUTER Oleh: Amir Ar Razzaaq.
Pengenalan Software (perangkat lunak)
STMIK AKBA MAKASSAR.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Yanuar Nurdiansyah, ST., M.Cs
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) DAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERKEMBANGAN HARDWARE KOMPUTER
DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
Sistem komputer.
KOMPUTER.
Sistem komputer.
Komputer sebagai alat bantu sistem informasi
Komponen Utama dan Arsitektur Komputer
PENGENALAN SISTEM KOMPUTER
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
TEKNIK ANTARMUKA.
DASAR KOMPUTER & PEMROGRAMAN 1A
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
(Electronic Data Processing System)
Sistem komputer.
المختبر اللغوي واستخدامه لتعليم اللغة العربية
KOMPUTER.
Elemen Dasar Komputer BAB 3.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PENGENALAN KONSEP DASAR KOMPUTER BERUPA HARDWARE (PERANGKAT KERAS ) DAN SOFTWARE ( PERANGKAT LUNAK ) NABILLA AGUSHINTA.
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ( TIK )
KOMPUTER SEBAGAI PERALATAN PEMECAHAN MASALAH
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Perangkat Lunak (Software) Komputer
sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi
Teknologi Informasi dan Komunikasi
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (1)
Materi Komputer, Sistem Komputer dan Komponen Komputer
SISTEM KOMPUTER Oleh : Bambang Sriwijaya.
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER PRINGSEWU
Sekilas Tentang Komputer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Teknologi perangkat keras
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
TEKNOLOGI INFORMATIKA
INPUT DEVICE.
NAMA : RAHMAWATI SETIA WULANDARI
Perangkat Input Dan Output Beserta Fungsinya
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
Oleh Surya Puspita Sari
MATERI 3 : TEKNOLOGI KOMPUTER
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Dedyt Hendrawan Suwisto ( TIK )
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

KONFIGURASI DAN ELEMEN KOMPUTER

PERANGKAT KERAS Yaitu seluruh peralatan/mesin yang digunakan dalam suatu instalasi komputer. Komponen perangkat keras terdiri dari: Unit masukan - Keyboard : seperti halnya mesin tik, tombol utamanya huruf-huruf abjad (A-Z), angka 0-9, lambang-lambang khusus seperti ;, +,*, &, $

Tombol SHIFT,CTRL, BACKSPACE, ESC, dan lain-lain. Mouse : Alat masukan dengan cara mengklik kiri atau kanan Touchpad : Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.

Light pen : adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor) Barcode : Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.

Joystick : adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.(seperti permainan arcade) Gamepad :dikenal juga dengan joypad atau control pad adalah tipe kontroler permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari, untuk menjalankannya. Gamepad umumnya memiliki tombol aksi di sebelah kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri. Scanner :merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk benda

Tablet grafis :adalah perangkat keras (hardware) atau input device komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil. Kamera Digital : Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.

2. Unit Pemrosesan (CPU) Adalah bagian penting dalam sistem komputer. - Unit kendali : suatu rangkaian elektronik yang memberikan sinyal-sinyal dan mengkoordinasikan seluruh sistem komputer. Unit aritmatika logika (operasimatematika, misal : +, -, *, / Unit penyimpanan : menggunakan primer dan sekunder.

Fungsi utama CPU : Mengawasi, membimbing, mengontrol sistem komputer selama pengolahan data Menyimpan/mengambil informasi Dapat mengadakan/ menjalankan perhitungan-perhitungan aritmatika terhadap data sesuai perintah yang masuk pada CPU Dapat mengatur jadwal proses dari instruksi-instruksi yang masuk ke CPU, artinya instruksi-instruksi yang masuk ke CPU dapat diperiksa oleh CPU.

Unit Keluaran Adalah alat yang digunakan untuk menampilkan dan mengeluarkan hasil pengolahan. Komponennya terdiri dari : Monitor/display : sering disebut CRT (Cathode Ray Tube), digunakan untuk menampilkan pesan dan data hasil pengolahan Printer : mencetak hasil pengolahan komputer

Infocus : merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan monitor. Perbedaannya, infocus membutuhkan media penerima pancaran signal-signal infocus, media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang) Plotter :merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannya adalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.

Speaker. :adalah alat keluaran yang. menghasilkan output dalam bentuk Speaker :adalah alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara.

Unit Pelengkap Peralatan yang ditambahkan ke sistem komputer. Yang terdiri dari : - Sound Blaster : berbentuk card, dengan alat ini komputer akan menjadi suatu alat musik yang canggih, yang dapat mengeluarkan berbagai bunyi alat musik. - Modem (Modulator Demodulator) : suatu alat yang terpasang di komputer untuk bisa terhubung ke internet. Ada juga modem eksternal dan internal.

PERANGKAT LUNAK Perangkat lunak adalah kumpulan dari program komputer dan mengontrol seluruh kegiatan di dalam CPU. Fungsi Perangkat Lunak : Mengidentifikasi program Menyiapkan aplikasi program sehingga seluruh alat terkontrol Mengatur pekerjaan secara efisien

macam-macam Perangkat Lunak Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam,yaitu : Sistem Operasi (Operating System), Program Aplikasi (Application Programs), Bahasa Pemrograman (Programming Language), Program Bantu (Utility)

1. Sistem Operasi Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan Contoh sistem operasi: Linux, Android, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

2. Program Aplikasi (Aplication Programs) Program Aplikasi adalah  perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program  pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

3. Bahasa Pemrograman (Programming Language) Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi- instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer. Ada 4 level bahasa pemrograman, yaitu : Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110

Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.

4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.

4. Program Bantu (Utility) Program bantu merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain. Contoh software ini diantaranya : Norton Utility Winzip AntivirusMcAfee Partition Magic Disk Manager

PERANGKAT MANUSIA (BRAINWARE) Yaitu unsur manusia/semua personil yang bekerja pada sistem komputer. Yang terdiri dari : System Analyst (Analis Sistem); orang yang bertanggung jawab sepenuhnya atas pelaksanaan suatu proyek terkomputerisasi yang menganalisis permasalahan suatu sistem untuk dicarikan solusinya. Programmer (Pemrogram); yang bertugas membuat/mempersiapkan program untuk menyelesaikan masalah.

Administrator. :adalah seseorang yang. bertugas mengelola suatu Administrator :adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan Operator :pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH