sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SISTEM KOMPUTER © akhmad fathurrohman TEKNIK ELEKTRO
Advertisements

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Kelompok Sistem Komputer.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (A)
PENGENALAN KOMPUTER Oleh: Amir Ar Razzaaq.
Alat input ,Output dan pengolongan komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Hardware Software Brainware
DOAGRAM BLOK KOMPUTER.
BAB 1 PENGANTAR KOMPUTER.
PENGANTAR ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Yanuar Nurdiansyah, ST., M.Cs
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
One: Pengenalan Komputer dan System Perangkat Lunak.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PERKEMBANGAN HARDWARE
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
1.Adia Cahyani Putri 2. Akmelvisa Dyah Herfiandini 3. Anisa Rahmawati 4. Ari Setyawati Purnaningrum 5. Ayub Pratama 6. Beta Priyoko 7. Deny Boy Ardianta.
COMPUTER HADRWARE PERTEMUAN 3 : PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI AHMAD FARISI, S. KOM.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KOMPUTER.
Komputer sebagai alat bantu sistem informasi
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PENGENALAN SISTEM KOMPUTER
BUS BUS SITEM Disusun Oleh : 1. Mutiara Dwi Anggraini (H1D015058)
Pengertian Teknologi Informasi Komponen Teknologi Informasi
ELEMEN DASAR KOMPUTER.
APLIKASI KOMPUTER DALAM AKUNTANSI
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
Arsitektur & Organisasi Komputer BAB I Pengantar Arsitektur & Organisasi Komputer Oleh : Bambang Supeno, ST., MT. Feb-18 Arsitektur & Organisasi Komputer.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
(Electronic Data Processing System)
KONTRAK PERKULIAHAN Kehadiran / Presensi : 10%
KOMPUTER.
Oleh : Devie Rosa Anamisa
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Pertemuan 3 Sistem Komputer
Software & Bahasa Pemrograman
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pengenalan Hardware Andri Pranolo.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Operating System UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Materi Komputer, Sistem Komputer dan Komponen Komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PERKEMBANGAN HARDWARE
PERKEMBANGAN HARDWARE
Pengertian Komputer Komputer sebagai sebuah sistem yang berhirarki
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
ARSITEKTUR KOMPUTER Struktur & Fungsi Arsitektur Komputer
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Transcript presentasi:

sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi Fakultas ilmu komputer – universitas jember

Sistem komputer Sistem komputer adalah kombinasi antara hardware, software dan brainware yang melakukan tugas tertentu sesuai dengan fungsi dan kapasitasnya untuk meraih suatu tujuan. Blissmer (1985) : komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau electronic data processing (EDP).

Siklus pengolahan data INPUT OUTPUT Data : kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan Pengolahan : manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti Informasi : hasil dari kegiataan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian. pengolahan data informasi PROCESSING

elemen sistem komputer

Struktur hardware komputer

Fungsi komponen hardware Input Device (Alat Masukan) : Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam computer. Output Device (Alat Keluaran) : Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. I/O Ports : Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

Fungsi komponen hardware (2) CPU (Central Processing Unit) : CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu; ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. Memori : Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

Fungsi komponen hardware (3) Data Bus : Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

Fungsi komponen hardware (4) Address Bus : Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel. Control Bus : Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

Perangkat input Input langsung : keyboard, pointing device (mouse, touch screen, light pen, dan digitizer graphics tablet), scanner (magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (digitizing camera), dan voice recognizer (microphone). Input tidak langsung : keypunch yg dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yg merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yg merekam data ke media magnetic disk (disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

Perangkat output Hard-copy device : alat untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. Soft-copy device, alat untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Drive device atau driver: alat untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

software Program Komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras Juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah dr pengguna untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras Berisi instruksi untuk mengerjakan prosedur tertentu, baik memproses data, melakukan perhitungan, berinteraksi dengan software lain (OS maupun aplikasi lainnya) hingga mengontrol perangkat keras (disebut device driver)

software 3 Kategori: Sistem Operasi Program Aplikasi Bahasa Pemrograman

Software: sistem operasi Subkelas software lapisan pertama (pertama kali diletakkan di memori komputer saat dinyalakan) yang bertugas mengontrol & mengelola hardware serta menyediakan operasi dasar sistem (akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user)

Software: sistem operasi Bertindak sebagai host bagi semua aplikasi yg dijalankan pada komputer utk menangani detail operasi thd hardware Contoh: Ms Windows, Linux, iOS, Netware, dll

Software: program aplikasi Subkelas software yg didesain bagi end user untuk memanfaatkan kemampuan komputer scr langsung melakukan tugas yg spesifik membutuhkan OS saat dijalankan Seringkali antar program aplikasi memiliki kemampuan berinteraksi satu dg yg lain Contoh: Ms Word, Photoshop, dll

Software: bahasa pemrograman Subkelas dari sotfware yang digunakan untuk menulis (membuat) software Menterjemahkan seluruh kode program yang dibuat ke bahasa mesin 2 Kategori: Bahasa Tingkat tinggi & Bahasa Tingkat rendah

Software: bahasa pemrograman Bahasa tingkat rendah: Sekumpulan perintah/instruksi yg memiliki struktur & perintah bhs mesin/seperti bhs mesin Bukan bhs mesin  merupakan pengkodean instruksi bhs mesin untuk mempermudah penyusunan program Didesign sesuai dengan CPU yang digunakan Contoh 1. Bahasa Mesin 000000 00001 00010 00110 00000 100000 2. Bhs Assembly mov     ax,4C00h int        21h Masih harus diterjemahkan ke bahasa mesin

Software: bahasa pemrograman Bahasa tingkat tinggi: Sekumpulan perintah/instruksi untuk menyusun program yang tidak tergantung pada CPU yang digunakan Membutuhkan “penterjemah” (Compiler/Interpreter) agar dapat diproses oleh mesin “English like” language Contoh 1. Bahasa C #include <stdio.h> int a, b; main() { a = 4; b = a + 6; if (a == 5) printf (“Nilai a samadengan 5”); if (b > 9) printf (“Nilai b lebih besar dari 9”); } 2. Bahasa BASIC DIM a, b as int a = 4 b = a + 6 IF (a = 5) THEN PRINT “Nilai a samadengan 5” END IF IF b > 9 THEN PRINT “Nilai b lebih besar dr 9”

brainware SYSTEM ANALIS PROGRAMMER END-USER secara langsung Orang yang merancang suatu system PROGRAMMER Orang yang membuat program END-USER Orang yang menggunakan komputer secara langsung

Terima kasih 