INTRODUCTION.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
By : Rizky Yuniar Hakun. Konsep Pemrograman Berorientasi Object.
Unified Modelling Language (UML)
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Konsep Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
Pertemuan 6 Structural modelling
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB I – KONSEP PBO.
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Desain Berorientasi Obyek dan UML
BAB 1 KONSEP OOP.
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Keuntungan metodologi berorientasi objek.
OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING (OOP)
OOP pada pemrograman Web
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
OBJECTORIENTED ANALYSIS
Oleh : Veri Julianto, M.Si
Pengantar UML.
Unified Modeling Language [UML]
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Rekayasa Perangkat Lunak Konsep Orientasi Objek
Pengantar Object Oriented Analysis and Design
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2
Pemodelan objek.
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
BAB 1 KONSEP OOP.
POLYMORPHISM.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
PENGANTAR UML Citra N., S.Si, MT UNIKOM.
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
UML Class Diagram.
Konsep & Perancangan Database
Use Case Diagram.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Unified Modelling Languange (UML)
Unified Modeling Language (UML)
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Testing Dan Implementasi Sistem
Algoritma Pemrograman 3
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
PEMODELAN ANALISIS RPL – PERTEMUAN 5&6.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Analisa Desain Berorientasi Objek
Perkembangan Teknik Pemrograman
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Transcript presentasi:

INTRODUCTION

T E A M EKO OKTAFIANTO GUSTIAN HERLAMBANG UTEP NUR FAHRINA C IMELDA PUTRI A

Use Case Program

Ruang LINGKUP Definisi PBO Komponen Dasar PBO Konsep Dasar PBO U.M.L Kelebihan dan kekurangan O.O.P U.M.L Use Case Program

Pemrograman Berorientasi Objek DEFINISI Pemrograman Berorientasi Objek Paradigma atau kerangka pikir Secara Objek Atau objek sebagai perantara Untuk menyele- saikan Masalah

Pemrograman Berorientasi Objek KOMPONEN DASAR Pemrograman Berorientasi Objek Adalah data yang membedakan antara objek satu dengan yang lainnya. Misal : warna, bentuk, dsb. Atribut Adalah sesuatu yang meiliki behaviour ( tingkah laku ) , atribut , dan kondisi. Contoh : Binder. Punya atribut isi binder, warna coklat. Behaviournya misal bisa di buka tutup Object Kumpulan objek-objek yang meiliki suatu atribute di dalamnya. Kelas merupakan wadah dan jantung dalam pokok bahasan ini Class

Behaviour Methode Example class adalah hal-hal yang bisa dilakukan oleh objek dari suatu kelas. Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu objek, menerima informasi dari objek lain dan mengirim informasi ke objek lain untuk melakukan suatu pekerjaan Dalam kelas, metode disebut sebagai behaviour. Metode adalah serangkaian pernyataan dalam suatu kelas yang menangani suatu pekerjaan tertentu Kelas VolcanoRobot ( String status; Int speed; Float temperature; Void checktemperature () { If (temperature>660) { Status = “returning to home”; Speed=5; } Behaviour Methode Example class methode

Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek POLIMO RFISME ENKAPSU LASI POLIMO RFISME

POLIMORFISME sesuatu yang bisa berubah ke dalam bentuk yang banyak (memiliki banyak bentuk). Dengan polimorfisme, suatu tampilan yang sama untuk memerintah objek agar melakukan aksi atau tindakan yang mungkin secara prinsip sama namun secara proses berbeda.

ENKAPSULASI pembungkusan variabel dan metode dalam sebuah objek yang terlindungi serta menyediakan tampilan untuk mengakses variabel tersebut. Variabel dan metode yang dipunyai suatu objek bisa ditentukan hak aksesnya.

INHERITANCE Inheritance atau pewarisan sifat adalah pewarisan atribut dan metode dari sebuah kelas ke kelas lainnya. Kelas yang mewarisi disebut dengan superkelas dan kelas yang diwarisi disebut dengan subKelas. SubKelas bisa berlaku sebagai superKelas dari kelas yang lainnya dan ini disebut dengan superKelas.

Motor balap merupakan pewarisan sifat dari motor Contoh Inheritance Motor balap merupakan pewarisan sifat dari motor MOTOR MOTOR BALAP Stang Jok Stang Jok Gigi Ban Gigi Ban Kunci Kunci

Kelebihan O.O.P IMPROVED SOFTWARE-DEVELOPMENT PRODUCTIVITY IMPROVED SOFTWARE MAINTAINABILITY Karena design-nya modular, bagian dari software system dapat dengan mudah di-maintain jika ada perubahan meskipun dalam skala yang besar. FASTER DEVELOPMENT OOP disupport oleh banyak library object yang reusable, sehingga mempercepat penyelesaian program dan juga project berikutnya LOWER COST DEVELOPMENT Faster development tentu akan mengurangi biaya pengembangan proyek software. HIGH QUALITY SOFTWARE Faster development akan memberikan lebih banyak waktu dan resource untuk melakukan proses verification software. Banyak library object yang digunakan juga sudah teruji IMPROVED SOFTWARE-DEVELOPMENT PRODUCTIVITY

Kekurangan O.O.P BIG SIZE PROGRAM LEBIH KOMPLEKS SLOW RUNTIME BELUM TENTU EFISIEN

Unified Modelling Language UML Unified Modelling Language Menentukan bagian dari informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses pembuatan perangkat lunak Memvisualisasi Bahasa Artifact Mengkonstruksi Mendokumentasi

Menyatukan praktek terbaik yang terdapat dalam permodelan Guna U M L Bebas Menyatukan Memberikan bahasa permodelan yang bebas dari bahasa pemrograman dan proses rekayasa Menyatukan praktek terbaik yang terdapat dalam permodelan All’s For You Siap Pakai UML bisa digunakan oleh siapa saja. Baik itu engineer,IT, akuntan, dan lain sebagainya. Dan pada dasarnya UML bebas digunaa=kan oleh orang orang yang memahaminya Memberikan permodelan yang ekspresif dan siap pakai. Dapat digunakan untuk mengembangkan objek dan menukarkan objek. Semua mudah di mengerti secara umum.

USE CASE program Kegiatan Berurutan Sistem Aktor INTERAKSI

K O M P N E Mewakili orang, atau sistem lan yang berkomunikasi dengan use case use case Association, penghubung antar aktor dengan use case Generalisasi, spesialisasi dari elemen lain <<include>> kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi <<extends>> kelakuan yang hanya berjalan di bawah kondisi tertentu

Tujuan Use Case MEREPRESENTASIKAN INTERAKSI PENGGUNA DENGAN SISTEM MEMETAKAN KEBUTUHAN SISTEM MEREPRESENTASIKAN INTERAKSI PENGGUNA DENGAN SISTEM MENGETAHUI KEBUTUHAN DI LUAR SISTEM