MEMBANGUN MODUL PROGRAM YANG EFEKTIF

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Teknik Pemrograman Terstruktur
Advertisements

Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
DESAIN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
KONSEP DESAIN SOFTWARE DATABASE
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP)
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
© 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan Utara Jakarta Selatan Website:
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB I – KONSEP PBO.
Perancangan (Design).
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM
Aktifitas Pengembangan Sistem
Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Rekayasa Perangkat Lunak
Pengantar Algoritma dan pemograman
Review Modularisasi, Algoritma Bisnis, dan Object Oriented
LINEAR PROGRAMMING Pertemuan 05
Fungsi dan Prosedur.
Analisis Kebutuhan Software
Algoritma dan Pemrograman
Desain Sistem.
STMIK-IM Bandung Oleh : Chalifa Chazar
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Rekayasa Perangkat Lunak
Pendahuluan Algoritma dan Pemrograman I-A
Konsep Pengambilan Keputusan untuk Sistem Informasi
Analisa Sistem Informasi
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK ( PL )
FASE PENGEMBANGAN (bag 2)
DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
OOidentity, state and behavior
Object oriented analyst and design
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Pertemuan 6 Implementasi Modularitas Dalam Bahasa Pemrograman
Perancangan Sistem Informasi
PEMROGRMAN BERORIENTASI OBJECT Kontrak Perkuliahan
Analisa Sistem Informasi
PERTEMUAN 13.
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
1. Algoritma, Pemograman dengan C++
Pengembangan Sistem Informasi
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Object Oriented Programming
Rekayasa Kebutuhan Software
Merumuskan Solusi Masalah
Latihan Soal: Yang bukan termasuk kedalam karakteristik sistem adalah:
Kongkurensi.
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Operasional
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Kelompok 7 siluman harimau Muhammad Hafiz Anshari Muhammad Hafiz Anshari Muhmmad Toto Iswanto Muhamad Tajudin Noor Muhammaddun ( 07 ) ( 52 ) ( 34 ) ( 66.
Pemrograman Berorientasi Objek
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Pengembangan Sistem Informasi
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Dasar Pemrograman Dan Bahasa Pemrograman
PERTEMUAN II PENGANTAR
Desain Sistem.
Rekayasa Perangkat Lunak
DASAR - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Teknik Pemrograman Terstruktur
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
ADI PRIHANDONO, SKOM, MKOM
Transcript presentasi:

MEMBANGUN MODUL PROGRAM YANG EFEKTIF Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.

PENDAHULUAN Manusia bila menghadapi permasalahan yang (cukup) besar langkah awal yang dilakukan adalah membagi/memecah permasalahan tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Selanjutnya menyelesaikan secara bertahap bagian demi bagian, baik secara sendiri maupun berkelompok, sehingga diperoleh solusi dari permasalahan yang besar tersebut. Sebagai gambaran, kita diminta untuk “menyelesaikan” (baca: memakan) buah semangka sampai habis. Langkah awal yang dilakukan adalah “mempartisi” (memotong) buah semangka menjadi beberapa bagian dan memakannya satu persatu, sendiri atau bersama- sama.

PENDAHULUAN Dalam lingkup pengembangan perangkat lunak (program) analogi di atas harus dipakai, apabila akan menghasilkan perangkat lunak yang baik. Program yang besar harus dipartisi menjadi beberapa modul yang mudah diselesaikan. Modul program dapat berupa prosedur dan/atau fungsi.

PENDAHULUAN Untuk mempartisi program menjadi beberapa bagian terdapat dua paradigma pokok, yaitu Structured Programming (SP) dan Object Oriented Programming (OOP). SP mempartisi program berdasarkan kata kerja (fungsi sistem) atau behavior sedangkan OOP mempartisi program berdasarkan kata benda (objek diskrit). Dalam SP, struktur data dan behavior terpisah, di sisi lain OOP mengenkapsulasi struktur data dan behavior dalam satu objek.

MENGUKUR MODUL PROGRAM YANG BAIK Reusable adalah kunci pokok dalam pengembangan perangkat lunak, tema inilah yang mengilhami perancangan modul program dan perkembangan paradigma pengembangan perangkat lunak secara umum. Reusable bisa diperoleh bila menerapkan “information hiding”.

MENGUKUR MODUL PROGRAM YANG BAIK Yang dimaksud Information hiding adalah: [Presman 2000] : Setiap modul tersembunyi dengan yang lain. Modul harus dirancang agar informasi (prosedur dan data) yang berada di dalam modul tidak dapat diakses oleh oleh modul lain yang tidak memerlukan informasi tersebut.

MENGUKUR MODUL PROGRAM YANG BAIK Keuntungan modul yang efektif : Mengurangi kompleksitas Mempermudah perubahan Lebih mudah diimplementasikan dan dapat dikerjakan secara paralel (Tim)

MENGUKUR MODUL PROGRAM YANG BAIK Dua Mekanisme pengaktifan modul: Diinvokasi by refference (statemen call) Diinvokasi oleh interupsi (sistem real- time) MENGUKUR MODUL PROGRAM YANG BAIK

MENGUKUR MODUL PROGRAM YANG BAIK Functional Independence merupakan kunci perancangan yang baik dan kunci kualitas program. Keuntungan Modul yang independen: Mudah membagi dalam tim Mudah diubah Perambatan kesalahan berkurang Reusable bertambah

MENGUKUR MODUL PROGRAM YANG BAIK Independensi diukur dengan dengan dua kriteria kualitatif, yaitu Cohesion dan Coupling. COHESION: mengukur kekuatan fungsional relatif suatu modul. COUPLING: mengukur interdependensi relatif antar modul.

MENGUKUR MODUL PROGRAM YANG BAIK Ciri Modul yang baik: High cohesion (functional cohesion): modul hanya melakukan satu tugas dan memerlukan sedikit interaksi dengan modul lain dalam satu program. Low coupling: modul memiliki kopling antar modul yang lemah atau sebebas mungkin dengan modul yang lain (independen). Kopling tergantung pada kompleksitas antarmuka modul.

STUDI KASUS Pada halaman berikut diberikan contoh kasus penyelesaian program secara modular. Pada kolom sebelah kiri, program sudah terdiri dari beberapa modul tetapi masih memiliki kopling tinggi. Kolom sebelah kanan merupakan hasil perbaikan yang menunjukkan kopling rendah. Kohesi tidak begitu tampak dalam kasus ini.

STUDI KASUS BROWSE

KESIMPULAN Dalam menyusun program tidak sekedar memecah program menjadi beberapa modul, tetapi harus memperhatikan bagaimana kualitas modul tersebut. Modul yang baik adalah reusable. Reusable dalam program yang sama maupun reusable untuk program yang lain.