Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN) Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0 Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN)
Mahasiswa dapat Menghasilkan user interface dengan SWING (C3) Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat Menghasilkan user interface dengan SWING (C3)
Konsep Pemisahan antara Data dan State Outline Materi Konsep Pemisahan antara Data dan State Implementasi Swing dalam program
KONSEP PEMISAHAN DATA DAN STATE Data Model dan State Model Alasan Pemisahan
IMPLEMENTASI SWING DENGAN PROGRAM Top-level Container 1. Frame 2. Dialog
IMPLEMENTASI SWING DENGAN PROGRAM Layout Management 1. BorderLayout 2. BoxLayout 3. FlowLayout 4. CardLayout 5. GridLayout 6. GridBagLayout
IMPLEMENTASI SWING DENGAN PROGRAM Penanganan Event Definisi Event Konsep dasar notifikasi berdasarkan event Contoh Event
IMPLEMENTASI SWING DENGAN PROGRAM Intermediate Container JPanel JScrollPane JTabbedPane JToolBar
IMPLEMENTASI SWING DENGAN PROGRAM Atomic Component Button, Check Box, dan Radio Button Label Text Field dan Password Field Text Area Combo Box List Box Menu File Chooser
IMPLEMENTASI SWING DENGAN PROGRAM Menggunakan Mnemonic Menggunakan Accelerator Mengubah Look and Feel dari GUI
Cakupan implementasi swing dalam program adalah sebagai berikut : RINGKASAN Cakupan implementasi swing dalam program adalah sebagai berikut : Top-Level Container Intermediate Container Atomic Component Layout Manager Event Handling