Pertemuan 2 Model Proses + Metodologi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Advertisements

KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak (software requirement analysis)
Perancangan Sistem PSI-MK5.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
Pengembangan Perangkat Lunak Menggunakan Evolutionary Prototyping Studi Kasus PROYEK SITINA Teori Sistem Pemodelan.
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
PENGEMBANGAN SISTEM.
KONSEP DAN TEKNOLOGI BERORIENTASI OBYEK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pendekatan dalam Produksi Perangkat Lunak
Perancangan Terstruktur (Structured Analisys and Design / SSAD)
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan 9 Metodologi Perancangan Multimedia
 Communication  Planning  Modeling  Contruction  Deployment.
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
SIKLUS HIDUP SISTEM Proses Pengembangan sistem berasal dari system life cycle/siklus hidup sistem. Siklus hidup sistem terjadi begitu saja System.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
Rekayasa Perangkat Lunak
UML (Unified Modelling Language)
Analisis Kebutuhan Software
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
Pertemuan 9 Metodologi Perancangan Multimedia
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
System Development Life Cycle (SDLC)
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Perancangan Sistem Informasi
Pengantar Object Oriented Analysis and Design
Object-Oriented Analysis (OOA)
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
OOAD & Pemodelan Fungsional
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PENGANTAR KE UML Dewi Sartika, M.kom.
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Pengantar Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak
Materi Habis Uts IMK Prototyping
PENGANTAR UML Citra N., S.Si, MT UNIKOM.
Rekayasa Produk (Perangkat Lunak)
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Pemodelan Berorientasi Objek
“Strategi Pengembangan Manajemen Sistem Informasi Publik”
Analisis Persyaratan System
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
NOTASI UML DAN DIAGRAM-DIAGRAM UML
Pengantar Objek.
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 4 OOAD Coad Yourdon 5 Lapisan Kegiatan
PENGEMBANGAN SISTEM.
BAB II Pengembangan Sistem
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
Transcript presentasi:

Pertemuan 2 Model Proses + Metodologi ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK Citra Noviyasari, S.Si, MT

MODEL PROSES Model proses merupakan suatu paradigma yang digunakan untuk menggambarkan model dari urutan suatu kejadian di dalam sistem pada saat membangun ataupun mengembangkan suatu perangkat lunak. Model proses yang sering digunakan adalah Model Prescriptive, yaitu menggambarkan suatu set dari elemen sistem, dapat berupa kegiatan, aksi, tugas, proses produksi maupun proses untuk jaminan kualitas dalam setiap proyek perangkat lunak. Pada tiap proses digambarkan aliran kerja yang akan digunakan dalam pekerjaan rekayasa perangkat lunak, dan digunakan oleh tim pengembang sebagai acuan membuat perangkat lunak.

MODEL PROSES Inkremental

MODEL PROSES Rapid Application Development

MODEL PROSES Prototype

METODOLOGI Metodology adalah cara sistematis untuk mengerjakan analisis dan desain. Penggunaan metodologi memudahkan tim pengembang untuk merencanakan dan mengembangkan sistem, menghilangkan perbedaan notasi untuk hal yang sama. Metodologi : Coad Yourdon -OOAD- (Peter Coad dan Edward Yourdon) Object Modeling Technique -OMT- (James Rumbaugh) Object Oriented Software Engineering –OOSE- (Ivar Jacobson)

OOAD 7 keuntungan menggunakan objek Menangani domain persoalan yang makin kompleks Meningkatkan interaksi antara analis dan ahli pada domain permasalahan Meningkatkan konsistensi internal antara analisis, perancangan dan pemrograman Secara eksplisit menyatakan antara kelas dan objek Membuat spesifikasi yang lebih tangguh terhadap perubahan Mengguna-ulang hasil OOA, OOD, dan OOP Menyediakan representasi yang konsisten antara analisis, perancangan dan pemrograman.

OOAD Catatan Tidak ada perbedaan besar antara notasi analisis dan perancangan Tidak ada transisi dari tahapan analisis ke tahapan perancangan Tidak ada model waterfall yang harus diikuti, dalam hal ini dapat menggunakan model spiral dan incremental, walaupun penggunaan tersering adalah model prototyping. Terdapat sejumlah keahlian dan strategi khusus yang diperlukan oleh analis dan perancang Terdapat keseragaman representasi dari OOA, OOD ke OOP.