UJIAN TERDIRI ATAS 50 SOAL TERBAGI ATAS 3 JENIS 1. SOAL NO. 1 S.D. 30 PILIHAN BERGANDA 2. SOAL NO. 31 S.D. 40 PILIHAN BERTINGKAT a. Jika no. 1 dan 2 benar b. Jika no. 1 dan 3 benar c. Jika no. 2 dan 3 benar d. Jika no. 1, 2, dan 3 benar 3. SOAL NO. 41 S.D. 50 SEBAB-AKIBAT a. Jika pernyataan 1 dan 2 benar dan ada hubungan sebab akibat b. Jika pernyataan 1 dan 2 benar dan tidak ada hubungan sebab akibat c. Jika Salah satu pernyataan salah d. Jika ke dua pernyataan salah 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
Berikut ini adalah kriteria pemilihan algoritma, kecuali a. Ada input c. Berakhir b. Efektif dan Efisien d. Terstruktur Berikut ini adalah bagaimana menyatakan suatu algoritma, kecuali a. Flowchart c. Pseudocode b. Program d. Diagram 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
3. Fase dimana program eksekusi akan melakukan Koreksi terhadap kesalahan program, adalah a. Fase Profilling c. Fase Compiling b. Fase Debugging d. a dan b benar 4. Berikut ini adalah cara menganalisa suatu program, a. Melihat hasil akhir c. Melihat jalannya program b. Melihat Model d. Melihat Running Time 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
5. Berikut ini adalah yang mempengaruhi waktu tempuh dari suatu algoritma, kecuali a. Jenis Output c. Banyaknya langkah b. Jenis Operasi d. Jenis Komputer 6. Prosedur yang akan berhenti jika ada solusi disebut a. Algoritma c. Semi Algoritma b. Pseudocode d. Semi Prosedur 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
7. Berikut ini sifat dari algoritma, kecuali a. Efektif c. Banyak langkah tak hingga b. Efisien d. Instruksinya jelas 8. Berikut ini adalah Type data Sederhana, kecuali a. Ordinal c. Integer b. Boolean d. String 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
9. Type data yang hanya memiliki 2 nilai yaitu Benar dan Salah disebut a. Character c. Integer b. String d. Boolean 10. Type data terstruktur dimana semua nilai yang ada disebut satu persatu adalah a. Array c. Set/Himpunan b. Record d. Terbilang 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
11. Jika N = 10 kemudian ditambahkan 1, maka algoritma yang terbentuk a. N = 11 c. N = +1 b. N = 10 + 1 d. N = N + 1 12. Di bawah ini yang merupakan simbol keputusan a. c. b. d. 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
13. Jika A = 1, B = 2, C = 0, maka algoritma untuk menukarkan A dan B adalah a. A=C, C=B, B=A c. A=B, B=C, C=A b. C=A, A=B, B=C d. B=C, A=C, A=B 14. Diketahui suatu deret 1, 4, 9, 16, ….berapakah interval nilai pokok dari masing-masing deret a. 1 c. 3 b. N d. 3, 5, 16, …. 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
15. Diagram yang menggambarkan suatu alur logika disebut a. Symbol c. Pseudocode b. Flowchart d. Diagram Chart 16. Diberikan algoritma If A=B Then A=A+1 Else B=B+1 maksudnya a. Jika A=B maka nilai A bertambah 1 b. Jika A=B maka nilai B bertambah 1 c. Jika A=B maka tidak ada yang dikerjakan d. a dan b benar 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
17. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blaise Pascal b. Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi c. Newton d. Avogadro 18. Diketahui A=5, Q=2, B=1. Diberikan Algoritma A=Q, B=A maka nilai A, B, dan Q sekarang adalah a. 5, 2, 1 b. 2, 2, 2 c. 2, 5, 2 d. 2, 2, 5 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
19. Dibawah ini perintah LOOPING, kecuali a. WHILE…DO…ENDWHILE b. IF…THEN c. REPEAT….UNTIL d. FOR….ENDFOR 20. Di bawah ini yang termasuk struktur alih jalur bersyarat a. IF…THEN c. GOTO label b. CASE…OF d. a dan b benar 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
21. Algoritma LOOPING adalah a. Alur logika yang mengalir dari atas ke bawah b. Alur logika yang memiliki percabangan c. Alur logika yang mengalir dari atas ke bawah kembali lagi ke atas d. Alur logika yang tidak berhenti 22. Proses yang dapat memanggil dirinya sendiri disebut a. Rekursif b. Array c. Looping d. Branching 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
23. Kelemahan dari proses rekursif adalah a. Memerlukan waktu proses yang lama b. Output tidak langsung keluar c. Memerlukan memori yang besar d. Proses tidak dapat terdeteksi 24. Contoh dari type data array adalah a. Faktorial b. Vektor c. Menara Hanoi d. Fibonacci 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
25. Looping WHILE, minimal proses pengulangan sebanyak a. 0 b. 1 c. 2 d. 4 26. Looping REPEAT, minimal proses pengulangan 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
27. Perintah yang akan melakukan proses pengulangan jika kondisi terpenuhi adalah a. FOR b. WHILE c. REPEAT d. IF 28. Perintah yang akan melakukan proses pengulangan jika kondisi tidak terpenuhi adalah 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
29. Maka proses pengulangan akan terjadi sebanyak FOR A=3 TO 17 DO WRITE “BSI” ENDFOR 29. Maka proses pengulangan akan terjadi sebanyak a. 3 b. 17 c. 14 d. 15 30. Maka WRITE “BSI” akan diproses sebanyak 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
31. Rumus untuk mengetahui jumlah kegiatan pada Permaianan menara hanoi adalah a. 2N-1 b. 2N-1 c. 2N+1 d. 2N-1 32. Jika diketahui ada 6 buah piring, maka kegiatan yang terjadi sebanyak a. 64 b. 65 c. 63 d. 62 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
33. Pada perintah WHILE..DO minimal looping terjadi sebanyak a. 1 b. 2 c. 0 d. Tdk Terdefinisi 34. Pada perintah REPEAT minimal looping akan 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
1. Jika nilai A=0 maka tercetak “Bil.nol” 35. Diketahui branching IF A<0 THEN Write (“Bil.Negatif”) ELSE IF A>0 THEN Write (“Bil.positif”) Write (“Bil.nol”) 1. Jika nilai A=0 maka tercetak “Bil.nol” 2. Jika nilai A=0 maka tercetak “Bil.positif” 3. Jika nilai A=-1 maka tercetak “Bil.negatif” 36. Dibawah ini yang termasuk struktur flowchart 1. Branching 2. Looping 3. Index 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
37. Diketahui algoritma brancing IF A<3 and B>3 THEN WRITE (‘LULUS’) ELSE WRITE (‘GAGAL’) 1. Jika A=2 dan B=2 maka tercetak GAGAL 2. Jika B=4 maka tercetak GAGAL 3. Jika A=2 dan B=4 maka tercetak LULUS 38. Di bawah ini yang termasuk type data sederhana 1. Integer 2. Boolean 3. Set 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
39. Di bawah ini data yang memiliki format 1 byte, adalah 1. Character 2. Integer 3. Boolean 40. FOR A =3 TO 7 DO, artinya 1. Proses pengulangan terjadi sebanyak 4 kali 2. Proses pengulangan terjadi sebanyak 5 kali 3. Proses pengulangan dimulai dari nilai A=3 hingga 7 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
41. Suatu algoritma harus valid Sebab Validitas berhubungan dengan solusi/ output yang dihasilkan 42. Proses percabangan adalah proses pengalihan dengan syarat atau tanpa syarat GOTO adalah salah satu proses pengulangan 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
43. Integer merupakan salah satu type data sederhana Sebab Integer memiliki titik desimal 44. Merencanakan suatu algoritma berarti menentukan model algoritma yang akan digunakan Salah satu tahapan analisa algoritma adalah menyatakan suatu algoritma 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
45. Diketahui A=4 maka A adalah variabel pe-ubah Sebab Variabel pe-ubah adalah variabel yang nilainya adalah konstanta 46. Operator AND merupakan operator pada type Boolean Hasil dari operator AND berupa True atau False 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
47. Salah satu struktur pada flowchart adalah struktur pengulangan Sebab Flowchart memungkinkan adanya proses pengulangan 48. Menyatakan suatu algoritma dapat dengan pseudocode Algoritma harus berakhir 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *
49. Algoritma harus efisiensi Sebab Efisiensi berhubungan dengan waktu dan tempat 50. Konsep Menara Hanoi menggunakan proses Rekursif Rekursif adalah proses yang dapat memanggil dirinya sendiri 1. Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika bernama a. Blasé Pascal b. Phitagoras c. Abu Jafar Ibnu Musa Al Khawarizmi * d. Al Blasé Goritm 2. Definisi Algoritma adalah a. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh b. Suatu Prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi c. Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu masalah d. Semua jawaban benar *