KELOMPOK VIII Charles Tantoso Lorensius Ndare Alamsyah amin

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Advertisements

Oleh: Prof.Dr.Mungin Eddy Wibowo, M.Pd Universitas Negeri Semarang
WEBSITE SEBAGAI MEDIA PENGGANTI BUKU PAKET PELAJARAN SEKOLAH SISWA SMPN3 MALANG Aldo Bagus Candra P. XI
BAB 10 ASPEK ERGONOMIK.
Aspek Ergonomik.
Keterampilan Dasar Mengajar
Komunikasi Lisan Kelompok Manajemen Rapat
Bakat, Kecerdasan dan kreativitas Peserta Didik
Menggunakan Pendekatan METACOGNITION Joseph Frank Landsberger
STRESS DALAM PEKERJAAN
PERTEMUAN 15.
12. PENGUMPULAN DATA ARTI PENGUMPULAN DATA
LAMARAN KERJA DAN WAWANCARA KERJA
Aspek Ergonomi Dalam IMK
ASPEK ERGONOMIK.
Etika menerima Tamu dan Bertelepon
Kepercayaan Diri.
Intan Silviana Mustikawati, SKM, MPH
Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA Negeri 1 Mantewe Tahun Pelajaran 2016/2017.
STKIP-PGRI Banjarmasin
Penyiar Televisi.
BEKERJA CERDAS “WORKING SMART”
KETERAMPILAN DASAR KONSELING
J Refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjutnya Melalui PTK
Mengenal TIPE BELAJAR ANAK (AUDITORY, VISUAL, & KINESTETIK)
Masalah-masalah dalam belajar
Menggunakan Pendekatan METACOGNITION Joseph Frank Landsberger
Interaksi Manusia & Komputer
POKOK BAHASAN Pertemuan 04 MANAJEMEN DIRI
Menikmati Kehidupan Kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan terletak pada semangat juang masing-masing individu. Hal yang besar bukanlah apa yang terjadi.
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
Mimpi adalah komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa kita
Mengatasi Kejenuhan Kerja
SMP Kelas 3 Semester 1 BAB VI
KOMUNIKASI BISNIS.
ASPEK ERGONOMIK.
Aspek Ergonomi Dalam IMK
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
KOMUNIKASI TERAPEUTIK
TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
PUBLIC SPEAKING.
Penyusunan SAP DAN MEDIA PEMBELAJARAN
BAB I PENDAHULUAN Disampaikan pada:
Cara Belajar Yang Efektif
LATIHAN 2 EXTROVERT Oleh. : Rismawaty.
TEKNIK KOMUNIKASI PADA ANAK
PERTEMUAN 15.
Stres....
Keterampilan Dasar Mengajar
SELAMAT DATANG DI SMK NEGERI PAKU
PUBLIC SPEAKING.
Keterampilan Dasar Mengajar
Pengasuhan Anak Usia Sekolah Dasar PERTEMUAN 8
”ASSALAMMU’ALAIKUM”.
Bertelepon.
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Mengenal Lebih Dekat dan Penanganannya di Kelas Oleh: Ana Karunia, S.Psi.
DITULIS OLEH : AFRIYANDI, S.Pd.SD NIP
Gawai : Berkat atau Malapetaka?. GAWAI = GADGET Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis.
JUDUL PENELITIAN Pengaruh Penggunaan Hp terhadap Konsentrasi Siswa SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016.
Menggunakan Pendekatan METACOGNITION Joseph Frank Landsberger
Menggunakan Pendekatan METACOGNITION Joseph Frank Landsberger
ASPEK ERGONOMIK.
PENDAHULUAN Tawaran Modernitas Mengakses informasi informasi penting Merasa menggegam dunia.
Oleh: Prof.Dr.Mungin Eddy Wibowo, M.Pd Universitas Negeri Semarang
Ergonomi: sistem kerangka dan otot manusia
GADGET. Barang canggih yang diciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial, hobi, bahkan hiburan.
KONSEP DIRI REMAJA T U J U A N Dapat memahami dan menemukan unsur- unsur konsep diri serta memahami dan menerima kelebihan dan kekuarangan secara wajar.
Karena …. Yang pasti berlalu adalah waktu. 1. APA ITU BELAJAR EFEKTIF? Yaitu belajar yang menyenangkan, terjadwal dengan baik, tidak memakan banyak waktu.
DAMPAK GAME ONLINE BAGI PELAJAR (Irsyadinnas)
Transcript presentasi:

KELOMPOK VIII Charles Tantoso Lorensius Ndare Alamsyah amin

IDENTIFIKASI LAYAR ON OFF

Pendahuluan Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa.Banyak hal dari sector kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan manusia dalam berbagai aspek dan dimensi.

Rumusan Masalah Permasalahan utama yang di angkat dalam makalah ini adalah:a. Apa pengertiani identifikasi ?b. Apa dampak positif dan negative saat layar on ?c. Apa dampak positif dan negative saat layar off ?d. Apa solusi mengatasi dampak negative layar on dan off ?

Tujuan Tujuan utama yang diangkat dalam makalah ini adalah:a. Untuk mengetahui pengertian identifikasib. Untuk mengetahui dampak positif dan negative saat layar onc. Untuk mengetahui dampak positif dan negative saat layar offd. Untuk menemukan solusi mengatasi dampak negative layar on dan off

1.2.Identifikasi Identifikasi berasal dari kata Identify yang artinya meneliti, menelaah. Identifikasi adalah kegiatan yang mencari, menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat data dan informasi dari “kebutuhan” lapangan.Secara intensitas kebutuhan dapat dikategorikan (dua) macam yakni kebutuhan terasa yang sifatnya mendesak dan kebutuhan terduga yang sifatnya tidak mendesak. Pembahasan

2.2 layar on Menurut kami layar on adalah proses kegiataan yang dilakukan pada saat perangkat mobile ataupun sejenisnya sedang berjalan (ON) dampak positif layar on Mengurangi tingkat sters Beberapa anak mengaku bahwa sekolah adalah hal yang menegangkan karena diperlukan konsentrasi tinggi dan keseriusan. Namun dengan memainkan game pada gadget, chatting dengan teman di media sosial, atau mengunduh lagu kesukaan teman dapat mengurangi ketegangan syaraf.

dapat mempermudah pekerjaan Layar on pada computer dapat meringankan beban pekerjaan manusia dengan berbagai fungsi kerja dari computer tersebut, dan berbagai dampak lainnya. selainitu, kecermatan dan ketepatannya tidak sudah tidak diragukan lagi. Pada zaman sekarang, computer bisa disebut dengan keperluan pokok karena bisa dipakai dalam berbagai keperluan. Bisa kita lihat dalam setiap tugas yang di dapat siswa rata-rata menggunakan komputer. Jangankan kita anak SMA, anak SMP pun sekarang sudah menggunakan komputer.

Mendukung aspek akademis Dengan adanya teknologi gadget sebenarnya dapat mendukung akademis anak.Seorang anak dapat melakukan browsing dengan gadget akan mudah untuk mencari informasi perihal pengetahuan yang ia dapat di sekolah. Jadi ia tidak perlu bersusah payah mencari kata log buku di perpustakaan untuk mencari informasi yang dengan pengetahuan.Beberapa tenaga pendidik menyadari adanya kemajuan teknologi ini mendukung pendidikan anak,dengan membuat program sederhana atau perangkat lunak yang digunakan sebagai media pembelajaran..

kelainan postur tubuh Melihat layar smartphone terlau lama dengan posisi badan tidak benar ternyata dapat mengakibatkan kelainan pada postur tubuhmu, Misalnya saat memainkan smartphone sedang duduk, dan tanpa disadari dengan posisi tulang belakang yang terlalu membungkuk kedepan. Ternyata, hal itu dapat menyebabkan penyakit degeneratif yang akan dirasakan saat berumur 40 hinggan 50 tahun dampak negatif layar on

Menimbulkan kecanduan Kemampuannya untuk terus terhubung selama 24 jam nonstop selama 7 hari membuat pengguna smartphone selalu update dengan beritaapa pun, termasuk untuk ngobrol dengan teman.kesenangan yang timbul ketika menerima , SMS, atau pesan ditengarai akan menimbulkan kesenangan tersendiri. Lambat launhalini akan menimbulkan kecanduan Sulit tidur Komputer, laptop, tablet, dan ponsel cenderung mengeluarkan cahaya biru yang diduga mengganggu hormone alami manusia untuk tidur.Maka, sebaiknya redupkan kecerahan layar ponsel Anda untuk mengurangi resiko sulit tidur.

2.3 layar off Menurut kami layar off adalah proses kegiataan yang dilakukan pada saat perangkat mobile ataupun sejenisnya sedang tidak berjalan (Off ) dampak positif layar off meningkatkan solidaritas Pada saat bermain diluar bersama teman tanpa menghidupkan gadget akan mengakibatkan rasa solidaritas. hal ini dikarenakan mereka tidak terfokus pada gadget mereka yang sedang off.

lebih percaya diri Bermain diluar bersama teman tentu saja tidak akan mengalami rasa malu. Hal tersebut terjadi karena berkomunikasi bersama teman secara langsung mengakibatkan timbulnya rasa percaya diri tanpa menggunakan gadget lebih mudah tidur Cahaya biru yang dikeluarkan oleh layar secara efektif memberitahu otak untuk berhenti memproduksi hormon metalonin, sinyal kimiawi yang membuat tubuh kita tahu kapan saatnya menutup mata secara natural.

2.3.2 dampak negatif layar off sulit menemukan informasi Tanpa adanya gedget kita akan sulit menemukan informasi yang mungkin sangat kita butuhkan, yang dapat membuat kita menjadi ketinggalan informasi sulit melakukan komunikasi jarak jauh Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang menggunakan informasi agar terhubung dengan orang lain, dan apabila dilakukan pada jarak jauh tanpa gadget akan membuat kita kesulitan, karena harus mendatangi orang tersebut.

2.4 solusi Untukmengatasiataupun paling tidakmengurangidampaknegatifdarilayar on dan off adabeberapahal yang dapatdilakukandiantaranyaadalah : Tinggalkan smartphone sebelum tidur Salah satu sebab mengapa manusia sulit tidur adalah smartphone. Dengan adanya smartphone, manusia cenderung ingin selalu mengecek apa yang ada di sana. Padahal, waktu sebelum tidur itu seharusnya dimanfaatkan untuk membuat tubuh dan pikiran rileks, tanpa gangguan apapun. Selain itu, agar kualitas tidur tetap terjaga, terapkan mode silent pada smartphone-mu sebelum tidur sehingga tidak terganggu oleh suara notifikasi dari smartphone tersebut

2.4.2 Gunakan untuk berbagi Berbagi bisa sangat mudah ketika kamu notice terhadap hal-hal kecil di sekitarmu. Ketika menemukan informasi menarik, kamu bisa membagikannya dengan kawan-kawanmu melalui aplikasi media sosial di smartphone-mu. Jadi, selain menjadi pengguna smartphone yang bijak, kamu juga bisa menjadi pengguna media sosial yang bijak Manfaatkan waktu senggang bacaan Ketika menunggu kereta datang dan kamu tidak membawa buku apa pun, kamu bisa memanfaatkan smartphone-mu untuk browsing informasi-informasi menarik lewat aplikasi browser. Daripada hanya untuk update sesuatu yang tidak penting di media sosial, lebih baik gunakan smartphone-mu untuk update berita terbaru sehingga wawasanmu bertambah.

2.4.4 Batasi waktu penggunaan Nah cara ini harus lakukan kepada anak guna untuk membangun keseimbangan dan membatasi penggunaan segala perangkat teknologi. Anda bisa melakukan cara ini melalui sebuah kesepakatan bersama dalam keluarga anda, karena jika terlalu sering menggunakan gadget akan membuat hubungan komunikasi didalam keluarga akan renggang dan berkurang Tinggalkan smartphone anda di ruangan lain. Untuk mengurangi kebiasaan sering mengecek smartphone, sebaiknya tinggalkan smartphone anda di ruangan lain, simpan di dalam tas, atau ubah ke nada getar, sehingga kamu akan terhindar dari keinginan untuk mengeceknya dan tetap fokus mengerjakan hal yang ada didepanmu.

2.4.6 Jangan gunakan telepon saat sedang berbicara dengan orang lain. Jika bukan merupakan telepon yang benar-benar penting sampai harus mengangkatnya, lebih baik jangan diangkat. Saat sedang berbicara dengan orang lain dan ada pesan masuk, lalu anda melihat smartphone atau kemudian mengetik pesan meski hanya sebentar, kondisi tersebut dapat memberikan dampak negatif terhadap hubungan dengan lawan bicara. Dampaknya juga dapat mempengaruhi produktivitas anda.

KESIMPULAN Kemajuan teknologi informasi telah banyak membawa dampak positif dan negatif dalam kehidupan kita, oleh sebab itu sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui cara yang tepat dalam menyikapi kemajuan teknologi informasi tersebut untuk menghindarkan pengaruh dari hal-hal yang negatif yang turut dibawa oleh kemajuan teknologi informasi. Sikap yang dapat kita ambil terhadap kemajuan teknologi informasi yakni mengetahui dan menyesuaikan kebutuhan kita akan informasi yang ingin kita dapatkan melalui teknologi informasi,dan menggunakan teknologi sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan sihinggan mengganggu aktivitas kita,dan menggunakan manfaat teknologi informasi secara bijak. Dengan demikian dampak negatif dari kemajuan teknologi informasi akan dapat ditekan secara maksimal.

TERIMA KASIH