Teknik Riset Operasi - Ilmu Komputer UPI - 2010 Referensi: Operation Research: Model-model Pengambilan Keputusan (Tjutju Tarliah, Ahmad) Programa Linier Fadhil Hidayat Email: fadhil_hidayat@yahoo.com http://2persen.wordpress.com/ Teknik Riset Operasi - Ilmu Komputer UPI - 2010
Contoh1 Masih ingatkah tentang pertemuan pertama? PT. SA adalah perusahaan yang memproduksi mainan dari kayu, berupa boneka dan kereta api. Harga Jual /lusin: Boneka: Rp 27.000 Kereta Api: Rp 21.000 Biaya Produksi: Boneka: Rp 10.000 material + Rp 14.000 pekerja Kereta Api: Rp 9.000 material + Rp 10.000 pekerja Proses kerja terdiri atas 2, yaitu pemolesan dan pekerjaan kayu. Masing-masing membutuhkan waktu kerja sebagai berikut: Boneka: 2 jam pemolesan + 1 jam pekerjaan kayu Kereta Api: 1 jam pemolesan + 1 jam pekerjaan kayu Jam kerja yang tersedia per minggu adalah 100 jam pemolesan dan 80 jam pekerjaan kayu. Jumlah produksi kereta api adalah unlimited sedangkan maksimum produksi boneka 40 lusin per minggu. Berapa jumlah produksi masing-masing mainan agar keuntungan per minggu menjadi maksimum? Masih ingatkah tentang pertemuan pertama? Contoh1
Bagaimana menyelesaikan persoalan tersebut? Berapa jumlah produksi masing-masing mainan agar keuntungan per minggu menjadi maksimum? Menyelesaikannya ??? HA HA..
Solusi Pertama: Tentukan dulu variabel keputusan Perhatikan kalimat ini: “Berapa jumlah produksi masing-masing mainan agar keuntungan per minggu menjadi maksimum?” Variabel yang harus dicari adalah jumlah produksi masing-masing mainan per minggu. Maka dapat kita misalkan: X : banyak produksi boneka /minggu. Y : banyak produksi kereta api /minggu. Pertama: Tentukan dulu variabel keputusan Solusi
Solusi Kedua: Buat fungsi tujuannya.. Fungsi Tujuan: fungsi dari variabel-variabel keputusan. Dinyatakan dengan (z). Dari persoalan ini, keuntungan (pendapatan-pengeluaran) yang akan diperoleh dari masing-masing variabel keputusan adalah: Boneka (X): harga jual – harga produksi = 27.000 – (10.000 + 14.000) = 27.000 – 24.000 = 3.000 Kereta api (Y): = 21.000 – (9.000 + 10.000) = 21.000 – 19.000 = 2.000 Maka fungsi tujuannya adalah: Maksimumkan z = 3X + 2Y Kedua: Buat fungsi tujuannya.. Solusi
Solusi Ketiga: Buat fungsi pembatasnya.. Perhatikan tabel total kebutuan jam kerja untuk memproduksi /lusin boneka dan kereta api, berikut: Dari tabel dapat diidentifikasikan fungsi pembatasnya adalah, sebagai berikut: 2X + Y ≤ 100 X + Y ≤ 80 Fungsi pembatas lainnya: Y ≥ 0 X ≤ 40 X ≥ 0 Ketiga: Buat fungsi pembatasnya.. Solusi
Solusi Pecahkan masalahnya: Lihat Teknik Pemecahan Model Programa Linier Contoh Solusi Grafis Solusi
Solusi Beberapa solusinya Koordinat titik A: Jika X = 20, maka: X + Y = 80 20 + Y = 80 Y = 80 – 20 = 60 Koordinat Titik A (x,y) adalah (20,60). Koordinat titik B, jika X = 40, maka: 2X + Y = 100 2(40) + Y = 100 Y = 100 – 80 = 20 Koordinat Titik B (x,y) adalah (40,20). Beberapa solusinya Solusi
Masukkan solusi yang ada ke dalam fungsi tujuan z=3X + 2Y (20,60), z = 3(20) + 2(60) = 60 + 120 = 180 (Maksimum) (40,20), z = 3(40) + 2(20) = 120 + 40 = 160 (40,0), z = 3(40) + 2(0) = 120 Jadi strategi agar keuntungan perusahaan mainan PT.SA menjadi maksimum adalah dengan memproduksi 20 lusin boneka dan 60 lusin kereta api, sehingga laba yang diperoleh dari penjualan keduannya adalah sebesar Rp 180.000 Hasilnya.. Solusi
Kontak Fadhil Hidayat facebook: Fadhil Hidayat blog: 2persen.wordpress.com email: fadhil_hidayat@yahoo.com
Sekian & Terima Kasih