STANDART KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi. KOMPETENSI DASAR Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi.
Materi pokok / pembelajaran Pengantar teknologi informasi. Pengantar teknologi komunikasi. Perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI BAB III 8/8/2018 BAB III PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI
A. Pengantar Teknologi Informasi Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) mencakup 2 aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi meliputi segala hal yg berkaitan dengan Proses, Penggunaan sbg alat bantu, Manipulasi, dan Pengolahan Informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yg berkaitan dgn penggunaan alat bantu untuk memproses & mentransfer data dr perangkat satu ke perangkat yg lainnya
Sehingga Teknologi Informasi & Komunikasi adalah suatu paduan yg tidak dapat dipisahkan yg mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yg terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengolahan, dan transfer / pemindahan informasi antar media.
Komputer merupakan bagian dari perangkat TIK. Komputer itu sendiri adalah seperangkat alat elektronika pengolah data yg bekerja secara terkoordinir dan terintegrasi (tergabung), sehingga menghasilkan keluaran yg berupa informasi.
Informasi yg dihasilkan oleh perangkat komputer merupakan hasil dari sebuah kerja sama yang saling mendukung antara bagian satu dengan bagian yg lain sesuai dgn fungsinya masing2. Dgn perkembangan komputer sekarang ini, komputer banyak digunakan disegala bidang kehidupan.
1. Prinsip Kerja Komputer Prinsip kerja komputer antara lain Input (masukan), kemudian Process (Pengolahan), dan berakhir pada Output (Keluaran). Keluaran yg dihasilkan oleh komputer berupa informasi. Untuk lebih jelasnya perhatikan diagram berikut…:
Input Device Output ROM RAM Processor Control Unit ALU CPU MEMORY Prinsip Kerja Komputer
2.Klasifikasi Komputer Perkembangan teknologi komputer dari tahun ke tahun mengalami kemajuan yang berarti. Mulai dari teknologi processor hingga pengembangan fitur & fasilitas2 lainnya.
Dengan lahirnya produk komputer yang memiliki fungsi beragam, maka jenis komputer dapat diklasifikasikan dari berbagai aspek.
a. Klasifikasi komputer berdasarkan procesor yang digunakan. 1. Mainframe. 2. Mini Computer. 3. Personal Computer (PC).
Keterangan : 1.Mainframe. adalah komputer yang procesornya mempunyai kemampuan sangat besar, karena ditujukan untuk banyak pemakai. Mainframe disediakan u/ banyak pemakai (Multiuser) & setiap pemakai dpt menggunakan program yg berbeda pd saat yang sama (Multitasking).
Komputer mainframe mempunyai CPU yg berada pd satu mesin sendiri, mempunyai perangkat penyimpanan, komunikasi di satu mesin sendiri, & dihubungkan dgn banyak terminal yg terdiri dari keyboard dan monitor saja. Komputer jenis ini biasanya digunakan pd perusahaan yg berskala besar, seperti kantor Pusat Penerbangan Nasional.
Komputer mainframe saat ini kalah bersaing dgn komputer PC yg menggunakan teknologi internet. 2. Minicomputer. Minicomputer sebenarnya adalah bentuk mini dari komputer mainframe. Kalau mainframe dpt memiliki ribuan terminal, komputer mini lebih terbatas hanya sampai -
ratusan dan mungkin hanya puluhan. 3. Personal Computer (PC). Personal Computer (komputer Pribadi) adalah komputer yg ditujukan untuk satu pemakai program aplikasi pd suatu saat. Oleh karena itu, perangkatnya dpt diringkas ke dalam satu mesin saja.Komputer ini memiliki monitor, keyboard dan CPU.
b. Klasifikasi komputer berdasarkan bentuk & ukuran fisik. 4. Palmtop. 1. Desktop. 2. Notebook. 3. Subnotebook
Keterangan : 1. Desktop. Jenis komputer yang paling banyak dipakai sekarang ini karena harganya lebih murah bila dibandingkan dgn bentuk yang lain. Komputer ini biasanya diletakkan diatas meja.
2. Notebook. Komputer jenis ini mempunyai ukuran sebesar buku catatan. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kertas kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.
3. Subnotebook. Adalah komputer yang memiliki ukuran lebih kecil dari Notebook, karena ada sebagian perangkat yang tidak terpasang, biasanya Disk Drive.
4. Palmtop. Adalah komputer yang memiliki ukuran sangat kecil, sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video beta. Komputer ini sering disebut Handheld komputer. Komputer jenis ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan batteray kecil (Ukuran AA)
Kelemahan dari komputer ini adalah layar dan keyboardnya yg terlalu kecil dari ukuran standart, sehingga menyulitkan pemakai.
c. Klasifikasi komputer berdasarkan jenis data yang diolah. 1. Komputer Analog. 2. Komputer Digital. 3. Komputer Hybrid.
Keterangan : 1. Komputer Analog. Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu & paralel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer yg digunakan di rumah sakit untuk mendeteksi detak jantung, voltase listrik dll.
2. Komputer Digital. Komputer Digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf & angka, karakter2 khusus), dan biasanya memerlukan bahasa perantara. Mesin komputer yg diciptakan untuk mengolah data yg bersifat kuantitatif dalam bentuk angka,huruf,tanda baca dll.
Contohnya komputer PC. 3. Komputer Hybrid. Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dgn digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yg sifatnya baik kuantitatif mupun kualitatif atau dgn istilah lain menggabungkan kemampuan digital dgn analog.
Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya. Contohnya Facsimile.
c. Klasifikasi komputer berdasarkan penggunaannya. 1. Special Purpose Computer. 2. General Purpose Computer.
KETERANGAN : 1. Special Purpose Computer. Special Purpose Computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini,baik komponen input,pemroses dan output serta Softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut.
Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistemnya. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada SuperMarket.
2. General Purpose Computer. Merupakan jenis komputer yang dibuat untuk keperluan pemecahan berbagai jenis masalah. Komputer ini dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dari usernya. Contoh General Purpose Computer ini adalah Personal Computer ( PC ).
1. Sejarah Perkembangan TIK Perkembangan & kemajuan berbagai peralatan TIK tidak lepas dari perkembangan alat hitung, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit seperti komputer.
a. Sejarah Perkembangan Alat Hitung Awalnya nenek moyang kita belum mengenal lambang bilangan. Tetapi mereka tetap dapat menghitung binatang ternak yang dimilikinya. Bagaimanakah cara mereka melakukannya…???
1. Membuat keratan pada pohon. 2. Jari tangan / anggota tubuh lainnya. BAB III 8/8/2018 1. Membuat keratan pada pohon. 2. Jari tangan / anggota tubuh lainnya. 3. Batu kerikil, dan 4. Simpul2 pada tali (Kuipu). Seiring dgn waktu & ditemukannya lambang bilangan, alat hitung mengalami kemajuan
Sekitar 1800 tahun yg lalu ditemukan alat hitung sederhana yg disebut dengan “SEMPOA (abacus)”. Abacus ini merupakan cikal bakal lahirnya komputer. Setelah ditemukannya SEMPOA, alat hitung pun berkembang dgn ditemukannya “Tulang2 Napier (Napier’s Bones)”. Dgn menggunakannya, kita dapat melakukan perhitungan Logaritma.
Jika dulu kita hanya bisa melakukan perhitungan secara analog, alat hitung pun mengalami berbagai kemajuan. Kini diciptakan sebuah alat yg dapat berhitung secara Digital dan cepat dgn menggunakan “Kalkulator ”. Jenis & ragam kalkulator pun bervariasi. Mulai dari model sederhana hingga kalkulator scientific yang sarat fitur.
Perkembangan alat hitung itu telah memungkinkan kita untuk mengembangkan teknologi alat hitung yang lebih rumit & canggih. Kemajuan alat hitung merupakan cikal bakal dari perkembangan komputer.
b. Sejarah Perkembangan Komputer. Sekarang ini kita hampir tidak bisa lepas dari suatu peralatan teknologi yang bernama “Komputer”. Hampir dimana pun kita berada, kita dapat menemukannya. Tetapi, tahukah kamu sejarah perkembangan komputer..???
Komputer berasal dari kata “ to compute ” yang artinya “ Menghitung”. Jika kita mempelajari sejarah perkembangan komputer, maka kita tidak bisa lepas dari sejarah perkembangan alat hitung. Hal ini karena pada prinsipnya komputer itu sama dengan alat hitung.
Sejarah perkembangan komputer berawal dari dikenalnya suatu alat hitung sederhana yang disebut SEMPOA (abacus). Selanjutnya, pd tahun 1917 “ John Napier “ menemukan cara berhitung dengan menggunakan bael bujur sangkar yg terdiri dari 9 x 9 kolom yang masing2 berisikan angka 1 – 9 yg dikenal dgn nama Tulang2 Napier (Napier’s Bones).
Di tahun 1621 ditemukan Slide Rule yg merupakan arah maju pada alat hitung yg bersifat mekanis. Blaise Pascal, seorang ahli matematika menciptakan kalkulator roda numeric untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yg dinamakan Pascaline. Pascaline menggunakan roda putar u/ menjumlahkan bilangan hingga 8 digit.
Pada tahun 1694, seorang matematikawan, Gottfred Wilhemvon Leibniz memperbaiki pascaline dgn membuat mesin yg dapat melakukan operasi perkalian & pembagian. Alat ini dikenal dgn nama “ Leibnitz Calculation Machine “.
Awal mula komputer yang sebenarnya, dibentuk oleh seorang profesor matematika inggris, “Charles Babbage”. Babbage membuat mesin Diferensial ( Differency Engine ) yg digunakan untuk melakukan perhitungan Persamaan Diferensial.
Dengan menggunakan Tenaga Uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Catatan : (B) Pengantar teknologi komunikasi belum diberikan. Materi langsung dilanjutkan ke perangkat TIK.
1. PERANGKAT SATUAN INPUT B. PERANGKAT TIK 1. PERANGKAT SATUAN INPUT a. Keyboard. Keyboard merupakan salah satu alat input yang penggunaannya menggunakan jari tangan.
b. Mouse. Adalah peripheral yang difungsikan untuk menginputkan data yang berupa penunjukkan. Di dalam penggunaan mouse ada 4 teknik dasar yang harus dikuasai yaitu Klik, Klik Ganda, Klik kanan, dan Drag and Drop.
c. Scanner. Adalah suatu alat input yang berfungsi untuk merekam gambar dan menyimpan pada sebuah file. d. Digital Camera. Adalah suatu alat yang mempunyai kemampuan merekam gambar baik secara analog maupun secara digital.
e. Handycam. Handycam dikategorikan sebagai media input data. Data yang diinput melalui perangkat ini berupa potongan film (footage). Dalam dunia video editing, perangkat ini sangat berperan dalam proses capturing.
“Capturing” adalah proses pemindahan potongan film yang berhasil direkam menggunakan Handycam ke media komputer sebagai perangkat video editing. f. Mic (Microphone). Digunakan untuk memasukkan input berupa suara.
Penggunaan Mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu Sound Card, dan Speaker. g. Joystick. Nama lain dari Joystick adalah tongkat joy atau tongkat ria. Yang difungsikan untuk menggerakkan objek atau kursor.
Pada prinsipnya fungsi Joystick sama dengan mouse. Ini dilakukan dengan mengawal pemegang yang menegak ke atas dan dapat memutar hingga 360 derajat. Umumnya Joystick digunakan untuk bermain Video Games.
2. PERANGKAT PROSES CPU (Central Processing Unit) merupakan bagian terpenting dari perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang berfungsi sebagai pengolah data. Pada CPU terdapat beberapa bagian2 penting seperti :
Tombol power, tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan/menonaktifkan (On/Off) pada CPU. Tombol Reset, tombol ini berfungsi untuk mengulang proses booting ( pembacaan sistem operasi ).
c. Disk Drive, media untuk membaca / menulis disket. d. CD – ROM drive, media untuk membaca CD Player. CPU terdiri dari 2 bagian utama yaitu Unit Kendali ( Control Unit ) dan Unit Aritmatika dan Logika (ALU).
Di samping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register. Unit Kendali ( Control Unit ). Tugas dari unit kendali antara lain : Mengatur dan mengendalikan alat2 input dan output.
2. Mengambil intruksi – intruksi dari Memori Utama. 3. Mengambil data dari Memori Utama ( jika diperlukan ) untuk diproses. 4. Mengirim intruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. 5. Menyimpan hasil proses ke Memory Utama.
b. ALU (Arithmatic and Logic Unit). Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (Matematika) yang terjadi sesuai Intruksi Program. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan intruksi program.
Operasi logika meliputi perbandingan 2 operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠), kurang dari (<), kurang dari sama dengan (≤), lebih besar dari (>) dan lebih dari sama dengan (≥)