Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OOP berputar pada konsep dari obyek yang merupakan elemen dasar dari program Anda. Ketika kita membandingkan dengan dunia nyata, kita dapat menemukan.
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Pemograman beorientasi objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Pemrograman Berorientasi Objek
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan JAVA Interface
Dasar Komputer & Pemrograman 2A (BAHASA C)
Algoritma & Pemrograman 1
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Array.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Algoritma & Pemrograman 1
03 Elemen Dasar Bahasa Java
Java Generics.
Pengenalan Pemrograman Java
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
INHERITANCE (PEWARISAN)
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
PBO Daniel Riano Kaparang, S.Kom., M.Cs
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Pertemuan 2 SINTAKS BAHASA, TIPE DATA, DAN OPERATOR
Objek-Oriented Programming (OOP)
Pemprograman Berorientasi Objek
DASAR DASAR JAVA Dengan Netbans PBO Java.
Dasar pemrograman java
Algoritma & pemrograman 1B
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
BAB ENCAPSULATION ( Enkapsulasi )
MODIFIER JAVA.
Pengenalan dan Struktur Java (Deklarasi dan Inisialisasi Variabel)
Array dalam JAVA.
Struktur Dasar Pemrograman Java
Identifier, Keyword, dan Tipe data
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Class, Objek, data, variabel dan operator
As’ad Djamalilleil Elemen Dasar Java As’ad Djamalilleil
Lebih Jauh tentang Class, Objek dan Method
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Membuat Kelas.
Algoritma & Pemrograman 1
PBO Lanjutan Membuat Kelas.
Object Oriented Programming
Dasar Bahasa Java.
Interface Umar muhammad JAVA.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK PENDAHULUAN
INHERITANCE (PEWARISAN)
PEMROGRAMAN JAVA.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Variabel dan Tipe Data.
OOP ENKAPSULASI SMKN 2 SINGOSARI Kelas XI RPL.
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
(Object Oriented Programming)
Kamis, 08 Nopember 2018.
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Struktur Dasar Pemrograman Java
Pemrograman Berorientasi Objek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java Gita Indah Marthasari

Tujuan Mahasiswa mengenal konsep utama dalam pemrograman berorientasi objek Mahasiswa mampu menggunakan tipe data yang didukung oleh Java Mahasiswa mampu membuat variabel di Java

Konsep oop

Abstraksi Definisi : Contoh : Contoh dlm pemrograman : Menyembunyikan kerumitan sebuah proses. Contoh : Menjalankan mobil Menyimpan tulisan di word processor Mengirim SMS dari handphone, dll Contoh dlm pemrograman : Tombol ‘Save’ pada aplikasi Tombol ‘Logout’ pada email,

Enkapsulasi/Pembungkusan Proses abstraksi dilakukan dengan menyembunyikan / membungkus data dan proses (method) ke dalam sebuah entitas tunggal. Disebut jg Information Hiding object

Contoh Enkapsulasi Enkapsulasi data Enkapsulasi method

Tingkatan Enkapsulasi private protected public

Pewarisan (Inheritance) superclass subclass

Polimorfisme - speak Animal Duck Cat Dog

dasar-dasar pemrograman java

Java Data Type Data type Primitif Integer byte short int long Floating-point float double Character char Logika boolean Reference class interface array

Variabel Variabel berisi nilai yang dapat diubah. Lingkup (scope) variabel : di antara tanda ‘{’ dan ‘}’ tempat deklarasinya

Contoh 1 class LingkupVariabel { public static void main(String[] args) { int a = 10; if (a > 5) { // awal blok int b = 15; System.out.println("Nilai a di dalam blok if: " + a); System.out.println("Nilai b di dalam blok if: " + b); } // akhir blok System.out.println("Nilai a di luar blok if: " + a); // SALAH //System.out.println("Nilai b di luar blok if: " + b); }

Latihan Buatlah kelas bernama Student. Buatlah fungsi main. Deklarasikan variabel bernama “age”. Inisialisasi variabel “age” dengan nilai 18. Tampilkan nilai “age” ke layar. Buatlah kelas bernama Car. Buatlah fungsi main. Deklarasikan variabel bernama “fuelCapacity”. Inisialisasi variabel “fuelCapacity” dengan nilai 10. Tampilkan nilai “fuelCapacity” ke layar. Buatlah kelas bernama Universitas. Buatlah fungsi main. Deklarasikan variabel bernama “akreditasi”. Inisialisasi variabel “akreditasi” dengan huruf A. Tampilkan nilai “akreditasi” ke layar.

Pada kelas Student, ubahlah variabel “age” menjadi 20 kemudian tampilkan ke layar tulisan “Student’s age is 20” Pada kelas Car, gantilah nilai variabel “fuelCapacity” menjadi 30 kemudian tampilkan ke layar tulisan “Saat ini tangki bensin berisi 30 liter” Pada kelas Universitas, gantilah nilai variabel “akreditasi” menjadi B kemudian tampilkan ke layar tulisan “Statu akreditasi : B”