Teknik Pengujian Software
Software Testing Testing merupakan proses percobaan terhadap program dengan tujuan khusus untuk menemukan errors sebelum diguna- Kan oleh end user.
Yang dapat diuji Operabilitas—dapat bekerja secara benar Controlabilitas—derajad dimana pengujian dapat diotomatisasi dan dioptimasi Decomposabilitas—testing dapat ditarget-kan Kesederhanaan—mengurangi kompleksi-tas arsitektur dan logika untuk menyeder-hanakan pengujian Stabilitas—sedikit perubahan diperlukan selama pengujian Pemahaman—terhadap rancangan
Yang Ditunjukkan Testing errors kesesuaian kebutuhan kinerja indikasi kualitas
Siapa yang menguji Software? pengembang penguji independen Memahami sistemnya Harus mempelajari sistemnya tetapi, akan menguji dengan "gentle" tetapi, akan berusaha untuk memecahkannya dan, dipandu "delivery" dan, dipandu kualitas
Pengujian Melelahkan loop < 20 X Terdapat kemungkinan 1014 jalur! Jika untuk eksekusi 1 test perlu 1 ms, maka akan memerlukan 3.170 tahun untuk menguji seluruh program.
Testing terpilih Jalur terpilih loop < 20 X
Pengujian Software metode white-box metode black-box Metode Strategi
Rancangan Uji Kasus Tujuan Untuk menemukan errors Kriteria Secara lengkap Kendala dengan usaha dan waktu minimal
Metode White-Box ... Tujuannya adalah untuk meyakinkan bahwa semua statement dan kondisi telah dieksekusi paling tidak sekali
Mengapa tersembunyi? Kesalahan logika dan asumsi yang tidak benar berbanding terbalik dengan proba- bilitas eksekusi suatu jalur Seringkali kita percaya bahwa suatu jalur kelihatannya tidak tereksekusi. Kenyataannya seringkali berlawanan dengan intuisi Kesalahan penulisan sering random; dimungkinkan pada jalur yang tidak teruji memuat beberapa.
Testing Jalur Dasar Pertama, dihitung kompleksitas siklomatik V(G): banyak kondisi sederhana + 1 atau Banyak area tertutup + 1 Dalam contoh ini, V(G) = 4 Semakin tinggi V(G), semakin besar kemungkinan terjadi error. V(G) akan menentukan banyaknya jalur yang Independen, yaitu sebanyak V(G)
Basis Path Testing Next, we derive the independent paths: 1 Since V(G) = 4, there are four paths 2 Path 1: 1,2,3,6,7,8 3 4 Path 2: 1,2,3,5,7,8 5 6 Path 3: 1,2,4,7,8 Path 4: 1,2,4,7,2,4,...7,8 7 Finally, we derive test cases to exercise these 8 paths.
Basis Path Testing Notes you don't need a flow chart, but the picture will help when you trace program paths count each simple logical test, compound tests count as 2 or more basis path testing should be applied to critical modules
Loop Testing Simple loop Nested Loops Concatenated Loops Unstructured
Loop Testing: Simple Loops Minimum conditions—Simple Loops 1. skip the loop entirely 2. only one pass through the loop 3. two passes through the loop 4. m passes through the loop m < n 5. (n-1), n, and (n+1) passes through the loop where n is the maximum number of allowable passes
Loop Testing: Nested Loops Start at the innermost loop. Set all outer loops to their minimum iteration parameter values. Test the min+1, typical, max-1 and max for the innermost loop, while holding the outer loops at their minimum values. Move out one loop and set it up as in step 2, holding all other loops at typical values. Continue this step until the outermost loop has been tested. Concatenated Loops If the loops are independent of one another then treat each as a simple loop else* treat as nested loops endif* for example, the final loop counter value of loop 1 is used to initialize loop 2.
Black-Box Testing requirements output input events
Equivalence Partitioning user queries output formats FK input mouse picks data prompts
Sample Equivalence Classes Valid data user supplied commands responses to system prompts file names computational data physical parameters bounding values initiation values output data formatting responses to error messages graphical data (e.g., mouse picks) Invalid data data outside bounds of the program physically impossible data proper value supplied in wrong place
Boundary Value Analysis user queries output formats FK input mouse picks data prompts output domain input domain
Other Black Box Techniques error guessing methods decision table techniques cause effect graphing