Unified Modelling Languange (UML)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
U M L Unified Modeling Language
Advertisements

UNIFIED MODELLING LANGUAGE
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
CLASS DIAGRAM.
Unified Modelling Language (UML)
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
Analisa dan Perancangan Sistem
Architecture dan design
Sequence dan Collaboration
SEQUENCE DIAGRAM.
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
TEKNIK – TEKNIK ANALISA DESAIN PADA PERANCANGAN PROGRAM
PEMODELAN SISTEM INFORMASI
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Keuntungan metodologi berorientasi objek.
UML (Unified Modelling Language)
CLASS DIAGRAM Materi Pertemuan 26
RELATIOPNSHIPS IN THE UML
OBJECTORIENTED ANALYSIS
Oleh : Veri Julianto, M.Si
Pengantar UML.
Unified Modeling Language [UML]
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
CLASS DIAGRAM.
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Soal Kuis I PSBO.
Diagram Class, Diagram Objek Diagram Component dan Deployment
Object-Oriented Design (OOD)
Pengantar Object Oriented Analysis and Design
PEMODELAN SISTEM INFORMASI BERORIENTASI OBYEK
Object-Oriented Analysis (OOA)
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Pemodelan objek.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
PEMODELAN PROYEK (UML)
Pengenalan Analisa Desain
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Pengenalan UML.
PEMODELAN SISTEM INFORMASI
Ujian Akhir Semester (UAS)
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Use Case Diagram.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Perancangan Perangkat Lunak – Part 1
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Statechart , Class, Component & Deployment Diagram
Statechart , Class, Component & Deployment Diagram
Perancangan PL berorientasi objeck
Unified Modeling Language (UML)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
Unified Modeling Language
Pertemuan 9 UML Diagram Class & Diagram Objek
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
Perancangan Berorientasi Objek (UML)
Perancangan Berorientasi Objek (UML lanjutan)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Perancangan Berorientasi Objek (UML)
Perancangan Berorientasi Objek (UML lanjutan)
Analisa Desain Berorientasi Objek
RPL untuk Pemrograman Berorientasi Obyek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Unified Modelling Languange (UML)

UML Mem-visualisasikan dan mendokumentasikan hasil analisa dan desain. Unified karena … Mengkombinasikan metode OO yg sudah ada sebelumnya Modelling karena… Digunakan terutama untuk memodelkan sistem secara visual Language karena … Berisi syntax yang digunakan untuk memodelkan pengetahuan

Apa itu UML? UML adalah “bahasa” pemodelan untuk sistem atau perangkat lunak yang berparadigma “berorientasi objek”. Pemodelan (modeling) sesungguhnya digunakan untuk penyederhanaan permasalahan – permasalahan yang kompleks sedemikian rupa sehingga lebih mudah dipelajari dan dipahami.

What UML can do for you Memudahkan berpikir dan mendokumentasikan sistem sebelum mengimplementasikannya “meramalkan” sistem Menurunkan biaya pembangunan Merencanakan dan menganalisa logika sistem(perilaku) Membuat keputusan yang benar sedini mungkin (sebelum melangkah ke coding) Men-deploy sistem lebih baik, karena ada perencanaan penggunaan memori dan prosesor yang efisien. Lebih mudah memodifikasi/mengelola sistem yang terdokumentasi dengan baik. Biaya perawatan yang rendah

UNIFIED MODELLING LANGUAGE UML mendefinisikan diagram-diagram berikut ini : use case diagram class diagram behaviour diagram : -- statechart diagram -- activity diagram interaction diagram : -- sequence diagram -- collaboration diagram component diagram deployment diagram

Use case diagram Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem.

LAMBANG USE CASE Aktor Usecase Relasi Aktif Catatan Relasi Pasif Generalisasi <<include>> Include <<extend>> extend

USE CASE DIAGRAM

Class Diagram Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.

Class Diagram Class memiliki tiga area pokok : 1. Nama 2. Atribut 3. Metoda Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut : Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya Public, dapat dipanggil oleh siapa saja

Class Diagram

StateChart Diagram Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimulus yang diterima. Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram).

State diagram presensi

Activity Diagram Activity diagrams menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Activity diagram paling cocok untuk memodelkan urutan aktifitas dalam suatu proses.

Activity pendaftaran pasien baru

Sequence Diagram Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan

Collaboration Diagram Collaboration diagram juga menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek dan bukan pada waktu penyampaian message. Setiap message memiliki sequence number, di mana message dari level tertinggi memiliki nomor 1. Messages dari level yang sama memiliki prefiks yang sama.

Component Diagram Component diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak, termasuk ketergantungan (dependency) di antaranya. Komponen piranti lunak adalah modul berisi code, baik berisi source code maupun binary code, baik library maupun executable, baik yang muncul pada compile time, link time, maupun run time. Umumnya komponen terbentuk dari beberapa class dan/atau package, tapi dapat juga dari komponen-komponen yang lebih kecil. Komponen dapat juga berupa interface, yaitu kumpulan layanan yang disediakan sebuah komponen untuk komponen lain.

Deployment Diagram Deployment/physical diagram menggambarkan detail bagaimana komponen di-deploy dalam infrastruktur sistem, di mana komponen akan terletak (pada mesin, server atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal Sebuah node adalah server, workstation, atau piranti keras lain yang digunakan untuk men-deploy komponen dalam lingkungan sebenarnya. Hubungan antar node (misalnya TCP/IP) dan requirement dapat juga didefinisikan dalam diagram ini.

Tugas Luar Kelas Cari Use Case tentang Perpustakaan dan Pelajari, Buat Keterangan untuk masing – masing alur dari use case tersebut !